Language

5 Alasan Mengapa Kamu Harus Studi ke Bulgaria

Last updated on 25 Apr 2024
5 Alasan Mengapa Kamu Harus Studi ke Bulgaria

IMG_1410.PNG

Oleh Kristantinova

Melanjutkan studi ke Bulgaria?

Mungkin sebagian dari kamu ragu dan masih bertanya-tanya soal kualitas pendidikan di Bulgaria.

Apakah sama bagusnya dengan negara-negara Eropa lainnya yang lebih besar dan populer di kalangan murid internasional?

Fakta pertama soal studi di Bulgaria yang perlu kamu ketahui, setiap tahunnya ada lebih dari 1.000 murid internasional yang memutuskan untuk melanjutkan studi ke Bulgaria loh.

Jadi, tidak sedikit loh murid dari berbagai negara yang ingin melanjutkan studinya kesana.

Buat kamu yang penasaran tapi masih ragu ingin melanjutkan studi ke Bulgaria, sekarang tidak perlu bingung dan ragu lagi ya, karena kami punya daftarnya nih mengapa Bulgaria dapat menjadi destinasi studi yang tepat dan bagus buat kamu.

1. Sistem Pendidikan yang Berkualitas

Tahukah kamu kalau Sofia Medical University dan Plovdiv Medical University yang berlokasi di Bulgaria merupakan salah satu universitas kedokteran terbaik yang ada di Eropa?

Selain itu, universitas-universitas kedokteran yang ada di Bulgaria merupakan sebagian kecil universitas kedokteran di Eropa yang menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris loh dalam proses pembelajarannya. Banyak mahasiswa dari negara-negara seperti Jerman, Swedia, Inggris, dan Irlandia yang melanjutkan studi ke Bulgaria karena sistem pendidikannya yang berkualitas tinggi dan fasilitasnya yang modern dan berteknologi tinggi.

Selain itu, Bulgaria juga merupakan anggota dari Uni Eropa loh jadi semua sertifikat dan gelar yang diberikan oleh universitas di Bulgaria telah diakui secara internasional. Hal ini akan mempermudah kamu saat kamu nanti mendaftar kerja atau ingin melanjutkan studi lagi di negara lain.

Program pertukaran pelajar seperti Erasmus+ juga tersedia di universitas-universitas di Bulgaria.

Kuliah di Eropa dengan Beasiswa Erasmus+? Dapatkan info lengkapnya di sini.


2. Negara Kecil yang Menciptakan Banyak Peluang Besar

Bulgaria ditetapkan sebagai salah satu negara yang memiliki perusahaan start-up terbaik di Eropa.

Bulgaria banyak menciptakan anak-anak muda yang kreatif dan inovatif hingga akhirnya mereka banyak menciptakan bisnis start-up. Beberapa start-up yang berasal dari Bulgaria antara lain adalah ClaimCompass, Melissa Climate, dan Enhancy.

3. Biaya Hidup yang Terjangkau dan Biaya Kuliah yang Rendah

Dibandingkan dengan negara Eropa lainnya, biaya hidup di Bulgaria tergolong lebih terjangkau.

Hal ini yang menjadi poin plus dari studi di Bulgaria karena kamu bisa mendapatkan kualitas pendidikan yang tidak kalah dengan negara besar Eropa lainnya tetapi dengan biaya yang lebih terjangkau.

Sebagai contoh, di ibukota Sofia, kamu bisa menikmati makan malam dengan kisaran harga EUR 5. Di kota-kota lain yang lebih kecil, tentu biaya hidupnya akan lebih murah lagi dibandingkan di ibukota.

Selain biaya hidup, biaya kuliah di Bulgaria juga menjadi poin tambahan buat kamu yang ingin melanjutkan studi kesana. Untuk sekadar info, biaya kuliah kedokteran di Bulgaria berkisar di angka 8.000 EUR.


Baca juga: Kota-kota terpopuler untuk Kuliah di Bulgaria


4. Syarat Pendaftaran Masuk yang Lebih Mudah

Beberapa universitas yang berasal dari negara besar di Eropa cenderung menetapkan syarat masuk yang tinggi sehingga persainganmu untuk bisa diterima di universitas tersebut jauh lebih ketat.

Berbeda halnya dengan studi di Bulgaria.

Universitas-universitas di Bulgaria menerima pendaftar dengan nilai berbeda-beda yang telah membuktikan kalau mereka adalah murid-murid yang baik.

5. Suasana Lokal dan Internasional yang Menyatu

Tahukah kamu kalau Bulgaria telah menjadi salah satu destinasi negara favorit orang-orang yang ingin tinggal atau melanjutkan studi ke luar negeri?

Jadi, di negara ini kamu dapat menemui banyak orang dari berbagai macam negara dan memperluas koneksi pertemananmu. Akan tetapi, kamu juga merasakan suasana masyarakat lokal dengan kebudayaannya yang menarik untuk dieksplor.

Nah, itu tadi beberapa alasan mengapa Bulgaria tidak kalah menarik dan bagusnya untuk dijadikan destinasi studi kamu ke Eropa.

Yuk, mulai cari-cari universitas yang cocok denganmu di Bulgaria!


Untuk info lengkap mengenai kuliah di Kroasia, klik di sini.