Media
Language

5 Fakta yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Studi ke Jerman

Last updated on 26 Sep 2018

Artikel 4 Mar.jpg Photo by Picography on Pexels

Oleh Kristantinova


Ingin kuliah di Jerman? Ikuti Webinar (seminar online) "Study in Germany" dan dapatkan kesempatan untuk berbicara langsung dengan representatif dari 15 universitas dan institusi pendidikan Jerman! Untuk registrasi dan informasi lebih lanjut mengenai Webinar ini, klik di sini!


Apakah kamu berencana untuk melanjutkan studi ke Jerman? Atau mungkin kamu sebentar lagi akan berangkat untuk studi ke Jerman? Sebelum berangkat, ada beberapa fakta menarik mengenai Jerman yang harus kamu ketahui sebagai mahasiswa internasional agar perjalanan studimu di Jerman berjalan lebih baik.

Fakta #1: Ketepatan waktu adalah nomor satu di Jerman

Masyarakat di Jerman memang dikenal dengan ketepatan waktunya. Jadi pastikan ketika kamu berada disana dan berjanji untuk bertemu dengan seseorang pada pukul 3 sore, datanglah tepat pukul 3 sore.

Disiplin waktu ini berlaku untuk semua orang dan semua situasi, baik untuk bertemu dengan dosen maupun bertemu dengan teman di kafe. Jika kamu terlambat kamu akan dianggap tidak sopan.

Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi murid internasional terutama dari negara seperti Indonesia yang tingkat ketepatan waktunya tidak sedisiplin di Jerman. Jadi, pastikan kamu terbiasa untuk tepat waktu ya ketika berada disana.


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Jerman, klik di sini.


Fakta #2: Kamu bisa mengunjungi negara lain dengan mudah

Jerman berbatasan dengan 9 negara Eropa lainnya, yang antara lain adalah Denmark, Polandia, Republik Ceko, Austria, Swiss, Perancis, Belgia, Luksemburg, dan Belanda. Kamu bisa mengunjungi Belgia dan Belanda dengan sangat mudah menggunakan beberapa pilihan moda transportasi seperti kereta, bus, dan bahkan sepeda.


Baca juga: Kota-kota terpopuler untuk Kuliah di Jerman


Fakta #3: Tempat sampah yang bervariasi

Selain ketepatan waktu, ada hal lain yang juga dianggap sebagai hal yang sangat serius bagi masyarakat Jerman yaitu mendaur ulang. Kamu akan menemukan tempat sampah dengan berbagai macam warna dengan klasifikasi sampah yang berbeda-beda. Pada awalnya mungkin kamu tidak terbiasa, tetapi pastikan kamu membuang sampah sesuai dengan klasifikasinya.

Fakta #4: Hari Minggu adalah harinya untuk hibernasi

Waktu di hari Minggu menjadi waktu bagi masyarakat Jerman untuk beristirahat di rumah dan tidak banyak melakukan aktivitas di luar rumah. Kebanyakan toko-toko akan tutup di hari Minggu dan kamu beruntung jika ada teman yang mau kamu ajak pergi nongkrong di hari Minggu karena kebanyakan murid yang berasal dari Jerman akan menghabiskan waktu bersama keluarganya di rumah.

Jadi, manfaatkan waktumu di hari Minggu untuk beristirahat setelah sibuk belajar dan mungkin bekerja paruh waktu di hari Senin sampai Sabtu.


Universitas Populer di Jerman: Berlin School of Economics and Law . Punya pertanyaan mengenai kuliah di universitas ini? Ingin bertanya langsung kepada perwakilannya? Ikuti Webinar Series - Study in Germany!


Fakta #5: Jangan membuang botol air kemasanmu

Hal ini masih berhubungan dengan kegiatan daur ulang yang diterapkan oleh masyarakat Jerman. Jika kamu membeli air mineral kemasan jangan buang bekas botolnya. Kamu bisa mendapatkan 25 sen jika kamu mengembalikan botol tersebut ke toko tempat kamu membeli air minum tersebut. Botol bekas yang dikembalikan nantinya akan didaur ulang.

Nah, itu tadi beberapa fakta menarik mengenai Jerman. Jadi, apakah kamu sudah siap untuk mendapatkan pengalaman langsung belajar di Jerman?


Untuk informasi lebih lanjut tentang Kuliah di Jerman, klik di sini.