Media

Language

Apa Itu Gates Cambridge? Yuk Cari Tahu!

Last updated on 09 Dec 2017

Gates.jpg Sumber: fscho.com

Oleh Kristantinova

Bagi kalian yang ingin melanjutkan studi S2 di Inggris dengan jalur beasiswa, apakah kalian pernah mendengar tentang Gates Cambridge sebelumnya? Pernah atau belum, Gates Cambridge adalah salah satu beasiswa yang harus kamu catat dalam daftar beasiswa yang ingin kamu kejar.

Gates Cambridge adalah program beasiswa yang diselenggarakan pertama kali pada Oktober 2000 melalui donasi dari Bill dan Melinda Gates kepada Universitas Cambridge. Donasi yang diberikan adalah 210 juta USD, yang juga merupakan donasi terbesar yang pernah diberikan kepada universitas di Inggris. Beasiswa ini diberikan kepada murid dengan nilai terbaik dari luar negara Inggris untuk melanjutkan studi S2 di jurusan apapun yang tersedia di Universitas Cambridge.

Kriteria yang harus dipenuhi oleh mereka yang ingin mendaftarkan diri pada program beasiswa ini antara lain adalah:

  1. Memiliki nilai akademik yang baik

  2. Memiliki jiwa kepemimpinan

  3. Memiliki komitmen untuk membuat lingkungan sekitar dan orang lain menjadi lebih baik

  4. Mampu meyakinkan The Trust (dewan program beasiswa Gates Cambridge) bahwa kamu masuk dalam standar kualifikasi beasiswa ini. Agar kamu dapat meyakinkan dewan The Trust, kamu harus melakukan riset mengenai jurusan yang ingin kamu ambil dan dapat menyampaikan argumenmu dengan baik.

Apabila kamu berhasil mendapatkan beasiswa Gates Cambridge, berikut adalah hal-hal yang dibiayai oleh beasiswa tersebut:

  1. Biaya kuliah

  2. Biaya hidup selama berkuliah di Cambridge (14.900 Poundsterling per tahun pada tahun 2017-2018)

  3. Biaya tiket pesawat ekonomi menuju dan dari Inggris pada saat memulai dan mengakhiri kuliah di Cambridge

  4. Biaya visa dan IHS (Immigration Health Surcharge)

Selain hal-hal tersebut diatas, dewan The Trust juga memiliki kebijakan untuk mempertimbangkan beberapa pendanaan tambahan seperti dana pengembangan akademik yang biayanya berkisar antara 500-2.000 poundsterling, biaya keluarga, biaya tak terduga, biaya melahirkan, dan lain-lain yang mana secara rinci bisa kamu lihat di sini.

Apabila kamu berencana untuk mendaftarkan dirimu mengikuti program beasiswa Gates Cambridge ini, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan yang mana antara lain adalah pernyataan tertulis sebanyak 3.000 karakter atau 500 kata tentang mengapa kamu pantas mendapatkan beasiswa Gates Cambridge. Perlu diingat bahwa pernyataanmu tersebut harus bisa mencakup kriteria-kriteria yang telah ditentukan oleh Gates Cambridge seperti yang telah disampaikan di atas.

Selain pernyataan tertulis, kamu juga harus memilih seorang referensi yang bersifat non-akademik untuk mendukung pernyataanmu. Kamu bisa memilih rekan kerja atau atasanmu di tempat kerja yang bisa memberikan pernyataan mengapa kamu pantas mendapatkan beasiswa Gates Cambridge.

Pemohon juga disarankan untuk tidak memilih keluarga, teman atau orang lain yang kurang memenuhi kualifikasi untuk menjadi referensi mereka karena ditakutkan kurang bisa memberikan pernyataan yang sesuai dengan kriteria Gates Cambridge.

Selain 2 hal tersebut, kamu juga harus mempersiapkan CV terbarumu dan bagi kamu yang mendaftar untuk PhD, kamu harus mempersiapkan proposal riset atau dokumen berisi rencana risetmu yang bisa menjadi bahan pertimbangan Gates Cambridge.

Jika kamu berencana untuk mendaftarkan diri mengikuti program beasiswa Gates Cambridge untuk tahun 2018, pendaftarannya masih dibuka untuk jurusan-jurusan tertentu hingga 8 Januari 2018. Kamu bisa mengecek jurusan-jurusan tersebut di sini.

Jadi, apalagi yang kamu tunggu? Segera daftarkan dirimu untuk berpeluang mendapatkan kesempatan studi dengan beasiswa di Universitas Cambridge!