Language

Ini daftar Jurusan Teknik yang Bisa Kamu Pilih!

Last updated on 14 Oct 2019
Ini daftar Jurusan Teknik yang Bisa Kamu Pilih!

project_20190921_091245.jpg

Oleh: Kristantinova


Pingin melanjutkan studi di Eropa? Jangan lewatkan EHEF Indonesia 2019, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti!

Surabaya 31 Oktober 2019

Jakarta 2 - 3 November 2019

Bandung 5 November 2019

Registrasikan dirimu di sini! Acara ini GRATIS!


Kamu tipe orang yang lebih senang dengan pekerjaan praktik dan lapangan? Selain itu, apa kamu juga senang dengan perkembangan teknologi saat ini? Jika ya, maka jurusan teknik adalah jurusan yang tepat nih buat kamu.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak akan pernah lepas dari teknologi dan hal-hal teknis. Sebut saja gadget yang kita pakai setiap hari, energi listrik yang digunakan kebutuhan semua orang, alat-alat medis yang digunakan di rumah sakit, transportasi yang kita gunakan, dan masih banyak lagi. Jadi, calon-calon insinyur dan teknisi berbakat memang pasti akan selalu diperlukan oleh dunia global. Meskipun selalu diperlukan dan lapangan pekerjaan di bidang teknik selalu banyak tersedia tetapi lulusan dengan jurusan teknik masih kurang banyak. Hal ini yang membuat gaji yang ditawarkan oleh perusahaan untuk jenis pekerjaan teknis lebih tinggi. Hal ini yang menjadi keuntungan bagi kamu yang ingin terjun ke bidang ini.

Namun, pilihan kamu memilih jurusan teknik tidak berhenti sampai disitu loh karena jurusan teknik beragam tergantung dari cabang akademi dan spesialisasinya. Bukan hal yang mudah juga untuk memutuskan dengan tepat program studi apa yang harus kamu ambil di jurusan teknik agar kamu tidak salah langkah ke depannya. Nah maka dari itu, untuk membantumu memilih jurusan yang sesuai dengan keahlian yang kamu minati, artikel ini akan membahas berbagai macam cabang akademi jurusan teknik yang ada di universitas. Yuk simak!

Teknik Otomotif

Kalau kamu tertarik dengan dunia otomotif maka program studi ini yang paling tepat buat kamu. Kamu bisa membedah berbagai macam mesin transportasi mulai dari mobil, truk, bus, dan motor di bidang ini. Pada dasarnya, teknik otomotif berfokus pada desain dan pengembangan mesin otomotif dan subsistemnya. Dengan perkembangan teknologi saat ini, banyak fitur dan sistem baru yang ditambahkan ke dalam sebuah mesin otomotif yang menjadikan produk jadinya lebih canggih. Program studi ini sedang naik daun karena dunia saat ini sedang gencar mencari cara untuk membuat mesin-mesin otomotif lebih ramah lingkungan. Selain itu, perusahaan otomotif juga sedang berlomba untuk membuat kendaraan yang semakin canggih seperti self-driving.

Teknik Penerbangan

aerospace.jpg

Foto oleh Time.com

Selanjutnya, buat kamu yang senang dengan dunia penerbangan dan dunia teknik, ini adalah pilihan studi yang tepat buat kamu. Sebagai seorang insinyur penerbangan atau orang yang spesialis di bidang aeronautika, kamu dapat merancang dan membuat berbagai jenis model pesawat, tidak hanya pesawat yang terbang di atmosfer bumi tetapi juga pesawat luar angkasa. Nah, seperti banyak mata pelajaran Teknik lainnya, program dalam bidang ini tentunya akan mencakup banyak ilmu Matematika dan Fisika. Jadi pastikan kamu menguasai mata pelajaran tersebut ya.

