Media
Language

Peluang Magang untuk Kamu Mahasiswa Internasional

Last updated on 23 Oct 2018

Internship for international students copy.jpg

Oleh Kristantinova

Selain memperoleh pengetahuan dari lingkungan yang berbeda dan memperluas jaringan pertemananmu, berkuliah di luar negeri juga memberimu kesempatan untuk melakukan magang di negara tempatmu belajar. Mendapatkan kesempatan untuk bisa magang di negara orang lain dapat menjadi suatu hal yang cukup menantang untuk murid internasional.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh jika kamu bisa mendapatkan kesempatan magang.

• Kamu bisa secara langsung terjun ke dalam dunia kerja dan memahami menerapkan hal-hal telah kamu pelajari selama kuliah,

• memperoleh banyak wawasan baru dari orang-orang profesional yang telah lama bekerja di tempat tersebut,

• memperluas jaringanmu secara internasional,

• memahami pola kerja dan budaya perusahaan di Eropa yang tentunya berbeda dengan pola kerja di negara-negara Asia dan bagaimana caranya untuk bisa berhasil dalam lingkup tersebut,

• mengasah kemampuanmu dalam menyelesaikan masalah dan kemampuan bekerja sama dalam suatu organisasi internasional,

• memperluas kesempatanmu untuk bisa bekerja di luar negeri,

• mengasah kemampuan berbahasamu untuk lingkup yang lebih formal dari lingkungan kampus

Untuk kamu yang sedang dalam tahap pendaftaran untuk magang, tahap pertama yang harus kamu harus perhatikan adalah pastikan bahwa segala ketentuan yang diberikan oleh universitasmu telah kamu penuhi sehingga tidak ada kendala yang menghambat proses kerjamu di tempat magang. Lalu kamu juga harus memerhatikan dokumen-dokumen apa saja yang harus dipenuhi dari kampusmu yang dapat menunjukkan bahwa program magangmu adalah bagian dari kredit mata kuliahmu. Lalu, apakah di negara tempatmu magang mengharuskanmu untuk bisa menggunakan bahasa lokal mereka dengan fasih atau tidak.

Selanjutnya, kamu akan masuk ke tahap pencarian lowongan pekerjaan magang di Eropa, kamu bisa memperoleh informasinya di beberapa situs berikut ini:

EuroGuidance European Comission EuroPages Eures

Tips pada tahap ini adalah carilah pekerjaan yang memang sesuai dengan bidangmu dan kamu rasa kamu dapat berkembang di perusahaan tersebut. Hal ini akan membuat pekerjaanmu saat magang nanti menjadi lebih menyenangkan karena kamu menjalaninya dengan sepenuh hati.

Hal selanjutnya yang harus kamu perhatikan pada saat ingin mendaftarkan diri untuk magang adalah resume atau CV. Latar belakang pendidikan memang menjadi poin penting pada CV, tetapi hal pertama yang harus kamu tonjolkan pada CV kamu adalah pernyataan/deskripsi singkat tentang profilmu. Hal yang harus kamu ingat adalah cukup masukkan poin-poin yang memang berkaitan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Misalnya kamu ingin melamar sebagai wartawan surat kabar, fokuslah pada kemampuanmu dalam menulis dan mengumpulkan berita dan jangan membahas hal-hal yang sifatnya terlalu umum seperti sifat pekerja keras dan bermotivasi tinggi.

Selanjutnya adalah pengalaman kerjamu. Pengalaman kerja disini bukan berarti pengalamanmu di dunia kerja tetapi bisa juga pengalamanmu di dalam organisasi kampus atau menjadi sukarelawan pada acara kampus tertentu. Hal ini menunjukkan tingkat keaktifanmu di kampus dan dapat menjadi nilai tambahan yang memperkuat CV mu. Maka dari itu, alangkah lebih baik jika dari sekarang kamu mulai aktif untuk ikut organisasi-organisasi di kampus dan banyak terlibat dalam acara-acara kampus sehingga hal tersebut dapat menjadi nilai tambahan ketika kamu ingin melamar pekerjaan.

Tonjolkan juga kemampuan berbahasamu sehingga perusahaan dapat menilai bahwa kamu mampu berkomunikasi dengan baik di perusahaannya nanti. Selain itu, untuk membuat CV mu semenarik dan sekreatif mungkin agar tidak membosankan untuk dibaca.

Hal yang perlu kamu ketahui adalah sebagai mahasiswa internasional, kemampuanmu dalam beradaptasi adalah nilai plus yang dapat kamu manfaatkan. Sebagai murid dari luar negeri, kamu telah memiliki kemampuan beradaptasi dengan lingkungan yang berbeda dari lingkungan asalmu yang mana hal tersebut dapat menjadi poin tambahan ketika kamu melamar magang.

Tahapan magang dalam proses studimu di luar negeri dapat menjadi salah satu tahap yang paling penting yang harus kamu jalani dengan sungguh-sungguh. Manfaatkan peluang untuk bisa magang di perusahaan-perusahaan di Eropa sebaik mungkin untuk mencatat rekam jejak pekerjaan yang baik pada profilmu.