Language

Fakta-Fakta Romania

Last updated on 15 Aug 2020
Fakta-Fakta Romania

Negara yang beribukota di Bucharest ini, mungkin tidak seterkenal negara Eropa lainnya. Namun, hati-hati dengan kekayaan dan keunikan sejarahnya karena dapat membuat kalian jatuh cinta dan sangat ingin mengeksplorasi setiap detailnya. Penasaran dengan negara Romania?

  1. Nama ”Rumania” berasal dari kata Latin ”Romanus” yang berarti” warga Kekaisaran Romawi.”
  2. Drakula sebenarnya (Vlad Draculea) bernama Vlad Tepes (Vlad the Impaler). Ia adalah seorang pangeran Romania dan pemimpin militer. Count Dracula sendiri – Vampir – diciptakan oleh penulis Irlandia, Bram Stoker pada tahun 1897.

bran-castle.jpg

Bran Castle Dracula Transylvania Romania

  1. Pada tahun 2002 di barat daya Rumani, tepatnya di Gua Bones, ditemukan sebuah fosil homo sapiens. Fosil ini diperkirakan berusia 37.800 hingga 42.000 tahun dan merupakan homo sapiens tertua yang pernah ditemukan.
  2. Romania dikenal karena memiliki salah satu populasi gipsi terbesar di Eropa.
  3. Selain itu, Romania juga merupakan negara terkaya Eropa dalam sumber daya emas.
  4. Museum tambang garam terbesar di dunia berada di Romania. Tepatnya berada di tambang garam tua, Turda (Salina Turda), yang berlokasi di Tranylvania. Awalnya didirikan pada abad ke 17, tambang besar ini sepenuhnya buatan tangan dan mesin bukan dengan bahan peledak. Pengunjung akan dibawa turun jauh di bawah hampir 400 kaki ke dalam bumi untuk menyaksikan sejarah perdagangan dari tambang ini.

1082136045.jpeg

  1. Tau tidak kalian kalau penemu insulin pertama berasal dari Romania, Nicolae Paulescu? Namun pada awalnya insulin dinamainya sebagai pancreine. Walaupun ilmuwan asal Kanada yang dianugerahi hadiah Nobel pada tahun 1923 untuk studi mereka mengenai insulin, Paulescu telah mempelopori obat diabetes yang sepatutnya diakreditasi.
  2. Bahasa Rumania yang saat ini dituturkan oleh lebih dari 25juta orang telah berusia 1.700 tahun
  3. Setiap 1 Maret, Romania akan merayakan awal musim semi dengan cara yang unik. Dimana untuk menunjukkan rasa persahabatan, rasa hormat atau kekaguman mereka, pria maupun anak laki-laki akan memberikan ”Martisor” pada (perempuan) anggota keluarga, teman ataupun rekannya. Martisor adalah perhiasan kecil yang melekat pada renda putih atau merah sebagai tanda untuk cinta dan putih untuk kejujuran. Tradisi ini konon berasal dari zaman Romawi.
  4. Patung Raja Dasia Decebal, diukir di pinggir tebing sungai Danube, adalah patung batu tertinggi di Eropa (135 kaki). Monumen tersebut merupakan simbol dari sifat keras kepala, keberanian dan kebanggaan. Patung tersebut merupakan penghormatan kepada raja terakhir dari Dacia (Rumania), dari Prof. Dr. Giuseppe Constantino Dragan.
  5. Bahan sandwich yang terkenal di Amerika, Pastrami, berasal dari Romania. Romania kecil di Manhattan adalah lingkungan di dalam lingkungan yang terselip di blok yang terhubung dengan East Houston Street, Allen
  6. Street, Grand Street, dan Bowery. Ketika penulis kelahiran Rumania Marcus Ravage tiba di New York pada tahun 1900, ia menemukan daerah tersebut telah berkembang; restoran telah dibuka di mana-mana, dan toko makanan
  7. Rumania pertama menampilkan “goose-pastrama and kegs of ripe olives“. 14. Dengan berjalannya waktu Rumania kecil telah tersebar di tahun 1940-an, kemudian penduduk New York dari setiap latar belakang etnis mengklaim pastrami senagai warisannya.

Referensi :

http://romaniatourism.com/did-you-know.html

Sumber Foto :

https://41.media.tumblr.com/57e267934c428df665ad4bf47d51abb4/tumblr_ndj38lwpw41rhvln2o1_500.jpg

https://deanoworldtravels.files.wordpress.com/2011/12/bran-castle.jpg

http://api.ning.com/files/DtcI2O2Ry7ALw9*o63AJG5BYrEnqgMdWEzlTa19Vhf0iSYHLBkwfKTQ6pvreXjimLIBXS7swaQ-NmRNJ8b05OM6cX73SRuuw/1082136045.jpeg

http://romaniatourism.com/images/splash-castles-rasnov.jpg