Media

Language

Jemput Masa Depanmu di 5 Universitas Pilihan Negara Jerman Ini

Last updated on 28 Oct 2017

Germany.jpg Sumber: pxhere.com

Oleh Dwi Septianingsih

Jerman merupakan salah satu negara yang difavoritkan pelajar Indonesia untuk menuntut ilmu. Tidak hanya itu, kerapian, keunikan, dan sejarah Jerman menjadi daya tarik tersendri yang membuat banyak wisatawan datang mengunjungi negara Uni Eropa ini.

Jika teman-teman adalah salah satu pelajar Indonesia yang tertarik untuk melanjutkan pendidikannya di Jerman, ada baiknya teman-teman mengenal sejumlah universitas yang ada di Jerman terlebih dulu.

1. Karlsruhe Insititute of Technology (KIT)

Karlsruhe Institute of Technology (KIT) atau yang di Jerman disebut Karlsruhe Institut für Technologie ini resmi didirikan pada tahun 2009 sebagai penggabungan dari Universitas Karlsruhe dan Karlsruhe Research Center (KRC). Universitas Karlsruhe didirikan pada tahun 1825, sementara KRC didirikan sebagai fasilitas penelitian nuklir, yang sebelumnya disebut Kernforschungszentrum Karlsruhe, pada tahun 1956.

Banyak tokoh yang lahir dari Universitas Karlsruhe, seperti Karl Friedrich Benz, insinyur mobil yang merancang "Benz Patent Motorcar", dan tokoh-tokoh pemenang Nobel enam pemenang Nobel, termasuk pemenang 1909 untuk fisika, Ferdinand Braun; Fritz Haber, yang memenangkan hadiah kimia pada tahun 1918; dan, yang terakhir, Herman Staudinger yang meraih gelar kimia pada tahun 1953.

2. Hochschule Hof - University of Applied Sciences: Technology, Business and Design

Didirikan pada tahun 1994, Hochschule Hof (Hof University of Applied Sciences) adalah lembaga perguruan tinggi yang terletak di kota Bavaria. Hochschule Hof (HS Hof) menawarkan kursus dan program yang memberikan gelar pendidikan tinggi yang diakui secara resmi seperti gelar sarjana dan gelar magister di berbagai bidang studi. Universitas yang berusia 23 tahun ini memiliki kebijakan penerimaan selektif berdasarkan catatan akademis dan nilai akademis siswa, termasuk bagi mahasiswa internasional.

3. University of Applied Sciences Würzburg - Schweinfurt

Universitas ini berdiri sejak 1402 dan termasuk yang tertua di Jerman. Terdiri dari 10 fakultas, universitas ini memiliki sekitar 28.000 siswa dan menawarkan studi akademis di bidang humaniora, hukum dan ekonomi, life science, dan ilmu pengetahuan dan teknologi alam. Sama halnya dengan Hochschule Hof, universitas yang didirikan kembali pada tahun 1960an setelah Perang Dunia II ini juga memiliki 14 alumni peraih Nobel. Salah satu diantaranya adalah Wilhelm Röntgen yang pada tahun 1901 memenangkan Hadiah Nobel dalam bidang Fisika untuk penelitiannya terhadap sinar-X. Sejak tahun 2004, Würzburg juga memiliki Graduates School yang memungkinkan kandidat doktor untuk melanjutkan belajar di universitas.

4. Jacobs University Bremen

Jacobs University adalah sebuah universitas swasta yang berlokasi di Bremen serta salah satu universitas internasional dan intercultural di Jerman. Kini, lebih dari 1.200 siswa dari lebih 100 negara tinggal dan belajar di kampus tersebut. Universitas Jacobs adalah universitas yang berorientasikan penelitian dan terakreditasi dengan portofolio program studi pra-sarjana, sarjana dan pascasarjana dari ilmu alam dan sosial, teknik dan ekonomi.

Visi universitas ini adalah menemani siswa melalui semua tahap proses pengembangan karir mereka agar bisa menjadi pemimpin masa depan. Oleh karenanya, pada tahun pertama studi, mahasiswa diminta secara aktif terlibat dalam penelitian dan menangani masalah dari berbagai perspektif.

5. Otto-von-Guericke Universitaat Magdeburg (OvGU)

Universitas Magdeburg (OvGU) didirikan pada tahun 1993 di Jerman, dan berfokus pada teknik, ilmu pengetahuan alam dan kedokteran. Universitas ini juga menawarkan gelar di bidang ekonomi, manajemen, ilmu sosial dan humaniora. Penelitian universitas Megdeburg berpusat pada ilmu saraf, yang sebagian besar dilakukan di Science Campus Center for Behavioral Brain Sciences. Sedangkan pada penelitian teknik, universitas berfokus pada struktur atap dan sistem dinamis di Center for Dynamic Systems. Untuk Fakultas kedokteran, mereka mengkhususkan diri pada imunologi dan pengobatan molekular peradangan.

Bagaimana, apakah teman-teman sudah menentukan pilihan? Jangan terburu-buru memilih, ya. Datanglah ke EHEF Exhibition dan dapatkan informasi sebanyak-banyaknya dari perwakilan-perwakilan universitas. Terus semangat!