Language

Studi di Denmark: Panduan Lengkap Jenjang Pendidikan dan Pendaftaran untuk Mahasiswa Indonesia

Last updated on 21 Apr 2024
Studi di Denmark: Panduan Lengkap Jenjang Pendidikan dan Pendaftaran untuk Mahasiswa Indonesia

DALL·E 2024-03-19 07.33.47 - Create a natural and inviting blog banner image that depicts the serene and educational ambiance of Denmark. The image should feature iconic Danish ar.png

By Shiella Aldama

Tentang Jenjang Studi di Denmark & Pendaftaran

Denmark hanya memiliki 8 universitas negeri yang didukung penuh oleh pemerintah dan menyediakan program sarjana dan pascasarjana untuk berbagai bidang. Beberapa di antaranya juga merupakan institusi dengan program studi yang lebih spesifik seperti Sekolah Bisnis & Sekolah Teknik Informasi.

5 Jenis Institusi Perguruan Tinggi yang Ada di Denmark

1. Business Academics

  • Entry level exam : High School (SMA)
  • Durasi studi : 2 tahun (120 ECTS)
  • Basis pembelajaran : Applied learning, vocational & practical programs
  • Gelar yang didapat : Academy Profession Degree (AP)

2. University Colleges

  • Entry level exam : High School (SMA)
  • Durasi studi : 3,5 tahun (210 ECTS)
  • Basis pembelajaran : Berorientasi pada profesi tertentu dan dapat disetarakan dengan universitas ilmu terapan
  • Gelar yang didapat : Professional Bachelor Degree

3. Universities

Institusi dengan pembelajaran berbasis riset

Bachelor Degree

  • Entry level exam: High School (SMA)
  • Durasi studi: 3 tahun (180 ECTS)

Master Degree

  • Entry level exam: Bachelor (Sarjana S1)
  • Durasi studi: 2 tahun (120 ECTS)

Phd Degree

  • Entry level exam: Master (Sarjana S2)
  • Durasi studi: 3 tahun (180 ECTS)

4. Institutions in Architecture and Arts

Terdapat program dalam bahasa Denmark untuk program sarjana S1 dan program dalam bahasa Inggris untuk program sarjana S2 dan S3 untuk jurusan berikut.

  • Arsitektur
  • Musik
  • Performing Arts
  • Fine Arts
  • Film

5. Maritime educational institutions

Program sarjana Marine & Technical Engineering yang hanya tersedia dalam bahasa Denmark.

Syarat Masuk Universitas Denmark

Secara umum, tiap program studi universitas di Denmark mengharuskan calon pendaftar program pascasarjana untuk memiliki:

  1. Gelar sarjana yang diakui dan relevan dengan program studi yang dipilih.
  2. Hasil tes bahasa (TOEFL/ IELTS) sesuai standar yang ditentukan.
  3. Curriculum Vitae & Motivation Letter

Selain itu, tiap program studi berbeda bisa saja memiliki persyaratan yang lebih spesifik. Calon mahasiswa perlu menghubungi institusi terkait atau setidaknya mengunjungi situs resmi dari institusi tersebut untuk melihat detil persyaratan yang perlu dipenuhi.

Pembukaan Pendaftaran Universitas Denmark

Berbeda dengan negara-negara lainnya seperti Swedia, Denmark tidak menetapkan periode pendaftaran yang serempak untuk semua perguruan tinggi di negaranya.

Pendaftaran Program Sarjana

Pendaftaran dibuka setiap tanggal 1 Februari hingga 15 Maret setiap tahunnya. Calon mahasiswa bisa mendaftarkan diri melalui website www.optagelse.dk.

Pendaftaran Program Pascasarjana

Berbeda dengan program sarjana, calon mahasiswa program pascasarjana perlu melakukan pendaftaran langsung ke universitas yang diinginkan (tidak melalui website www.optagelse.dk).