Bioteknologi & Rekayasa Hayati (Bioengineering)

Selanjutnya ada teknik yang melibatkan ilmu Biologi. Perkembangan zaman saat ini juga diikuti dengan perkembangan ilmu pengetahuan yang menyebabkan banyak ilmu pengetahuan saling berhubungan satu sama lain. Bioteknologi merupakan salah satu di antaranya. Memegang gelar di bidang ini sangat menjanjikan buat karirmu di masa depan loh karena orang-orang yang spesialis di bidang ini dituntut untuk menawarkan solusi yang cepat terhadap permasalahan vital di dunia medis dan juga terkait sumber energi yang dapat diperbaharui demi keberlangsungan hidup manusia di masa yang akan datang. Dua hal ini menjadi pekerjaan rumah yang besar bagi para spesialis di bidang bioteknologi dan bioengineering. Mempelajari Bioteknologi atau Bioengineering dapat menjadi pilihan yang tepat kalau kamu senang dengan pelajaran Biologi, Medis, dan bagaimana kedua ilmu ini berkolaborasi dengan teknologi dan mesin.


Kamu pingin kuliah teknik di Eropa? Cari tahu universitas yang pas untukmu di sini


Teknik Kimia

Setelah tadi membahas Biologi, selanjutnya ada ilmu teknik yang berkaitan dengan mata pelajaran Kimia nih. Mengubah bahan baku menjadi sesuatu yang memiliki nilai dan berguna merupakan hal yang dipelajari dalam Teknik Kimia. Teknik Kimia merupakan studi dimana kamu akan belajar tentang proses industri yang kompleks, mulai dari merancang hingga mengembangkan proses produksinya. Kesempatan kerja buat kamu yang menguasai bidang ini sangatlah banyak. Kamu dapat bekerja di semua bidang industri mulai dari industri farmasi, makanan, kertas, elektronik, dan masih banyak lagi.

Teknik Sipil

Membangun jalan raya, jalur kereta, kanal, waduk, bandara, itu hanya sebagian dari proyek-proyek yang biasa dikerjakan oleh seorang yang mendalami bidang Teknik Sipil. Dengan kata lain, kalau kamu senang terlibat dalam kegiatan konstruksi, Teknik Sipil dapat menjadi pilihan yang tepat buat kamu. Secara garis besar, kamu akan terlibat dalam proyek-proyek infrastruktur yang berskala besar. Tentu, lapangan pekerjaan di bidang ini sangatlah besar karena infrastruktur dibutuhkan di daerah dan kota manapun.

Teknik Elektro

electrical-engineering.jpg Foto oleh kiplinger.com

Teknik Elektro mempelajari tentang pembangkit tenaga listrik dan distribusi listrik dalam skala besar. Tentunya kamu sudah tahu, untuk bisa mempelajari Teknik Elektro kamu harus menguasai ilmu Fisika yang kuat dulu karena di dalam studi ini kamu akan mempelajari dan menerapkan ilmu Fisika dan Matematika listrik dan elektromagnetik ke dalam berbagai macam sistem.

Teknik Eletronika Daya dan Komunikasi

Perkembangan zaman saat ini membawa kita kepada dunia yang sangat terhubung dengan perangkat elektronik dan komunikasi. Sebut saja komputer, smartphone, mobil, TV, bahkan rumah yang serba “pintar”. Semua aspek dalam hidup kita perlahan saling terhubung dalam sistem teknologi dan komunikasi yang canggih dan modern. Perkembangan ini yang membuat studi di bidang Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi juga menjadi berkembang dan banyak diminati. Mempelajari studi ini berarti kamu akan masuk ke dalam sistem perangkat-perangkat pintar tersebut dan mempelajari rancangan komponen elektronik di dalamnya untuk memahami betapa kompleksnya sistem elektronik komunikasi tersebut bekerja. Untuk karir di bidang ini, kamu tidak perlu khawatir karena orang-orang yang memiliki ketertarikan di bidang ini sangat dicari dan dibutuhkan.

Teknik Lingkungan

Perkembangan zaman memang banyak membawa dampak positif dalam hidup kita sehari-hari tetapi bukan berarti tidak ada dampak negatifnya. Polusi dan pencemaran lingkungan banyak terjadi dimana-mana akibat industri dan bisnis modern saat ini yang kurang memerhatikan limbah-limbah hasil produksi mereka. Pemerintah dan banyak pihak saat ini mulai menyadari dan bergerak untuk mengurangi dampak negatif tersebut. Disinilah kamu yang belajar tentang Teknik Lingkungan memegang peran penting. Mempelajari Teknik Lingkungan berarti kamu akan menerapkan ilmu sains dan teknik untuk mencari solusi dari pokok permasalahan lingkungan saat ini.


