Media

Language

7 Tips Untuk Merencanakan Weekend Getaway-mu!

Last updated on 25 Nov 2017

Planning your weekend trip.jpg

Oleh Kristantinova

Berkuliah di luar negeri tentu menjadi kesempatan bagimu untuk mengeksplorasi negara tempatmu menimba ilmu. Apabila pada hari biasa kamu disibukkan oleh aktivitas di kampus, kamu bisa memanfaatkan waktu luangmu di akhir pekan untuk melepas penat dengan berlibur. Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui untuk merencanakan libur akhir pekanmu.

1. Buatlah rencana perjalananmu dari jauh-jauh hari

Tentu kamu tidak ingin rencana liburan akhir pekanmu menjadi tidak menyenangkan karena jadwal yang berantakan, bukan? Maka dari itu, kamu harus menentukan kamu destinasi perjalananmu dan tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi dari jauh-jauh hari. Setelah menentukan destinasi perjalananmu, kamu bisa memulai mencari tiket dan tempat penginapan lebih awal sehingga harga yang kamu dapatkan juga lebih murah.

2. Cari informasi tentang tempat tersebut

Apabila kamu berencana pergi ke museum atau tempat bersejarah lainnya, pastikan kamu tahu harga tiket masuknya, jam operasionalnya, dan hari-hari tertentu dimana museum tersebut tutup. Apabila kamu berencana untuk pergi relaksasi di spa, pastikan kamu telah memesan jadwal untuk akhir pekan karena biasanya tempat-tempat seperti itu akan ramai di akhir pekan. Selain itu, cari tahu juga mengenai diskon-diskon yang ditawarkan oleh berbagai tempat dengan memperlihatkan kartu identitas mahasiswamu. Kamu bisa cek diskon-diskon menarik di situs StudentRate.

3. Tentukan tempat menginapmu

Jika kamu berencana pergi ke luar kota, carilah tempat menginap yang strategis. Hostel dapat menjadi pilihan menarik bagi kamu mahasiswa dengan uang yang terbatas. Kamu bisa mencari hostel di situs HostelWorld dan melihat ulasan dari orang-orang yang pernah menginap.

4. Cari perbandingan ketika memilih akomodasi dan transportasi

Kamu bisa masuk ke situs-situs yang menyediakan berbagai pilihan penerbangan dan penginapan sehingga kamu bisa mendapatkan penawaran terbaik yang sesuai dengan budget dan jadwal liburanmu. Situs-situs yang bisa kamu kunjungi adalah BookingBuddy, Skyscanner, dan Vayama yang dapat memberikanmu banyak pilihan dan perbandingan antara satu penerbangan dengan yang lain. Jika danamu terbatas, kamu bisa mencoba RyanAir atau EasyJet yang menawarkan penerbangan dengan harga yang relatif murah dan bersahabat dengan kantong mahasiswa.

5. Tentukan transportasi yang akan kamu gunakan dan cari tahu jalan menuju destinasimu

Hal ini penting agar waktumu tidak habis di jalan karena tersesat, dan kamu bisa lebih memiliki banyak waktu menikmati tempat tersebut. Pelajari rute-rute kereta bawah tanah dan bus agar kamu bisa menyesuaikan rute perjalananmu dengan rute transportasi yang kamu gunakan. Dengan begitu, kamu tidak hanya menghemat waktu tempuhmu tetapi juga biaya transportasimu. Jika berencana untuk menggunakan taksi, kamu harus memastikan dari awal tarif apa yang akan kamu gunakan antara menggunakan argo atau tarif yang kamu dan supir taksi sepakati di awal. Jika kamu tidak memastikan harga dari awal, terkadang supir taksi akan mematok harga tinggi saat kamu mau turun.

6. Tentukan partner jalan-jalanmu

Tetapi jika kamu lebih senang pergi dengan teman-teman dibandingkan sendirian, kamu harus sudah menentukan dengan siapa kamu akan pergi dan mencocokkan jadwal pergimu dengan partnermu tersebut. Apabila kamu lebih suka menginap di hotel, kamu bisa berbagi kamar dengan teman-temanmu sehingga harga sewa hotelmu bisa lebih terjangkau.

7. Cari tahu mengenai tempat makan enak yang ada disana

Lakukan research mengenai tempat-tempat makan yang recommended. Selain tempat makan mana saja yang enak, kamu juga bisa tahu tempat makan mana yang mahal dan mana yang murah. Jangan sampai kamu salah memilih tempat makan, entah karena tidak enak, tidak sesuai dengan budget kamu atau bahkan keduanya. Kamu bisa mengecek ulasan tempat makan tersebut di Zomato atau mencari rekomendasi tempat makan di situs-situs seperti Travel + Leisure dan TripSavvy.

Setelah semua perencanaan liburanmu selesai, alangkah lebih baik jika kamu menyelesaikan semua tugas-tugas dari kampus yang harus kamu kerjakan dan tenggat waktu kumpulnya sudah dekat. Kamu bisa menikmati libur akhir pekanmu dengan tenang tanpa perlu memikirkan tugas yang belum selesai. Jadi, persiapkan liburanmu sedini mungkin!