Media
Language

Meluncur Menembus Salju di Austria

Last updated on 18 Sep 2019

IMG_9570.PNG

Oleh Mia Angeline

Karena Indonesia hanya memiliki dua musim, jadi pengalaman yang ditunggu-tunggu oleh para peraih beasiswa (serta mahasiswa Indonesia lainnya) di Eropa adalah ketika musim dingin.

Kapan lagi bisa bermain salju sambil melepas stres karena tugas kuliah menumpuk.

Nah, untuk urusan bermain salju, kalian harus datang dan menikmati sendiri musim dingin di Austria.

Kenapa Austria?

Ini 5 alasan kalian wajib mencoba bermain ski (atau salju) di sana:

Untuk daftar universitas di Austria, klik di sini.


1. Sudah pasti bersalju

Austria, negara kecil di Eropa ini dikelilingi oleh Pegunungan Alpen, yang selalu bersalju dari bulan Desember hingga April.

Bahkan di daerah Tirol, ada 5 gletser yang selalu bersalju sepanjang tahun!

Bukan hanya itu, resort-resort di sekitar pegunungan Alpen bahkan selalu merawat salju di wilayah mereka agar lembut dan “powdery untuk bermain ski.

2. Austria terkenal akan keramahannya

Austria memiliki nilai yang disebut Gemütlichkeit, yang berisi mengenai kenyamanan dan kesederhanaan dalam hidup. Nilai ini yang membuat masyarakat Austria ramah pada pendatang.

Apalagi banyak hotel atau guest house di area pegunungan Alpen yang dikelola oleh keluarga, jadi serasa tinggal di rumah sendiri.


Universitas Populer di Polandia: University of Vienna


3. Banyak aktivitas yang ditawarkan

Resort di pegunungan Alpen, Austria, tidak hanya menawarkan untuk bermain ski. Kalian bisa bermain ice skating, snowshoeing - berjalan-jalan melihat alam dan binatang liar, bahkan spa di kolam air belerang.

Jangan khawatir kalau kalian belum pernah bermain ski, karena hampir di setiap resort pasti tersedia slope untuk pemula.

4. Mudah dicapai

Menuju ke resort di pegunungan Alpen sangat mudah dan nyaman.

Kalian bisa naik kereta dari kota-kota besar di Austria. Beberapa resort dan hotel juga menyediakan transportasi dari titik-titik jemputan di luar daerah pegunungan Alpen.

5. Infrastruktur modern

Austria memiliki tradisi bermain ski dan sudah menjadi tuan rumah dari berbagai pertandingan kelas dunia. Sehingga ski resort di sana selalu memperbarui infrastruktur mereka untuk menambah kenyamanan pengunjung.

Misalnya lift untuk bermain ski yang bisa mengakomodasi hingga 4,500 pengunjung. Atau viewing galleries yang dibangun agar kalian bisa beristirahat sembari menikmati pemandangan pegunungan Alpen yang dipenuhi salju.


Untuk daftar beasiswa di Austria, klik di sini.


Nah, lalu bagaimana kalau belum punya pengalaman ski sama sekali?

Kebanyakan ski resort memiliki slope untuk pemula, namun lebih banyak lintasan ski untuk mereka yang sudah berpengalaman. Kalau kalian belum memiliki pengalaman, sebaiknya memilih menginap di desa-desa sekitar Alpen, salah satu rekomendasi yang terkenal adalah desa Alpbach.

Desa Alpbach adalah salah satu desa tercantik di Austria.

Hampir seluruh bangunan di desa ini terbuat dari kayu dan dikelilingi oleh pemandangan lembah Alpen yang indah. Namun, sekarang desa ini juga telah menjadi destinasi wisata favorit, jadi kalian harus booking jauh-jauh hari untuk bisa menginap disini.

Dari Alpbach, kalian bisa memilih untuk bermain ski di Gmahkopf, yang memiliki banyak lintasan untuk pemula.

Oya, untuk yang belum pernah bermain ski, sebaiknya kalian membayar untuk latihan dulu ya – jangan langsung mencoba sendiri. Latihannya biasanya gak lama kok, mulai dari 2 jam hingga 2 hari tergantung paket yang kalian pilih.


Baca Juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk Kuliah di Austria


Berikut adalah tips untuk kalian yang pertama kali ingin bermain ski di Austria:

Pilih akomodasi yang cocok – perhatikan lintasan ski yang ada di sekitar akomodasi ya, lintasan warna hijau dan biru artinya untuk pemula.

Bawa pakaian dan perlengkapan yang sesuai – di area ski banyak yang menyewakan perlengkapan, mulai dari jaket hingga snow boots. Jika kalian sudah punya lebih hemat untuk bawa sendiri.

Book sesi latihan – untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya kalian membayar lebih untuk berlatih dengan trainer profesional.

Tidak perlu membeli lift passlift pass adalah tiket untuk naik gondola atau lift ski. Untuk pemula biasanya lift ski tidak dikenakan biaya.

Memiliki asuransi – pastikan asuransi kalian dapat mengcover kegiatan bermain ski ini ya.

Seru ya musim dingin di Austria!

Sepulangnya dari sana, bisa-bisa kalian tidak hanya membawa gelar tapi juga keterampilan baru bermain ski lho.


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Austria, klik di sini.