Study in Estonia

Study in Estonia

Last edited on 11 Aug 2022
Language





Selamat datang di Estonia!

Estonia adalah anggota Uni Eropa sejak bulan Mei 2004, mungkin berukuran kecil, tetapi mendapatkan kehormatan sebagai negara di dunia yang pertama kali menggunakan internet untuk melakukan pemilu di daerah – daerah terpencil. Bila kamu merencanakan untuk belajar di Estonia, kamu akan menyadari bahwa penduduk Estonia menggunakan informasi teknologi secara kreatif dalam kehidupan sehari – hari dan perpaduan mengagumkan antara sejarah dan kehidupan modern, tradisi dan teknologi. Sebagai tambahan, sebagian besar lembaga pendidikan tinggi menawarkan kuliah dalam bahasa Inggris dan menyambut hangat pelajar dan periset internasional.

Negara di sisi utara Eropa ini merupakan salah satu negara teraman dunia, juga terkenal akan keunggulannya di bidang internet dan teknologi digital, termasuk dalam negara yang pertama kali menggunakan kartu pengenal elektronik, sistem e- pemerintahan, e – kesehatan, e- sekolah , e – parking, - bisa kamu tambahkan sendiri, Estonia telah mengubahnya menjadi digital! Bahkan ada situs web yang didedikasikan untuk menjelaskan seluruh bagian dari ‘e-Estonia’

Teknologi terkenal yang bermula dari Estonia termasuk Skype, TransferWise, CrabCAD, Fortumo dan lainnya, dan kini negara tersebut juga dikenal dengan dengan budaya entrepreneur, tidak hanya di bidang digital. Semangat inovatif ini juga mempengaruhi para pelajar, ada berbagai inisiatif yang ditujukan untuk mendukung para pelajar mengembangkan ide mereka dan mengubahnya menjadi proyek riset di level sarjana hingga ke usaha komersial.


Sistem Pendidikan Tinggi

Sistem pendidikan tinggi Estonia memiliki dua tingkatan, mengikuti model sarjana – pasca sarjana dari Anglo-Saxon. Perkuliahan di level sarjana membentuk tingkat pertama dan pasca sarjana di tingkat ke dua. Di beberapa perkuliahan tertentu, program studi telah diintegrasikan menjadi satu tingkat.

Level I – tingkat sarjana

Level II – tingkat pasca sarjana

Level III – tingkat doktoral

Sebagai tambahan dari dua tingkat tersebut, program perkuliahan, kedokteran, kedokteran gigi, farmasi, kedokteran hewan, arsitek dan teknik sipil adalah perkuliahan dengan sistem gabungan dengan waktu belajar 5 – 6 tahun dengan kapasitas 300 – 360 kredit ECTS. Program dengan jangka waktu lebih panjang tersebut dinamakan program kuliah sarjana – pasca sarjana terintegrasi dan berdasarkan program terintegrasi yang terdiri atas pelajaran dasar dan spesialisasi lanjutan. Program untuk tingkat ini  disetarakan dengan kualifikasi tingkat pasca sarjana.

Perkembangan akademik diukur dengan poin kredit (ECTS credit). Poin Kredit adalah nilai total berdasarkan beban kerja pelajar. 1,5 poin kredit setara dengan 40 jam atau satu minggu perkuliahan. Poin kredit tidak berhubungan dengan waktu kuliah atau tugas lain dari anggota staff akademik. Beban kerja normal untuk rata – rata siswa selama satu tahun perkuliahan penuh adalah 40 minggu belajar ditambah dengan 60 ECTS poin kredit. Poin kredit hanya diberikan kepada pelajar yang lulus.