Media
Language

Yuk, Kenalan Dengan Beasiswa Erasmus+ Action 2 EXPERTS

Last updated on 08 Jun 2018

Erasmus Experts.png Sumber Gambar: berkuliah.com

Oleh Nurchalimah

Eropa masih menjadi salah satu destinasi favorit untuk melanjutkan kuliah. Apa kamu juga memiliki minat yang sama untuk melanjutkan kuliah di Eropa? Salah satu caranya adalah dengan apply beasiswa ke Eropa. Dari sekian banyak program beasiswa ke Eropa yang ditawarkan, mungkin kamu pernah mendengar tentang Erasmus+ Action 2 EXPERTS. Stay tune! Kali ini kita akan membahas mengenai program beasiswa yang satu ini.


Official Website: EXPERTS


Erasmus+ Action 2 EXPERTS

Ada beberapa program beasiswa yang berada di bawah Erasmus, salah satunya Erasmus+ Action 2 EXPERTS. Program beasiswa yang satu ini merupakan kerjasama antara negara-negara Uni Eropa dan Asia. Pada dasarnya Erasmus+ Action 2 EXPERTS ini masih dibagi lagi menjadi EXPERTS I, EXPERTS II, EXPERTS III, EXPERTS4Asia dan EXPERTS – SUSTAIN.

Program beasiswa ini menyediakan dana untuk mahasiswa-mahasiswa di Uni Eropa dan Asia khususnya Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, China, India, Indonesia, Maldive, Nepal, Pakistan, Filipina, Sri Lanka dan Thailand. Beberapa jenjang pendidikan yang tersedia dalam program beasiswa ini adalah Undergraduate (S1), Master (S2), PhD (S3), Post-Doc dan Staff.

Bidang studi yang diprioritaskan untuk project Erasmus+ Action 2 EXPERTS ini adalah Ilmu Agrikultur, Arsitektur, Urban and Regional Planning, Ilmu Manajemen dan Bisnis, Pendidikan, Teacher Training, Teknik, Teknologi, Geografi, Geologi, Hukum, Ilmu Kedokteran, Ilmu Alam, Ilmu Sosial, Sosiologi, EU Studies, Ilmu Politik dan Social Work. Jika kamu berasal dari luar bidang studi yang sudah disebutkan tadi, kamu masih bisa apply tapi skala prioritas bidang studi tetap berlaku sesuai dengan yang ditentukan oleh penyelenggara.


Untuk daftar lengkap universitas di Eropa, klik di sini.


Universitas yang Berpartisipasi Dalam Erasmus+ Action 2 EXPERTS

Berikut ini adalah beberapa universitas di Eropa yang menjadi partner dalam program Erasmus+ Action 2 EXPERTS:

  1. Georg-August-Universitat Gottingen (Jerman) untuk program EXPERTS SUSTAIN dan EXPERTS4Asia
  2. University of Turku (Finlandia) untuk program EXPERTS SUSTAIN dan EXPERTS4Asia
  3. Uppsala University (Swedia) untuk program EXPERTS SUSTAIN dan EXPERTS4Asia
  4. Masaryk University (Republik Ceko) untuk program EXPERTS SUSTAIN dan EXPERTS4Asia
  5. Zagreb University (Kroasia) untuk program EXPERTS SUSTAIN dan EXPERTS4Asia
  6. Instituto Superior Tecnico (IST) (Portugal) untuk program EXPERTS SUSTAIN dan EXPERTS4Asia
  7. Edinburgh University (Inggris Raya) untuk program EXPERTS SUSTAIN
  8. Oxford University (Inggris Raya) untuk program EXPERTS4Asia

Untuk info lebih lengkap mengenai universitas partner di Eropa ini kamu bisa klik di sini.


Untuk informasi mengenai Beasiswa LPDP, klik di sini.


Sedangkan untuk host universities di Asia, kamu bisa melihat daftarnya di sini. Sebagai informasi tambahan, satu-satunya universitas di Indonesia yang menjadi host di program ini adalah Institut Pertanian Bogor. Jadi kamu yang kuliah di ITB jelas bisa apply beasiswa ini. Lalu bagaimana dengan kamu yang tidak kuliah di ITB? Tenang saja, beasiswa Erasmus+ Action 2 EXPERTS ini memiliki 3 target groups yaitu TG1, TG2, dan TG3.

Untuk kamu yang kuliah di universitas partner yaitu ITB maka kamu masuk dalam kategori TG1. Sedangkan kamu yang tidak kuliah di ITB akan masuk kategori TG2 atau TG3, asalkan kamu berkewarganegaraan Indonesia. Untuk lebih lengkap mengenai persyaratan bagi masing-masing target group, kamu bisa melihatnya di sini.

Durasi dan Biaya yang Diberikan Untuk Penerima Beasiswa Erasmus+ Action 2 EXPERTS

Berikut ini adalah daftar durasi tinggal dan biaya yang disediakan untuk penerima beasiswa:

  • Untuk program Undergraduate mahasiswa pertukaran memiliki durasi waktu sekitar 6 bulan dengan uang saku bulanan sekitar 1,000 euro.
  • Untuk program Master (S2) mahasiswa pertukaran memiliki durasi waktu sekitar 6-10 bulan sedangkan mahasiswa full degree memiliki durasi waktu sekitar 10-24 bulan dengan uang saku masing-masing 1,000 euro perbulan.
  • Untuk program PhD (S3) mahasiswa pertukaran memiliki durasi waktu sekitar 6-10 bulan sedangkan mahasiswa full degree memiliki durasi waktu sekitar 36 bulan dengan uang saku bulanan masing-masing sekitar 1,500 euro.
  • Untuk program Post-Doc mahasiswa pertukaran memiliki durasi waktu sekitar 6-10 bulan dengan uang saku 1,800 euro perbulan.
  • Untuk program Academic and Admin Staff, durasi waktunya adalah sekitar 1 bulan dengan uang saku 2,500 euro perbulan.

Beasiswa Erasmus+ lainnya: SmartLink dan LEADERS


Di luar uang saku bulanan, beasiswa ini juga menyediakan asuransi, tiket perjalanan pulang dan tuition fees selama menempuh pendidikan di negara tujuan.

Nah, bagaimana, apa kamu berminat untuk mengikuti program Erasmus+ Action 2 EXPERTS ini?