Language

Mengantisipasi Budget Bulanan

Last updated on 06 Jul 2020
Mengantisipasi Budget Bulanan

accountant-accounting-adviser-advisor-159804.jpeg Sumber gambar: pexels.com

Oleh Rebecca Isjwara

Membuat rancangan anggaran biaya bulanan dan mengikutinya mungkin adalah salah satu hal tersulit yang kamu pelajari selama kuliah, namun juga merupakan hal yang sangat berguna untuk kehidupanmu selanjutnya. Penting untuk menghitung batas pengeluaranmu dan tidak menghabiskan lebih, karena kamu akan menghabiskan uang yang tidak kamu miliki. Saat merancang anggaran biaya bulanan, ini adalah elemen-elemen yang penting kamu perhitungkan:

1. Akomodasi

Tanpa rumah di negara kamu nanti, biaya kos mungkin akan memakan kebanyakan dari anggaran bulananmu. Perkirakan juga kapan kamu harus melunasi biaya ini. Kadang-kadang asrama hanya menerima pembayaran selama setengah tahun, atau kadang kamu harus menyiapkan deposit untuk 3 bulan ke depan.

2. Makanan

Makanan merupakan pengeluaran yang besar, namun tidak terasa jika kamu mendapatkannya secara cuma-cuma dari orangtuamu setiap hari. Carilah berbagai cara untuk mendapatkan makanan, seperti makan di kantin, catering, ataupun masak sendiri. Beberapa universitas mungkin memiliki kantin yang murah, namun beberapa negara memiliki sayur-mayur yang memungkinkanmu untuk menabung lebih jika kamu masak sendiri. Apapun pilihanmu, tentukan biaya makanmu dalam sehari atau seminggu dan kalikan sehingga bisa masuk ke anggaran bulanan.

3. Keperluan bulanan

Keperluan ini termasuk listrik, air, WiFi, pulsa telepon, dan perlengkapan mandi. Mungkin hal-hal ini tidak terasa besar, tapi akan menumpuk jika ditotal. Sisihkan sebagian anggaranmu untuk membeli sabun, dan jangan sampai kamu harus mengorbankan makan malammu untuk membayar ongkos WiFi.

4. Hiburan dan lain lain

Nonton di bioskop, makan keluar, karaoke, dan aktivitas himpunan masuk ke sini. Besar atau kecil jumlahnya adalah pilihanmu, tapi berguna untuk menyisihkan sebagian anggaran bulananmu untuk menikmati aktivitas-aktivitas tersebut selagi sibuk dengan kuliah.

5. Uang jaga-jaga

Terakhir, sisihkan sedikit setiap bulan untuk keadaan darurat. Meski kita tidak menginginkan apapun buruk untuk terjadi, kadang-kadang akan ada situasi dadakan yang mengharuskanmu untuk membeli obat atau berobat ke dokter.

Jika kamu kesulitan membuat anggaran biaya bulanan, cobalah untuk mencari di internet, mengecek situs kuliahmu, atau berbicara dengan senior-senior yang sedang belajar di luar negeri. Saat kamu sudah selesai menghitung budget, konsultasikan anggaran tersebut dengan orangtuamu. Meski awalnya akan terasa susah, mengontrol pengeluaranmu akan menjadi keterampilan yang sangat berharga untuk masa depanmu.