Language

Beasiswa Chevening Akan Mewujudkan Mimpimu Untuk Kuliah di Inggris

Last updated on 29 Mar 2024
Beasiswa Chevening Akan Mewujudkan Mimpimu Untuk Kuliah di Inggris

Artikel 16 UK.jpg

Oleh Nurchalimah


Inggris Raya merupakan gabungan dari 4 negara yaitu Inggris, Skotlandia, Wales dan Irlandia Utara. Dari segi pendidikan, Inggris Raya berhasil menjadi salah satu negara yang memiliki sistem pendidikan yang berkualitas dan menjadi destinasi favorit pelajar atau mahasiswa/i dari penjuru dunia.

Sebagai contoh, ada total 45 universitas dari Inggris Raya yang masuk dalam 400 jajaran universitas terbaik di dunia di tahun 2015-2016. Rinciannya, 16 universitas berhasil menembus 100 besar dan 3 universitas masuk dalam 10 besar universitas terbaik. Ketiga universitas tersebut adalah Imperial College London di peringkat 8, University of Cambridge di posisi 4 dan University of Oxford di posisi ke-2.

Memiliki deretan universitas terbaik di dunia, sistem pendidikan di Inggris Raya terus berkembang dan menjaga reputasi di mata dunia. Saat kamu belajar di Inggris, maka kamu tidak hanya menghadiri kelas tapi juga berinteraksi melalui diskusi, seminar dan proyek-proyek. Lingkungan pendidikan di sana juga dibangun untuk membantu mahasiswa/i untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreativitas dan kepercayaan diri.

Selain itu, jika kamu berhasil menjadi mahasiswa/i di salah satu universitas terbaik di Inggris, maka kamu akan mendapatkan fasilitas terbaik untuk riset kelas dunia. Sistem pendidikan di sana juga akan membantu kamu untuk mengembangkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam berkomunikasi dengan bahasa inggris. Tentunya kamu tahu bahwa kemampuan berbahasa inggris ini sudah menjadi nilai plus saat kamu masuk ke dunia kerja.

Namun, sayangnya untuk kuliah di luar negeri seperti Inggris tidaklah semudah yang kamu bayangkan. Ada banyak faktor yang mungkin bisa menjadi penghalang mimpimu untuk bisa menempuh studi di Inggris. Salah satu masalahnya adalah biaya kuliah dan biaya hidup di Inggris yang terbilang cukup tinggi. Tapi, tentu selalu ada jalan menuju Roma. Jangan biarkan mimpimu terhalang oleh sesuatu yang sebenarnya bisa kamu selesaikan. Masalah biaya ini bisa dipecahkan dengan beasiswa.

Beasiswa Chevening

Beasiswa Chevening adalah beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah Inggris kepada sekitar 160 negara di dunia dan berhasil menjadi salah satu program beasiswa yang sangat prestisius. Beasiswa ini didanai oleh FCO serta organisasi partnernya dan diperuntukkan bagi lulusan S1 yang akan melanjutkan studi S2 di Inggris.

Mengingat, beasiswa Chevening sangat populer maka bisa dipastikan persaingan yang muncul akan sangat banyak. Setiap tahun beasiswa ini diberikan kepada sekitar 700 orang dari 160 negara. Beasiswa Chevening khusus menjaring individu berbakat yang memiliki potensi leadership. Program beasiswa ini bertujuan mencari pemimpin-pemimpin masa depan dari seluruh dunia untuk berkembang secara profesional dan akademis.

Secara keseluruhan beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, tiket perjalanan, biaya penyusunan thesis, dan uang saku bulanan. Kamu tertarik dengan beasiswa ini? faktanya, ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi sebelum kamu apply beasiswa Chevening. Simak daftar kriterianya berikut ini:

  1. Warga negara dari salah satu negara yang eligible terhadap beasiswa ini
  2. Lulusan S1
  3. Memiliki pengalaman kerja minimal 2 tahun
  4. Belum pernah menerima beasiswa dari pemerintah Inggris sebelumnya
  5. Memenuhi persyaratan bahasa Inggris Chevening (TOEFL/IELTS/SAT)
  6. Memiliki surat penerimaan setidaknya dari salah satu kampus yang kamu pilih

Setelah melihat kriteria-kriteria di atas, apakah kamu memenuhi kriteria yang ditentukan? Jika iya, ayo berjuang dan wujudkan mimpimu untuk bisa menempuh studi di Inggris.