Media
Language

Meraih Gelar Magister di Denmark, Negara Monarki Tertua di Dunia

Last updated on 20 May 2018

photo-1513622019133-9050ec39da80.jpeg Picture by Nick Karvounis via Unsplash

Oleh Kukuh Wangsa Giaji

Denmark menempati posisi keempat daftar peringkat negara dengan sistem pendidikan tinggi terbaik di dunia. (The Universitas 21 Ranking, 2017)

Namun negara ini meraih posisi pertama dalam hal pengeluaran untuk riset penelitian dan pengembangan oleh lembaga perguruan tinggi.

Semua berkat keseriusan pemerintahnya dalam menginovasi sistem pendidikan untuk menghasilkan calon-calon pendidik, peneliti, dan praktisi yang unggul di era globalisasi ini.

Denmark adalah salah satu negara nordik yang terkenal dengan kesuksesan tersebut.

Negara kecil di Eropa ini telah menghasilkan banyak peraih nobel dalam berbagai bidang, termasuk menerima nobel perdamaian. Bagi kamu yang ingin meraih gelar magister, tidak ada salahnya menjadikan Denmark sebagai pilihan.

Berikut ini kami sajikan sejumlah fakta menarik kenapa kamu harus melanjutkan studi di Denmark.


Untuk daftar lengkap universitas di Denmark, klik di sini.


Kurikulum Pendidikan

Salah satu keunggulan pendidikan di Denmark adalah kurikulumnya yang berorientasi studi kasus untuk menghasilkan pelajar yang mampu memberikan solusi kreatif dan inovatif. Pendidikan menggabungkan sistem pengajaran dan penelitian dimana kelas akan lebih sering diisi dengan diskusi dalam kelompok kecil.

Mahasiswa akan dibentuk untuk berpikiran terbuka dan kritis terhadap pandangan global dalam berbagai isu. Pendidikan tinggi di Denmark juga berkolaborasi dengan lingkup bisnis dan lembaga penelitian untuk memperkaya ilmu, baik teoritis dan praktis. Selain itu, banyak program yang berorientasi internasional dengan menggunakan bahasa inggris.

Peluang Beasiswa

The Danish Government Scholarship merupakan salah satu lembaga yang menyediakan beasiswa bagi pelajar yang berasal dari negara non-EU/EEU. Tersedia beasiswa penuh atau sebagian, dan/atau tunjangan biaya hidup. Beasiswa ini sangat kompetitif karena hanya calon mahasiswa dengan rekam jejak akademis terbaik yang bisa meraih beasiswa ini. Sebagai contoh, penerima beasiswa dengan studi ilmu sosial sains, berkisar 5 orang per tahun. Beberapa pilihan beasiswa lain yang berasal dari Denmark bisa dilihat disini.

Peluang beasiswa lain bagi warga Indonesia adalah LPDP (Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan). Beberapa universitas di Denmark masuk dalam daftar LPDP, antara lain University of Copenhagen dan Aarhus University. Berdasarkan hasil riset yang dilakukan organisasi Economic Co-Operation and Development (OECD), Denmark berada di posisi pertama sebagai negara yang memberikan investasi besar pada dunia pendidikan di kawasan Skandinavia, dan terbesar kedua di dunia. Penelitian yang dilakukan OECD ini.


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Denmark, klik di sini.


Mahasiswa Internasional

Berdasarkan hasil riset dari CIRIUS pada tahun 2006, mahasiswa internasional di Denmark terpuaskan dengan sistem pendidikan disana. Sebanyak 92% merekomendasikan untuk belajar di Denmark, 75% mempertimbangkan untuk bekerja selepas menyelesaikan, dan 82% merasa bahwa Denmark merupakan negara yang aman.

Denmark sendiri memberikan izin bagi mahasiswa internasional untuk bekerja paruh selama 20 jam per-minggu dan bekerja penuh selama bulan Juni, Juli dan Agustus. Untuk mendapatkan izin ini pelajar harus mengajukan aplikasi ke Pusat Imigrasi Denmark agar mendapatkan legalisir berupa stiker khusus di paspor.

Universitas Terbaik

Berdasarkan hasil riset QS World University Rankings, beberapa universitas di Denmark meraih peringkat 400 terbaik di dunia. Salah satunya University of Copenhagen yang merupakan universitas tertua dan terbesar di Denmark. Adapun beberapa universitas lainnya, yaitu:

• Techincal University of Denmark (116)

• Aarhus University (119)

• Aalborg University (379)

• University of Southern Denmark (384)

Program-program yang ditawarkan di Denmark pun sangat beragam, seperti ilmu sosial, teknologi, bisnis dan ekonomi, manajemen, ilmu kesehatan, dan teknologi informasi. Program magister di Denmark umumnya memiliki daya tempuh selama dua tahun dengan kesempatan magang di perusahaan-perusahaan ternama.

Dalam laporan organisasi OECD, sebanyak 23% pelajar di Denmark lebih memilih program studi bisnis, administrasi dan hukum. Walaupun begitu, organisasi ini menyarankan bila ingin berkarir sebagai praktisi, baiknya memilih program sains, teknik mesin, teknologi informasi dan matematika (STEM).


Baca Juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk Kuliah di negara Denmark


Kehidupan Sosial

Berdasarkan hasil survey dari TotallyMoney, Denmark mengalahkan 23 negara di Eropa dalam segi keseimbangan hidup sosial dan bekerja (work-life balance). Dari survey tersebut juga didapatkan bahwa rata-rata penghasilan pekerja di Denmark sebanding dengan gaya hidup.

TotallyMoney menganalisis 24 negara di Eropa dengan mengukur indikator kebahagian, produktivitas, jam kerja dalam seminggu, total cuti, waktu yang digunakan untuk liburan, dan biaya hidup.

Sebagai pelajar, beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Denmark adalah berkayak, berenang, atau mengambil panorama alam dan arsitektur bangunan bersejarah di Denmark yang indah. Begitu banyak kesempatan dan peluang bagi pelajar internasional untuk mengembangkan potensi di kegiatan luar ruang.

Itulah fakta menarik Denmark yang menguntungkan kamu sebagai mahasiswa internasional. Tidak ada salahnya mempertimbangkan negara ini menjadi destinasi studi kamu selanjutnya.

Sudah siap berkuliah di Denmark?


Untuk informasi lebih lanjut mengenai kuliah di Denmark, klik di sini.