Media
Language

Inilah Berbagai Beasiswa yang Akan Membawamu Kuliah Di Jerman

Last updated on 16 Feb 2019

Artikel 18 Feb 2018.jpg Source: Pexels

Oleh Nurchalimah

Jerman menjadi salah satu negara di Eropa yang menjadi destinasi populer di kalangan mahasiswa internasional. Meski begitu, kuliah di Jerman dan negara lain di Eropa tidaklah mudah, khususnya dalam hal biaya. Nah, kamu yang berminat untuk kuliah di Jerman, tidak perlu khawatir karena berikut ini ada beberapa beasiswa yang akan membawamu kuliah di Jerman (selain beasiswa DAAD);


Punya pertanyaan seputar kuliah di Jerman? Yuk, ikuti Webinar "Study in Germany"! Untuk informasi mengenai registrasi dan detail lainnya, klik di sini.


IGSP (Indonesia-German Scholarship Programme)

Program beasiswa yang satu ini merupakan kerja sama antara pemerintah Indonesia dan Jerman. IGSP ini diperuntukkan bagi para dosen tetap perguruan tinggi Indonesia yang ada dalam lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Sebagai informasi saja, beasiswa ini hanya tersedia untuk jenjang pendidikan S3 di Jerman. Usia maksimal untuk apply beassiwa ini adalah 50 tahun dan kamu harus memiliki skor IBT minimal 80 atau IELTS minimal 6.0.

Bagi pelamar yang lolos seleksi wawancara akan mengikuti pelatihan bahasa Jerman di Goethe Institut Jakarta selama kurang lebih 3 bulan.Kamu berminat? Kamu bisa mendapat informasi lebih lanjut mengenai beasiswa ini di laman resmi RISTEKDIKTI.


Daftar beasiswa untuk Kuliah ke Jerman, klik di sini.


Erasmus + (Erasmus Mundus)

Erasmus+ adalah program beasiswa yang program sebelumnya yaitu Erasmus Mundus. Beasiswa ini didanai oleh European Comission untuk mensubsidi biaya program pendidikn, pelatihan, pemuda dan olahraga. Erasmus+ ditawarkan kepada sekitar 160 negara di luar kawasan Uni Eropa untuk menempuh studi di negara-negara Uni Eropa termasuk Jerman. Secara keseluruhan beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya perjalanan, tunjangan bulanan, biaya akomodasi dll. Berikut ini adalah besaran nilai beasiswa untuk beberapa program yang tercakup dalam Erasmus+:

  • 24.000 euro per orang untuk program EMJMD 1 tahun dan 48.000 euro per peserta untuk program EMJMD 2 tahun.
  • 60.000 euro hingga 130.000 euro per orang untuk program EMJD (3 tahun)
  • 4.800 euro per orang untuk program mengajar atau penelitian selama maksimal 3 bulan.

Info lebih lengkap, kamu bisa mengunjungi laman resmi Erasmus+.


Untuk melihat universitas-universitas yang ada di Jerman, klik di sini.


LPDP

Beasiswa yang satu ini disediakan oleh pemerintah Indonesia untuk WNI yang ingin menempuh pendidikan S2 dan S3 di dalam dan luar negeri. Secara keseluruhan beasiswa ini menanggung biaya hidup dan biaya kuliah untuk penerima beasiswa. Namun sebelum melaksanakan studi, kamu harus mengikuti training kepemimpinan dan pembekalan terlebih dahulu ya.

Selain itu, hampir semua bidang studi dipioritaskan dalam beasiswa ini. Jadi kesempatan untuk mendapatkan beasiswa LPDP sangat terbuka untuk siapapun. Namun perlu kamu ingat, peminat beasiswa ini sangat besar lho. Jadi persaingan untuk mendapatkan beasiswa LPDP juga sangat ketat meskipun faktanya tidak ada batasan kuota untuk beasiswa ini. Info selengkapnya bisa kamu dapatkan di laman resmi LPDP.


Baca juga: Informasi mengenai Beasiswa LPDP


Beasiswa dari Universitas dan Non Pemerintah

Selain tiga beasiswa di atas, faktanya kamu juga bisa apply beasiswa yang disediakan oleh universitas dan non pemerintah sebagai berikut:

1. Friedrich Ebert Stiftung (FES)

Beasiswa yang satu ini diberikan kepada mahasiswa yang sudah berada di Jerman. FES sendiri merupakan sebuah organisasi yang berkaitan erat dengan Partai Sosial Demokrat Jerman SPD. Khusus untuk beasiswa FES ini, kemampuan bahasa Jerman menjadi salah satu syarat utama ya. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai beasiswa ini, bisa dicek di laman ini.

2. Friedrich Naumann Stiftung (FNS)

Beasiswa FNS ini terkait dengan Partai Liberal FDP yang diperuntukkan bagi mahasiswa internasional yang terdaftar dalam program master (S2) di Jerman. Dana bantuan yang diberikan mencapai 850 euro per bulan dengan durasi minimal dua semester dan maksimal satu tahun, tapi penerima beasiswa boleh mengajukan lagi untuk tahun berikutnya (jika diperlukan). Deadline aplikasi pada 30 April dan 31 Oktober setiap tahunnya. Kamu bisa cek lebih lengkap informasinya di sini.

3. Heinrich Boll Stiftung

Nah, beasiswa yang satu ini berkaitan dengan Partai Hijau di Jerman. Setiap tahunnya beasiswa yang didanai oleh Heinrich Boll Foundation ini dibuka dalam dua gelombang pendaftaran yaitu awal Maret dan September. Untuk proses aplikasi dan informasi lainnya bisa di temukan di sini.

Selain ketiga beasiswa di atas, masih ada beberapa beasiswa lain seperti Konrad Adenauer Stiftung (KAS), Master International Media Studies DW Akademie, KAAD Scholarship, dan FRIAS Cofund Fellowship Programme yang bisa kamu coba.

Untuk mendapat informasi lain mengenai beasiswa dari universitas di Jerman, kamu juga bisa mencari tahu di sini. Ayo wujudkan mimpimu untuk kuliah di Jerman!


Informasi lebih lanjut tentang kuliah di Jerman, klik di sini.