Oleh sebab itu, calon mahasiswa perlu memperhatikan batas waktu pendaftaran masing-masing universitas dengan mengunjungi situs resmi universitas yang diinginkan. Beberapa universitas bahkan memiliki 2 gelombang pendaftaran di dalam satu tahun.

Tanggal batas akhir pendaftaran Universitas Denmark di tahun 2024:

  • Aartus University (15 Januari 2024)
  • University of Copenhagen (15 Januari 2024)
  • Roskilde University (15 Januari 2024)
  • CBS (Copenhagen Business School) (15 Januari 2024)
  • DTU (Technical University of Denmark) (15 Januari 2024)
  • University of Southern Denmark (1 Februari 2024)
  • ITU (IT University of Copenhagen) (1 Maret 2024)
  • Aalborg University (1 Maret 2024)

Berbagai Alasan Memilih Studi di Denmark

Kehidupan di Denmark

1. Penduduk Denmark dijuluki sebagai orang-orang paling bahagia di dunia

Saat ini, penduduk di Denmark bersaing dengan Finlandia, Islandia, dan Swedia untuk mengisi posisi teratas dalam daftar negara dengan penduduk paling bahagia di seluruh dunia. Denmark sangat peduli akan keseimbangan kehidupan kerja warganegara nya. Waktu bekerja penduduk denmark adalah 37 jam per minggu nya dan mereka mendapatkan 5-6 minggu waktu libur di mana mereka tetap dibayar (paid vacation). Kepedulian terhadap keseimbangan hidup penduduknya juga berlaku di dalam dunia pendidikan. Para pelajar didukung untuk tidak terlalu keras dalam menjalankan studinya dan tetap bisa melakukan aktivitas-aktivitas lain supaya memiliki kualitas hidup yang baik dan seimbang.

2. Denmark termasuk dalam 5 negara paling aman di dunia

Denmark memiliki tingkat terendah di dunia dalam hal korupsi dan menduduki tingkat kriminalitas paling rendah di dunia.

3. Denmark memiliki sistem kesejahteraan sosial yang baik

Meski penduduknya diharuskan untuk membayar pajak dengan nominal yang cukup tinggi, sebagai gantinya, pemerintah menyediakan banyak fasilitas berkualitas seperti fasilitas kesehatan gratis, standar edukasi yang tinggi, infrastruktur yang baik, lingkungan yang aman, dsb. Ini membuat penduduk Denmark memiliki kualitas hidup yang tinggi.

4. Denmark menduduki posisi ke-5 di dunia untuk kecakapan berbahasa Inggris bagi penduduk non-Anglofon (Berdasarkan English Proficiency Index, survei global yang mencakup 111 negara)

Mahasiswa internasional yang belum mempelajari bahasa Denmark tidak perlu kuatir menjalankan studi di Denmark karena rata-rata penduduk Denmark bisa berbahasa Inggris dan terdapat program-program studi yang tersedia dalam bahasa Inggris.

Mahasiswa Denmark juga bisa mendapatkan akses gratis untuk belajar bahasa Denmark yang bermanfaat jika mahasiswa berencana untuk menetap dalam waktu yang lama di Denmark (untuk studi atau bekerja) dan ingin memahami budaya lokal Denmark.

Sistem Belajar-Mengajar di Universitas di Denmark

1. Kurikulum yang fleksibel

Jika Anda bertanya kepada mahasiswa yang berkuliah di Denmark tentang kurikulum perguruan tinggi di sana, Anda mungkin akan sering mendapat informasi tentang kebebasan memilih mata kuliah yang ingin dipelajari. Banyak program pascasarjana yang mewajibkan mahasiswa mengikuti beberapa mata kuliah tertentu namun, selebihnya, mahasiswa memiliki fleksibilitas untuk menentukan mata kuliah di bidang tertentu yang ingin dipelajari. Ini membuat mahasiswa bisa fokus melakukan eksplorasi pembelajaran pada topik-topik atau bidang yang sesuai dengan minat pribadi.

