Media
Language

Mencari Tahu Apa Itu Beasiswa Erasmus Mundus LEADERS

Last updated on 18 Sep 2019

Artikel 15 Feb 2018.png Image source: www.emleaders.eu

Oleh Kristantinova

Bagi kalian pencari beasiswa, apakah kalian pernah mendengar beasiswa Erasmus Mundus LEADERS? Jika belum, yuk cari tahu tentang beasiswa yang telah memberikan pendanaannya kepada 130 orang dari berbagai latar belakang pendidikan ini.

Erasmus Mundus LEADERS merupakan program beasiswa untuk belajar, melakukan riset, pelatihan, atau mengajar di salah satu universitas pilihan yang ditujukan untuk murid, peneliti dan staff (akademik dan administratif) yang berasal dari Uni Eropa, Asia Selatan, dan Asia Tenggara. Program beasiswa ini berfokus pada beberapa bidang yang antara lain adalah Elektrikal, Teknik Elektro dan Informasi Komunikasi Teknologi, Photonics, Teknik Biomedikal, Teknik Komputer, Sistem Tenaga dan Energi, Informatika, dan lain sebagainya.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai beasiswa Erasmus, klik di sini.


Universitas yang Tergabung dalam EM LEADERS

Universitas-universitas yang bekerja sama di program beasiswa ini berjumlah 22 universitas yang terdiri dari 7 universitas di Uni-Eropa, 13 universitas di Asia Tenggara dan 2 mitra lainnya. Universitas-universitas di Uni-Eropa yang tergabung dalam program beasiswa ini antara lain adalah City – University of London, Politecnico Di Milano, Technische Universtaet Dortmund, Universidade do Porto, University of Limerick, University of Oradea dan Frederick University. Universitas di Indonesia yang tergabung dalam program beasiswa ini adalah Universitas Pelita Harapan.

Pengelompokan Calon Pendaftar EM LEADERS

Partisipan yang dikategorikan bisa mendaftar untuk beasiswa ini secara keseluruhan haruslah meruapakan warga negara dari negara-negara yang terlibat dalam program beasiswa ini, yaitu Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, Nepal, Pakistan, Sri Lanka, India, Indonesia, Malaysia, Maldives, Philippines, Thailand, Cina, Korea Utara, dan warga negara Eropa. Selain itu, calon pendaftar juga harus mengidentifikasi diri mereka ke dalam salah satu dari tiga target grup yang telah diklasifikasikan oleh penyelenggara beasiswa. Target grup yang pertama adalah murid yang berkuliah di universitas yang bermitra dengan beasiswa ini, untuk di Indonesia maka grup ini ditujukan untuk kamu yang berkuliah di UPH. Target grup yang kedua adalah murid yang berkuliah di universitas di dalam negara yang terlibat pada beasiswa ini. Target grup ketiga adalah warga negara yang berada dalam situasi sosial/politik yang sulit seperti pengungsi, yatim piatu, orang-orang yang tinggal di daerah terpencil, dsb.


Official Website Erasmus+


Apa Saja yang Harus Dipersiapkan untuk EM LEADERS?

Jika kamu tertarik pada lebih dari satu universitas, kamu bisa mendapat kesempatan untuk mendaftar di dua universitas loh. Jika kamu memang ingin mendaftar di dua universitas, pastikan bahwa kamu telah memenuhi semua kualifikasi dan persyaratan yang diberikan oleh kedua universitas tersebut. Perlu diingat bahwa semua dokumen pendaftaran harus dilampirkan dalam bahasa Inggris atau memiliki terjemahan bahasa Inggris. Lalu apa saja dokumen pendaftaran yang harus dipersiapkan tersebut? Kamu bisa cek kelengkapan apa saja yang harus persiapkan di link berikut ini.

Pada salah satu dokumen pendaftaran yang harus persiapkan terdapat Learning Agreement dan Activity Plan. Mungkin kamu masih bingung apa maksudnya. Learning Agreement dan Activity Plan kurang lebih sama, yaitu merupakan rencana studimu selama belajar di universitas tersebut dan hal apa yang ingin kamu peroleh dari pembelajaranmu tersebut. Perlu diperhatikan bahwa dokumen ini telah memiliki template nya tersendiri yang bisa kamu unduh di situs EM LEADERS. Salah template dalam menuliskan Learning Agreement/Activity Plan dapat menjadi salah satu faktor kegagalanmu dalam mendapatkan beasiswa ini.

Apa yang Akan Kamu Dapatkan dari EM LEADERS?

Jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa ini maka Erasmus Mundus LEADERS akan memberikan biaya studi bulanan sebesar 1000 EUR (Sarjana & Master), 1500 EUR (PhD), 1800 EUR (Post-Doc), 2500 EUR (Staff), asuransi, biaya perjalanan pergi dan pulang, biaya kuliah di universitas yang dipilih.

Jadi bagaimana? apakah kamu tertarik untuk mendaftarkan dirimu mengikuti program beasiswa ini? Jika ya, ayo segera persiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dan raih kesempatan studi di Eropa dengan beasiswa EM LEADERS!

Untuk informasi lengkap mengenai Program Beasiswa LEADERS untuk kuliah di Eropa, klik di sini.