Media
Language

Mengapa Belajar Bahasa Lokal Itu Worth It

Last updated on 23 Oct 2018

local language.jpg Photo by Gonard Fluit on Unsplash

Oleh Kristantinova

Ketika kamu memutuskan untuk berkuliah ke Eropa, kamu mungkin berpikir bahwa kamu tidak perlu begitu menguasai bahasa lokal negara tempatmu berkuliah karena banyak orang Eropa yang bisa berbahasa Inggris. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ada banyak manfaat yang bisa kamu peroleh jika kamu mempelajari bahasa lokal negara tempatmu berkuliah? Meskipun memang membutuhkan usaha lebih untuk mempelajari bahasa lokal tetapi jika kamu bisa menguasainya, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat yang mungkin tidak kamu sadari sebelumnya. Berikut adalah beberapa alasan mengapa belajar bahasa lokal tempatmu berkuliah penting dan dapat memantapkan hatimu yang ragu untuk berkuliah ke Eropa karena keterbatasan bahasa.

1. Memudahkanmu bersosialisasi dengan masyarakat

Meskipun kamu tinggal di negara yang mayoritas bisa menggunakan bahasa Inggris tetapi bayangkan jika kamu bisa berbicara dengan masyarakat lokal disana menggunakan bahasa yang biasa mereka gunakan sehari-hari? Coba bayangkan berbagai aktivitas sehari-hari yang akan kamu lakukan disana seperti berbelanja, menanyakan arah, naik transportasi umum, memesan makanan, dan lain sebagainya. Jika kamu bisa berbahasa lokal aktivitas-aktivitas tersebut tentu akan jauh lebih mudah dilakukan.

2. Lingkungan sekitar menjadi tempat belajarmu

Dengan belajar bahasa lokal, lingkungan di sekitarmu bisa menjadi tempat untuk memperoleh informasi lebih banyak. Lingkup belajarmu akan menjadi lebih luas, tidak hanya berkisar di lingkungan kampus tetapi juga di lingkungan tempatmu tinggal. Kamu bisa mempelajari budaya negara tempatmu berkuliah dengan bertanya pada warga lokal setempat, mengikuti kegiatan atau festival yang diselenggarakan kota setempat, mempelajari sejarah, seni, dan tradisi yang ada di kota tersebut. Intinya, kamu bisa lebih leluasa memperoleh informasi jika kamu bisa berbicara bahasa lokal.

3. Menambah jaringan pertemananmu

Jika kamu bisa menggunakan bahasa lokal untuk percakapan sehari-hari kamu bisa menambah lebih banyak teman di sekitarmu. Diawali dengan percakapan-percakapan sederhana, jaringan pertemananmu bisa semakin luas dan itu adalah hal penting yang perlu kamu kembangkan selama kamu berkuliah di luar negeri. Jaringan pertemanan yang luas akan memudahkanmu dikala kamu sedang mencari pekerjaan atau sedang mengalami kesulitan.

4. Menambah kemampuan berbahasa pada CV-mu

Bisa berbahasa bahasa lain selain Indonesia dan Inggris tentu menjadi keunggulan yang bisa kamu tonjolkan pada CV-mu. Jika kamu berencana untuk bekerja di negara tempatmu berkuliah, bisa berbahasa lokal tentu menjadi nilai plus karena akan memudahkanmu dalam menyelesaikan masalah-masalah di tempat kerja dan bekerja sama di dalam tim.

Teknologi pada masa kini telah memudahkanmu untuk mempelajari bahasa asing. Kamu bisa belajar secara otodidak melalui berbagai aplikasi atau program online seperti Rosetta Stone atau Duolingo. Persiapkan dirimu jauh-jauh hari sebelum kamu kuliah sehingga ketika kamu tiba disana kamu setidaknya tidak blank dan bisa sedikit-sedikit menerapkan materi bahasa yang telah kamu pelajari disini.

Ketika kamu sampai disana secara tidak langsung kamu akan belajar sambil menerapkan kemampuan bahasamu melalui percakapan sehari-hari dengan warga lokal disana. Jadi, tidak perlu takut atau khawatir untuk belajar bahasa lokal negara tempatmu berkuliah karena akses untuk belajar saat ini sangat mudah dan manfaat yang bisa kamu dapatkan juga sangat banyak.