2. Ruang untuk belajar dari kegagalan

Selama menjalani studi, mahasiswa betul-betul diberikan ruang untuk gagal dan belajar dari kegagalannya. Para pengajar di universitas Denmark lebih menitikberatkan proses dibandingkan sekedar melihat hasil akhir pembelajaran sehingga kegagalan dalam tugas atau proyek yang dijalankan belum tentu mengakibatkan mahasiswa mendapat nilai akhir yang buruk. Ketika gagal menggarap sebuah proyek, mahasiswa tetap bisa mendapatkan nilai akhir yang baik (bahkan sempurna) jika bisa menjelaskan hal-hal yang mengakibatkan kegagalannya dan apa yang menjadi pelajaran dari kegagalan tersebut.

3. Fokus sistem belajar dalam format kelompok

Para pekerja di Denmark memiliki sebuah kelebihan di mana mereka tidak memiliki porsi pekerjaan yang berlebihan yang berpotensi membuat stres karena mereka membiasakan diri untuk bekerja dan bersinergi di dalam sebuah kelompok. Hal ini diimplementasikan di dalam sistem belajar di perguruan tinggi Denmark. Mahasiswa akan banyak diminta untuk belajar dan melakukan proyek bersama di dalam sebuah kelompok supaya terbiasa untuk saling menginspirasi, melengkapi, dan berkolaborasi dengan satu sama lain untuk membuahkan hasil kerja yang lebih optimal.

4. Sistem pengajaran

Sistem pendidikan di Denmark menggunakan model belajar ala Scandinavian di mana tidak ada hirarki di antara mahasiswa dan pengajar (flat hierarchy) sehingga lingkungan belajar menjadi sangat informal. Mahasiswa diperbolehkan, bahkan didorong, untuk banyak bertanya, berdiskusi, menyatakan ketidaksetujuan selama proses belajar. Pengajaran di perguruan tinggi Denmark berfokus pada pemahaman yang mendalam (in depth knowledge), kemampuan analitis dan pendekatan independen dan kritikal. Mahasiswa akan banyak diminta untuk melakukan debat dan belajar mengimplementasikan pengetahuan (teori) yang sudah didapat dalam kasus-kasus di dunia nyata untuk memecahkan sebuah masalah.

Jika menjalankan studi di Denmark, mahasiswa akan mendapatkan pengajaran berbasis riset yang selalu dipantau oleh Kementerian Pendidikan pemerintah Denmark untuk menjaga kualitas studi supaya memenuhi standar tertinggi. Mahasiswa juga akan berhubungan erat dengan industri yang berkaitan dengan jurusan yang diambil (organisasi atau institusi publik) dan para peneliti aktif di bidangnya selama menjalankan program studi.

Tentang Biaya & Beasiswa Studi di Universitas Negeri Denmark

Biaya dan Beasiswa Kuliah di Denmark

Perguruan tinggi di Denmark memiliki biaya studi yang kompetitif dengan negara-negara lain yaitu sekitar €6.000-16.000 per tahun. Biaya tersebut tergolong terjangkau jika dibandingkan dengan negara destinasi pelajar lainnya dari segi kualitas institusi dan edukasi yang didapatkan, serta ranking perguruan tinggi Denmark secara global.

1. Danish State Scholarships

Beasiswa ini khusus untuk program studi S2 yang diberikan oleh Kementerian Pendidikan Denmark dan dikelola langsung oleh masing-masing universitas (universitas yang akan menentukan sendiri program mana saja yang tersedia untuk beasiswa).

Beasiswa ini tersedia untuk seluruh sarjana (calon mahasiswa S2) non-EU yang berprestasi. Ketika mendaftarkan diri, calon mahasiswa secara otomatis terdaftar sebagai calon penerima beasiswa. Jika memenuhi kriteria, calon mahasiswa akan dihubungi oleh pihak universitas.

