Media
Language

Sedang Belajar Bahasa Jerman untuk Kuliah di sana? Film-film ini bisa Membantumu!

Last updated on 17 Nov 2018

Run Lola Run.gif Sumber foto: adamdanbury.wordpress.com

Oleh Kristantinova


Ingin kuliah di Jerman? Ikuti Webinar "Study in Germany" dan dapatkan kesempatan untuk berbicara langsung dengan representatif dari 15 universitas dan institusi pendidikan Jerman! Untuk registrasi dan informasi lebih lanjut mengenai Webinar ini, klik di sini!


Jerman merupakan salah satu destinasi negara favorit untuk melanjutkan studi di Eropa. Jika kamu salah satu orang yang telah berencana untuk kuliah di Jerman, kamu mungkin saat ini sedang dalam proses belajar bahasa Jerman. Bisa menguasai bahasa Jerman tentu dapat mempermudah segala aktivitas sehari-harimu selama kamu belajar disana. Mempelajari bahasa tentu bisa dengan berbagai macam cara. Kamu bisa mengikuti kursus bahasa Jerman atau belajar sendiri di rumah lewat YouTube atau situs online lainnya.

Selain kedua cara tersebut, menonton film-film berbahasa Jerman tentu dapat membantumu untuk lebih memahami cara penggunaan bahasa Jerman untuk percakapan sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa film Jerman yang bisa kamu tonton untuk melatih kemampuan berbahasa Jermanmu.


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Jerman, klik di sini.


1. Run Lola Run (Lola rennt)

Jika kamu berkuliah di kota Berlin dan ingin mendengar dialek Berlinrisch maka film ini adalah film yang tepat untukmu. Film ini bercerita tentang Lola yang harus menemukan 100.000 Mark Jerman (mata uang Jerman sebelum Euro) untuk menyelamatkan nyawa pacarnya. Film ini diceritakan sebanyak 3 kali dengan awal yang sama namun ending yang berbeda-beda.

2. The Lives of Others (Das Leben der Anderen) Das Leben der Anderen.jpg Sumber foto: pastposters.com

Jika kamu penasaran seperti apa hidup di zaman Jerman Timur yang masih menganut komunisme, film ini adalah film yang tepat untuk kamu tonton. Film ini menceritakan Stasi Captain Gerd Wiesler yang ditugaskan untuk menjadi mata-mata. Film ini bagus untuk mengembangkan kemampuan bahasa Jermanmu karena aksen Jerman yang ditampilkan bervariatif.


Universitas Populer di Jerman: Brandenburg University of Technology Cottbus-Senftenberg. Punya pertanyaan mengenai kuliah di universitas ini? Ingin bertanya langsung kepada perwakilannya? Ikuti Webinar Series - Study in Germany!


3. Downfall (Der Untergang) Deruntergang.jpg Sumber foto: Michelle Heyduck's Video on Youtube (Making of DER UNTERGANG/Bruno Ganz)

Apakah kamu salah satu orang yang ingin tahu apa yang dipikirkan dan dilakukan Hitler di 10 hari menjelang kematiannya? Film ini bisa menjawab rasa penasaranmu itu. Film yang bergenre drama sejarah ini diperankan oleh aktor Bruno Ganz. Di film ini kamu juga bisa belajar sedikit aksen Austria loh.

4. The White Ribbon (Das weiße Band) the-white-ribbon.jpg Sumber foto: theseventhart.info

Film ini menceritakan tentang potret agama, kekuasaan, dan kekerasan di kota kecil di Jerman Utara pada tahun 1910-an. Film ini bagus untuk kamu yang sedang belajar bahasa Jerman karena aktor-aktor di film ini berbicara dengan sangat pelan dan jelas sehingga kamu bisa lebih memahami percakapan mereka.


Baca juga: Kota-kota terpopuler untuk Kuliah di Jerman


5. Good Bye Lenin! goodbyelenin.jpg Sumber foto: Movie Recommendations' Video on Youtube (Goodbye Lenin! [2003] - Trailer)

Jika kamu pecinta film komedi, kamu bisa coba menonton film ini. Film ini bercerita tentang ibunda Alex yang terkena serangan jantung dan koma pada Oktober 1989. Selama ia koma, tembok Berlin telah runtuh dan Jerman Timur telah penuh dengan restoran fast food seperti Burger King, iklan Coca-Cola, dan orang-orang Jerman Barat. Ketika ibu Alex bangun dari koma, dokter memberitahu Alex jika ibunya terkena serangan jantung lagi maka dampaknya akan lebih parah dari sekarang. Film ini bercerita tentang usaha Alex untuk menutupi dan menjauhi ibunya dari perubahan dunia yang sudah drastis.


Untuk informasi lebih lanjut tentang Kuliah di Jerman, klik di sini.