Language

Suka Basket? Lithuania Tepat Untukmu!

Last updated on 22 Nov 2019
Suka Basket? Lithuania Tepat Untukmu!

IMG_9910 copy.PNG

Oleh Mia Angeline

Mungkin tidak banyak yang kalian tahu tentang Lithuania, selain negara kecil di Eropa.

Lithuania memang salah satu negara kecil di kawasan laut Baltic, dengan populasi hanya sekitar 2.7 juta orang. Namun ternyata Lithuania memiliki suatu keunikan yang dipuja oleh masyarakatnya.

Saking cintanya sampai dijuluki 'agama' kedua bagi warga Lithuania!

Penasaran kan?

Untuk daftar beasiswa di Eropa, klik di sini.


Olahraga Nasional di Lithuania

Ternyata “agama” kedua bagi masyarakat di Lithuania adalah olahraga basket.

Kalau kalian tinggal atau berkunjung ke negara ini, kalian akan merasakan passion yang kental untuk olahraga yang satu ini.

Hampir setiap minggu di setiap musim ada pertandingan basket, baik antar klub sampai antar negara. Dan setiap pertandingan ini tidak pernah sepi penonton, lho.

Saat ini, selain liga basket nasional, Lithuania juga ikut serta dalam Liga Basket Baltik – pertandingan khusus untuk negara-negara daerah baltik, dan Eurobasket – pertandingan basket paling bergengsi di Eropa. Ditambah adanya Olimpiade dan pertandingan basket kelas dunia yang selalu diikuti oleh tim nasional Lithuania. Penonton di setiap liga ini gak hanya menonton langsung di arena, tapi juga melalui TV dan liveshow.

Pokoknya, pertandingan basket di Lithuania pasti menjadi daya tarik dan perdebatan di tengah warganya.

Di Liga Nasional, Lithuania awalnya hanya memiliki dua klub saja yang menjadi rival dan mewakili dua kota terbesar di negara tersebut. Coba bayangkan betapa ramainya kalau dua klub ini sedang bertanding, pendukung setiap klub sampai turun ke jalan untuk membela tim mereka.

Sekarang ini, klub basket di Lithuania sudah bertambah menjadi empat klub. Namun tetap keseruan pasti terjadi setiap kali klub-klub ini bertanding.

Tahun 2011 lalu, Lithuania terpilih menjadi tuan rumah Eurobasket, dan hal ini menciptakan keriuhan di warga Lithuania.

Saking antusiasnya, masyarakat Lithuania turun ke jalan untuk menonton atau ikutserta dalam pawai dribble bola basket yang diadakan dari kota ke kota – mirip seperti perarakan api olimpiade. Di akhir, 13 bola yang di-dribble ini akan diberikan kepada 12 pemain nasional dan pelatih mereka sebagai ucapan selamat bertanding dalam ajang Eurobasket tersebut. Seluruh proses ini diliput di TV nasional dan menjadi ajang termahal dalam sejarah pertelevisian Lithuania.

Kok bisa ya mereka punya passion untuk basket sampai segitunya?


Baca Juga: [Kota-kota terpopuler lainnya untuk Kuliah di Lithuania]https://ehef.id/country/lithuania#student-cities)


Disatukan oleh Basket

Olahraga basket sendiri baru diperkenalkan ke Lithuania pada tahun 1930an. Pranas Lubinas, seorang emigran kelahiran Lithuania kembali ke negara asalnya dari Amerika dan mengajar basket kepada generasi muda di masa tersebut. Ternyata di bawah latihannya, Lithuania berhasil menjadi juara basket se-Eropa pada tahun 1937 dan 1939, yang langsung membuat olahraga ini terkenal dan menjadi olahraga nasional di negara tersebut.

Namun sayang, pada tahun 1940 Lithuania diduduki oleh Rusia (Soviet di kala itu) yang menyebabkan tim nasional basket Lithuania juga menghilang dari mata dunia.

Walaupun begitu, kecintaan masyarakat pada olahraga ini tidak pernah pudar.

Lithuania terus mencetak pemain-pemain berbakat – yang pada akhirnya bergabung dalam tim basket nasional Rusia. Bahkan pada tahun 1980, separuh anggota tim nasional Rusia berasal dari Lithuania.

Lithuania baru mendapatkan kemerdekaannya kembali pada tahun 1990, dan pada saat ini sudah ada beberapa pemain basket Lithuania yang berhasil direkrut oleh negara juara dunia basket – Amerika.

Saking cintanya pada basket, Lithuania selalu berambisi mengalahkan Amerika, dan ingin membuktikan kalau negara selain Amerika juga bisa bermain basket dengan baik.

Impian ini berhasil dicapai di tahun 2004, pada Olimpiade Athena, Lithuania menjadi negara Eropa pertama yang berhasil mengalahkan “Dream Team” nya Amerika.

Menonton Basket di Lithuania

Untuk kalian pecinta basket, kalian bisa menonton pertandingan basket langsung di Lithuania. Arena terbaik ada di kota Vilnius dan Kaunas – dua kota terbesar di negara tersebut. Di musim dingin atau musim semi, pertandingan basket di kota-kota ini bisa diadakan seminggu sekali lho. Sedangkan di musim panas biasanya diadakan pertandingan basket skala nasional atau internasional.

Kalau kalian sedang berada di Lithuania, kalian juga bisa berkunjung ke museum basket di Joniškis.

Atau melihat monument basket (yang jumlahnya lebih dari satu) di negara ini. Monumen yang paling terkenal berada di luar Vilnius arena, yang juga menjadi lambang federasi bola basket Lithuania.

Bagi yang penasaran sejauh mana kecintaan masyarakat Lithuania sama olahraga basket, kalian bisa nonton film dokumenter mengenai basket di negara ini. Dokumenter pertama dibuat oleh Amerika berjudul “The Other Dream Team” yang menceritakan bagaimana basket melambangkan perjuangan Lithuania untuk merdeka. Dan documenter kedua berjudul “Mes už … Lietuva” atau “Kami untuk .. Lithuania” yang menggambarkan persiapan menuju Eurobasket 2011.

Unik ya kecintaan Lithuania kepada olahraga basket.

Karena kalian sekarang sudah tahu cerita ini, jadi kalian punya banyak bahan obrolan seputar basket kalau kalian ingin kuliah di Lithuania.

Yuk cari tahu kampus dan beasiswanya!


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Lithuania, klik di sini.