Media
Language

Tak Hanya di Eropa, 5 Kampus Ini Juga Terbaik di Dunia

Last updated on 23 Oct 2018

photo-1472121779802-43c68a9f405f.jpeg Photo by Sidharth Bhatia via Unsplash

Oleh Erzawansyah

Punya mimpi kuliah di Eropa?

Tak ada salahnya mencoba mendaftar ke lima kampus ini!

Kampus-kampus ini bukan hanya merupakan kampus terbaik di Eropa, namun juga termasuk langganan 10 besar dunia.

Kampus mana saja kah itu? Mari simak bahasan di bawah ini.

1. University of Oxford

Siapa juga tidak mau melanjutkan kuliah di universitas ini. Perguruan tinggi di Inggris yang juga merupakan almamater artis cantik Indonesia, Maudy Ayunda itu, adalah universitas nomor satu di Eropa.

Bahkan, berdasarkan World University Rankings dari Times Higher Education, sejak 2017 lalu University of Oxford sudah menjadi universitas nomor wahid di dunia.

Terdapat 38 program studi yang terbagi ke dalam empat divisi (Ilmu Sosial, Humaniora, Kedokteran dan Eksak) pada universitas yang telah berdiri sejak abad ke-11 tersebut. Kampus yang memiliki bangunan klasik dan menjadi lokasi syuting film Harry Potter ini juga telah melahirkan 58 peraih nobel, baik alumni, maupun sekadar berafiliasi. Dengan berbagai prestasi itu, maka tidak heran University of Oxford mendapat predikat terbaik di dunia.

2. University of Cambridge

Siapa tidak mengenal Isaac Newton?

Ilmuwan, sekaligus filsuf alam yang terkenal dengan hukum gravitasi ini merupakan salah satu tokoh berpengaruh di dunia.

Pemikiran dan temuan-temuannya masih eksis di dunia akademik hingga saat ini. Dan ternyata, Isaac Newton merupakan alumni University of Cambridge.

Jadi, bukan hal mengejutkan apabila University of Cambridge masuk ke dalam daftar perguruan tinggi terbaik di dunia. Kampus yang didirikan oleh para alumni University of Oxford pada sekitar abad 13 itu, berdasarkan versi Times Higher Education 2018, merupakan kampus terbaik kedua di dunia, setelah Oxford. Terdapat 80 akademisi dan afiliasi dari perguruan tinggi ini yang sukses meraih penghargaan nobel. Satu lagi, kabarnya Univeristy of Cambridge ini dikenal sebagai pesaing terberat University of Oxford.

3. Imperial College London

Perguruan tinggi yang satu ini juga merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik dunia, terutama untuk bidang eksak, kedokteran, teknik dan bisnis. Perguruan tinggi yang juga dikenal dengan nama The Imperial College of Science, Technology and Medic ini merupakan perguruan tinggi nomor tiga terbaik di Eropa dan juga termasuk perguruan tinggi terbaik ke-8 di dunia, menurut versi Times Higher Education.

Sebuah studi yang dilakukan pada Juli 2017 menemukan bahwa rata-rata gaji lulusan Imperial College London pada pekerjaan pertamanya sebesar £37,006 per tahun. Angka tersebut membuat perguruan tinggi ini menjadi perguruan tinggi yang melahirkan lulusan dengan potensi gaji tertinggi di Eropa.

Tidak hanya itu, kampus yang juga masih tergolong muda dibandingkan Oxford dan Cambridge ini pun telah melahirkan 15 penerima penghargaan nobel, baik alumni, maupun afiliasinya.

4. ETH Zurich - Swiss Federal Institute of Technology

Kampus kelas dunia di Eropa tak hanya dimiliki oleh Inggris.

Swiss juga memiliki perguruan tinggi yang masuk ke dalam jajaran 10 besar dunia, yakni ETH Zurich atau sering disebut juga Swiss Federal Institute of Technology.

Perguruan tinggi di negara yang terkenal dengan produk jam tangannya ini merupakan perguruan tinggi terbaik ke-4 di Eropa dan terbaik ke-10 di dunia.

ETH Zurich merupakan kampus yang telah mencetak tokoh-tokoh ternama di dunia ilmu pengetahuan, khususnya sains. Salah satu nama yang pastinya tak asing terdengar adalah Albert Einstein. Yaps, Einstein merupakan salah seorang alumni ETH Zurich, sekaligus peraih nobel di bidang fisika. Sampai sekarang, kecerdasan dan kisah-kisah inspiratifnya terus dikenang sepanjang masa.

5. University College London (UCL)

Jika perguruan tinggi terbaik di dunia yang lain punya tokoh ilmuwan ternama seperti Isaac Newton dan Albert Einstein, University College London (UCL) tak hanya memiliki lulusan terbaik di bidang ilmu pengetahuan.

Perguruan tinggi terbaik kelima di Eropa (Times Higher Education) punya ilmuwan, tokoh spiritual, sekaligus tokoh perdamaian kelas dunia. Mahatma Gandhi adalah orangnya.

Pria asal India itu menempuh pendidikan di bidang ilmu hukum UCL selama empat tahun sejak 1889. Kemudian, ia kembali ke India, memperjuangkan kemerdekaan dengan cara damai, hingga akhirnya menjadi inspirasi bagi para pemimpin negara, termasuk Soekarno dan Barack Obama.

Sebenarnya tidak mengherankan apabila UCL dapat melahirkan tokoh spiritual dan perdamaian seperti Mahatma Gandhi. Sebab, perguruan tinggi yang termasuk konstituen federasi University of London ini memang didirikan atas dasar kesetaraan, terlepas dari agama, gender atau ras mereka. Dengan mempertahankan prinsip kesetaraan itulah UCL dapat menjadi salah satu perguruan tinggi bergengsi dunia yang menurut QS World Ranking masuk ke dalam 10 besar perguruan terbaik dunia, berada di urutan ke-7.

+++

Nah, demikianlah pembahasan mengenai lima perguruan tinggi terbaik di Eropa.

Apabila kamu merupakan seorang yang memiliki cita-cita menempuh pendidikan di Eropa, tidak ada salahnya kamu coba mendaftar di salah satu perguruan tinggi di atas. Siapa tahu kamu bisa menjadi bagian dari kebanggaan Indonesia, atau bahkan dunia.