Baca juga Top Masters in Sustainable Development


Teknik Industri

civil engineering.jpg

Foto oleh norwich.edu

Sistem dan proses industri merupakan suatu sistem yang kompleks sehingga membutuhkan orang yang spesialis di bidang Teknik Industri untuk mengembangkan, meningkatkan, dan menjaga sistem tersebut agar tidak menjadi chaos. Menariknya dari studi Teknik Industri adalah kamu juga akan mempelajari berbagai disiplin ilmu teknik yang lainnya sehingga jenjang karirmu ke depannya akan lebih fleksibel dan luas.

Manajemen Industri

Jika kamu ingin bekerja di bagian Bisnis Administrasi dan Produksi, maka gelar di bidang ini dapat menjadi pilihan tepat buat kamu. Bekerja di bagian manajemen industri berarti kamu dituntut untuk meningkatkan efisiensi bisnis perusahaan tempatmu bekerja, dan itu akan melibatkan analisis data, perencanaan biaya dan logistik, dan koordinasi proses produksi. Mempelajari bidang ini berarti kamu juga akan berfokus banyak di bidang bisnis. Jika kamu senang mempelajari teknik dan juga bisnis, maka studi ini dapat menjadi pilihan yang pas.

Teknik Kelautan

Setelah tadi membahas teknik yang berhubungan dengan darat dan udara, sekarang ada juga nih teknik yang melibatkan laut. Jika kamu memiliki ketertarikan dengan riset, pengembangan, dan konstruksi komponen mesin-mesin kapal maka teknik ini sudah yang paling pas buat kamu. Mempelajari Teknik Kelautan berarti kamu akan merancang, membangun, menguji coba, dan juga memperbaiki kapal, kendaraan bawah laut, dan struktur-struktur lain yang berada di daerah laut.


Baca pengalaman Kirana Agustina, Chevening Scholarship awardee yang mendapatkan kesempatan untuk berkuliah di Eropa dengan jurusan Environment, Politics, and Society


Teknik Material

Teknik ini berkaitan dengan sifat-sifat materi dan bagaimana penggunaan materi tersebut ke berbegai bidang dan teknik. Program studi ini akan mempelajari aspek kimia dan fisika di tingkat atom dan molekuler. Kamu akan belajar untuk memahami komposisi material-material tersebut untuk kemudian diuji, dirancang, dan dikembangkan menjadi material-material baru.

Pertambangan, Minyak & Gas

Bahan bakar fosil masih memegang peran penting dalam kehidupan kita saat ini, begitupula dengan sumber daya alam lain yang ditemukan di bawah tanah. Mempelajari pertambangan, minyak dan gas berarti kamu akan mengeksplor berbagai sumber mineral, bahan bakar fosil, logam, dan minyak bumi yang ada di bawah tanah.

Robotik

robotics.jpg Foto oleh supplychain247.com

Program studi ini juga menjadi program studi yang berkembang seiring perkembangan zaman. Memiliki gelar di bidang ini berarti kamu akan terlibat dalam merancang sistem robotik yang dapat mengerjakan berbagai perintah dan pekerjaan yang biasa dilakukan manusia atau bahkan yang tidak bisa dilakukan manusia. Melalui rancangan robot-robot ini, seorang teknik robotik akan membantu berbagai aspek pekerjaan menjadi lebih cepat, aman, dan mudah. Program studi robotik ini memiliki hubungan ilmu yang dekat dengan studi Elektronik, Sains Komputer, dan Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligent).

Nah, itu tadi adalah berbagai macam pilihan studi dari jurusan Teknik yang dapat menjadi bahan pertimbangan kamu saat kamu ingin memilih jurusan kuliah. Sudah mendapat pencerahan belum sekarang? Kalau sudah, yuk sekarang mulai cari-cari jurusan yang kamu mau ada di universitas Eropa yang mana ya. Selamat mencari!