Language

Apa Itu Erasmus Mundus Action 2 SmartLink?

Last updated on 04 Jul 2020
Apa Itu Erasmus Mundus Action 2 SmartLink?

Screen Shot 2018-02-24 at 1.12.01 PM.png Image Source: smartlink-edu.eu

Oleh Nurchalimah

Eropa masih menjadi salah satu destinasi populer bagi mahasiswa internasional, khususnya mahasiswa dari Indonesia. Kualitas pendidikan yang bagus, deretan universitas terbaik hingga penawaran biaya pendidikan yang terjangkau membuat semua orang ingin merasakan kuliah di Eropa. Selain menggunakan biaya sendiri, faktanya ada cukup banyak program beasiswa yang bisa membawamu meraih mimpi untuk kuliah di Eropa. Salah satunya adalah Erasmus Mundus. Kamu pasti tidak asing dengan program ini kan?


Informasi lengkap mengenai Beasiswa Erasmus, klik di sini.


Erasmus Mundus Action 2 (EMA 2) SmartLink

Erasmus Mundus menjadi salah satu program paling populer bagi mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan kuliah di Eropa tanpa biaya. Dari sekian banyak program yang ada di bawah naungan Erasmus Mundus, ada Erasmus Mundus Action 2 SmartLink. Program ini berada di bawah naungan Erasmus Mundus Action 2 (EMA2). Kata SmartLink pada program ini memiliki kepanjangan dari South-East-West Mobility for Advanced Research,Learning, Innovation, Network and Knowledge.

Negara Mana Saja yang Tergabung Dalam Program Ini?

Setiap beasiswa pasti memiliki aturan atau ketentuan masing-masing, dan ini juga berlaku untuk beasiswa EMA 2 SmartLink. Pada dasarnya konsorsium SmartLink terdiri dari 20 partner dan 5 asosiasi yang berada di wilayah Uni Eropa dan Asia Selatan. Program ini memiliki perwakilan dari 8 negara Eropa yaitu Inggris, Jerman, Perancis, Polandia, Bulgaria, Siprus, Yunani dan Portugal serta 11 negara Asia yaitu Afghanistan, Bangladesh, Bhutan, India, Indonesia, Maldives, Nepal, Korea Utara, Pakistan, Sri Lanka dan Thailand.

Khusus untuk Indonesia, universitas partner untuk EMA 2 SmartLink hanya satu yaitu Binus University. Jadi kamu yang kuliah di Binus jelas bisa apply beasiswa ini. Lalu bagaimana dengan kamu yang tidak kuliah di Binus? Tenang saja, faktanya beasiswa EMA 2 SmartLink ini memiliki 3 target groups yaitu TG1, TG2, dan TG3. Nah, kamu yang kuliah di universitas partner yaitu Binus University maka kamu masuk dalam kategori TG1. Sedangkan untuk kamu yang tidak kuliah di Binus University, kamu akan masuk kategori TG2 atau TG3, asalkan kamu berkewarganegaraan Indonesia. Untuk lebih lengkap mengenai persyaratan bagi masing-masing target group, kamu bisa melihantnya di sini.


Official Website Beasiswa Erasmus+


Fokus Erasmus Mundus Action 2 SmartLink dan Program yang Tersedia

EMA2 SmartLink ini fokus pada kerja sama antara Institusi Perguruan Tinggi Eropa dan Institusi Perguruan Tinggi di negara berkembang di Asia untuk menyediakan mobilitas bagi siswa-siswa pasca sarjana untuk menempuh pendidikan selanjutnya. Jadi kamu yang berstatus sebagai mahasiwa yang sudah lulus S1, ingin melanjutkan studi master atau doctoral hingga para peneliti dan akademisi bisa mengikuti program ini.

Secara umum program EMA2 SmartLink ini akan mendukung total 116 penerima beasiswa dari Asia ke Eropa dengan rincian 29 mahasiswa tingkat akhir, 26 mahasiswa pasca sarjana, 23 mahasiswa PhD, 13 mahasiswa PostDoctoral dan 25 staff akademisi atau administrasi. Kemudian untuk peserta dari Eropa ke Asia jumlahnya sekitar 44 orang dengan rincian 3 mahasiswa tingkat akhir, 3 mahasiswa pasca sarjana, 6 mahasiswa PhD, 7 mahasiswa PostDoctoral dan 25 staff akademisi atau administrasi.

Durasi dan Biaya yang Diberikan Untuk Penerima EMA 2 SmartLink

Berikut ini adalah durasi normal untuk masing-masing program pendidikan:

  • Mahasiswa tingkat akhir dan mahasiswa S2 (Master) mayoritas menghabiskan waktu hingga 10 bulan, meski ada beberapa yang hanya mengambil durasi 4 bulan saja.
  • Mahasiswa S3 (PhD) mayoritas mengambil durasi 10 bulan, tapi ada juga yang mengambil durasi 6 bulan hingga 27 bulan.
  • Mahasiswa Post-Doctoral biasanya mengambil durasi 6 sampai 10 bulan
  • Staf akademisi biasanya mengambil durasi 1 bulan, meski ada beberapa yang mengambil durasi 2 atau 3 bulan.

Kemudian untuk jenis beasiswanya sendiri, EMA 2 SmartLink ini termasuk beasiswa penuh dengan rincian sebagai berikut:

  1. Uang saku bulanan untuk masing-masing program pendidikan yaitu:
    • Mahasiswa tingkat akhir 1,000 euro
    • Mahasiswa pasca sarjana (S2) 1,000 euro
    • Mahasiswa doctoral (S3) 1,500 euro
    • Mahasiswa Post Doctoral 1,800 euro
    • Staff akademisi atau administrasi 2,500 euro
  2. Biaya pendidikan
  3. Tiket PP (pulang pergi) dari dan ke negara asal atau tiket kembali dari negara tujuan ke negara asal
  4. Biaya penggantian pembuatan visa
  5. Asuransi selama tinggal di negara tujuan

Nah, bagaimana, apa kamu berminat untuk mengikuti program Erasmus Mundus Action 2 SmartLink ini? Ayo wujudkan mimpimu untuk melanjutkan studi ke Eropa!


Untuk informasi lengkap mengenai Program Beasiswa SmartLink untuk kuliah di Eropa, klik di sini.