Language

Apa itu Program Semester Pra-Universitas?

Last updated on 28 Oct 2020
Apa itu Program Semester Pra-Universitas?

IMG_9331.PNG

Oleh Nurul Hardiyanti

Lewat program ini, pelajar internasional dilatih dalam penyesuaian diri dengan kehidupan di Eropa serta membuat peluang diterima universitas papan atas di benua tersebut semakin besar.

Salah satu opsi yang popular di kalangan pelajar internasional yang tertarik untuk bersekolah di universitas papan atas Eropa adalah program Semester Pra-Universitas.

Program ini ditawarkan kepada pelajar internasional yang telah menyelesaikan masa studinya di Sekolah Menengah Atas dan akan melanjutkan ke perguruan tinggi di Eropa.

Lewat program ini, pelajar internasional dilatih dalam penyesuaian diri dengan kehidupan di Eropa serta membuat peluang diterima di universitas semakin besar. Pelajar akan diberikan bekal tentang pengetahuan teknis tentang berbagai negara serta kompetensi lain seperti bahasa yang dibutuhkan nantinya.

Salah satu universitas yang menjalankan program ini adalah Universidade NOVA de Lisboa.

Setiap semesternya, Universidade NOVA de Lisboa membuka pendaftaran bagi seluruh pelajar internasional dari luar Uni Eropa. Program yang ditawarkan adalah Reading Club dan kelas bahasa Portugis dan Inggris. Selain itu pelajar dapat memperdalam keahlian dan antusiasmenya pada tiga mata pelajaran yaitu matematika, hubungan internasional atau ilmu politik, dan ekonomi mikro atau sistem informasi.


Info lengkap mengenai Beasiswa LPDP, klik di sini.


Program Semester Pra-Universitas ini dianggap sangat penting karena proses penerimaan Universitas papan atas di Eropa sangat selektif.

Jika mengikuti program ini, Anda akan berkesempatan menghabiskan satu semester di Lisbon, merasakan bagaimana hidup di sana dan mempelajari sejarah serta budaya Portugal yang menarik sebelum akhirnya benar-benar masuk ke perguruan tinggi di Eropa.

Cara mendaftar progam Semester Pra-Universitas di Universidade NOVA de Lisboa yaitu Anda diwajibkan mengisi formulir terlebih dahulu, kemudian mengirimkan motivation letter untuk bergabung pada program ini, sertakan juga transkrip akademik, fotokopi paspor, dan sertifikat kompetensi dalam berbahasa Inggris. Jika ada, lampirkan juga surat referensi agar aplikasi Anda semakin meyakinkan.


Info lengkap mengenai Beasiswa Erasmus+, klik di sini.


Sebagai informasi, biaya hidup di Lisbon cenderung lebih rendah daripada sebagian besar ibu kota atau negara lain di Eropa. Kira-kira biaya hidup di Lisbon 34 persen lebih rendah dibandingkan di London. Lisbon termasuk 30 kota teratas di dunia yang terjangkau menurut QS Best Student Cities 2018.

Jika diperkirakan, biaya hidup di Lisbon selama sebulan penuh, tidak termasuk akomodasi sebesar € 545 (US $ 650). Sedangkan biaya menyewa apartemen satu kamar di pusat kota dikenai biaya sekitar € 770 (US $ 915) per bulannya.

Lisbon juga menjadi salah satu kota teraman di dunia dengan indeks keamanan tinggi pada Numbeo 67.41, Selain itu, perlu dicatat bahwa Lisbon mencapai skor tinggi untuk berjalan sendirian di indikator keselamatan malam dalam indeks.


Temukan daftar beasiswa kuliah di Eropa, di sini.


Selain di Lisbon, sebagian besar universitas di Belanda juga memiliki program Semester Pra-Universitas seperti di University of Amsterdam, Vrije Uversiteit (VU) Amsterdam, Delft University of Technology, Eindhoven University of Technology, University of Groningen, Erasmus University Rotterdam, dan Wageningen University.

Nah, bagi Anda yang ingin diterima di universitas papan atas di Eropa sebaiknya mempertimbangkan untuk ikut dalam program Semester Pra-Universitas. Dengan begitu, kesempatan Anda akan semakin besar dan pengalaman yang didapat nantinya akan semakin beragam pula.


Untuk info lengkap kuliah di Eropa, klik di sini.