2. Beasiswa LPDP (Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan)

Beasiswa ini khusus untuk warga negara Indonesia (WNI) yang ingin menempuh pendidikan magister dan doktoral. Saat ini, setidaknya ada 5 universitas Denmark yang ada di dalam daftar beasiswa LPDP.

3. Erasmus Mundus

Beasiswa ini terbuka untuk mahasiswa internasional

Biaya Hidup di Denmark

Estimasi rincian biaya hidup mahasiswa adalah sebesar €1000 per bulan dengan contoh rincian sebagai berikut (berdasarkan website Aarhus University)

  1. Biaya sewa €475 euro (Biaya sewa student housing bervariasi antara €330-550 per bulan. Beberapa di antaranya sudah termasuk biaya internet).
  2. Biaya makan & kebutuhan sehari-hari sebesar €300 (tergantung pada kebiasaan masing-masing individu).
  3. Biaya telepon dan internet sebesar €45.
  4. Biaya transportasi lokal sebesar €30.
  5. Biaya buku & perlengkapan studi sebesar €25.
  6. Biaya lain-lain (gym membership, streaming, dsb.) sebesar €100.
  7. Biaya layanan kesehatan untuk mahasiswa internasional gratis karena sudah ditanggung oleh pemerintah (Danish Health Care Scheme).

Tempat Tinggal Mahasiswa (Student Housing)

Tempat tinggal di kota-kota yang lebih besar di Denmark memiliki biaya yang cukup tinggi namun mahasiswa internasional di Denmark bisa memanfaatkan student housing yang disediakan oleh pemerintah kotamadya. Beberapa institusi perguruan tinggi juga memiliki fasilitas tempat tinggalnya sendiri. Seringkali, mahasiswa tidak tinggal di dalam lingkungan kampus tetapi di dalam sebuah asrama atau apartemen bersama di sebuah kota.

Karir dan Pekerjaan di Denmark

Baik mahasiswa lokal Denmark dan para mahasiswa internasional di Denmark memiliki hak untuk bekerja sambil menjalankan studi. Penduduk non-EU dapat bekerja paruh waktu hingga 20 jam per minggu dan menjalankan pekerjaan penuh waktu selama musim panas (di bulan Juni hingga Agustus). Denmark menetapkan standar upah minimum yang tinggi untuk para pekerjanya. Ini menjadi kesempatan baik untuk para mahasiswa untuk mendapatkan uang tambahan untuk biaya hidup di Denmark.

Selain itu, sejak April 2023, pemerintah Denmark menentukan kebijakan baru bagi para mahasiswa internasional karena adanya permintaan dari perusahaan-perusahaan Denmark terhadap pekerja internasional. Setelah lulus dari program pascasarjana (master & doktoral), mahasiswa secara otomatis mendapatkan tambahan izin menetap selama 3 tahun untuk mencari pekerjaan. Mahasiswa juga dapat mengajukan permohonan untuk mengubah job search visa ini menjadi work visa.

Pelayanan Pemerintah Sebagai Dukungan untuk Karir Mahasiswa Internasional

Berbagai pekerjaan dengan basis bahasa Inggris tersedia di Denmark untuk individu yang masih menjalankan studi maupun yang telah menyelesaikan studinya. Saat ini, pemerintah Denmark menyediakan pendanaan khusus yang diberikan kepada universitas-universitas sebagai dukungan untuk mengembangkan layanan bagi para mahasiswa internasional yang ingin membangun karirnya di Denmark. Lewat dukungan ini, universitas menyediakan layanan pendampingan (mentoring & shadowing) bagi para mahasiswa untuk mendapatkan informasi tentang pasar pekerjaan di Denmark, aturan yang berlaku dan tata cara melamar pekerjaan, hingga menghubungkan mahasiswa secara langsung dengan industri-industri terkait.