Study in Turkey

Study in Turkey

Last edited on 20 Jan 2020
Language





Selamat datang di Turki!

Turki adalah negara tujuan wisata yang terkenal, dikunjungi hampir 40 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2015 berdasarkan Investasi Turki, membawa negara ini menjadi tujuan wisata ke enam  terpopuler di dunia. Selain jumlah wisatawan yang berkunjung, jumlah pelajar internasional yang belajar di Turki juga berlipat ganda sejak tahun 2006, menandakan bertambah pentingnya Turki di kancah pendidikan tinggi. Pada tahun akademik 2015 – 16, terdapat sekitar 48.000 pelajar asing di Turki. Motivasi untuk belajar di Turki dapat berupa kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang tidak mahal dan berkualitas, beasiswa yang juga menanggung kebutuhan bulanan, tempat tinggal dan biaya pendidikan, biaya asuransi dan biaya perjalanan. Pemerintah Turki ingin memperluas popularitas negara ini di pasar pendidikan Internasional, menargetkan 100.000 pelajar di tahun 2018.


Sistem pendidikan tinggi

Sistem pendidikan tinggi di Turki berada di bawah pengawasan dan kontrol negara, yaitu Badan Pendidikan Nasional. Berdasarkan Perundang – undangan Republik Turki, setiap orang berhak mendapatkan pendidikan. Pendidikan diwajibkan bagi anak berusia 6 hingga 14 tahun dan bebas biaya di sekolah – sekolah negeri. Angka kehadiran Sekolah Dasar di negeri ini mencapai 98 persen.

Tahun akademik di institusi pendidikan Turki biasanya dimulai di pertengahan September atau awal Oktober dan berlanjut hingga Mei atau akhir Juni. Juga ada libur musim dingin selama dua minggu di bulan Februari.

Jenis – jenis Institusi Pendidikan Tinggi

Universitas Negeri (Devlet Universiteleri): Sistem Perguruan Tinggi di Turki diatur oleh Sewan Pendidikan Tinggi (YOK). Turki memiliki 104 universitas negeri dan 62 perguruan tinggi swasta. (keseluruhan terdapat 166 institusi pendidikan tinggi), 5 diantaranya berlokasi di Republik Cyprus Utara Turki. Terpisah dari perguruan tinggi negeri dan swasta, 8 sekolah tinggi kejuruan melayani permintaan pasar.

Pada umumnya, pendidikan sarjana membutuhkan empat tahun di perguruan tinggi, tapi beberapa bidang studi seperti kedokteran (6 tahun), kedokteran gigi (5 tahun), dan ilmu kedokteran hewan (5 tahun). Lulusan SMU di Turki langsung meneruskan kuliah sesuai bidang pilihan mereka seperti kedokteran, hokum, kedokteran gigi, dan lainnya. Tidak ada pemungutan biaya di sekolah sekolah negeri (devlet universitesi); mahasiswa hanya membayar biaya pokok. Pelajar wajib lulus ujian Masuk Perguruan Tinggi secara nasional (OSS) untuk masuk universitas. Lulusan program 4 tahun mendapatkan gelar Sarjana (Lisans Diplomasi).

Bahasa pengantar di beberapa perguruan tinggi negeri adalah bahasa Inggris, Jerman atau Perancis. Karena itu korespondensi dengan staf universitas dan pendaftaran fakultas dapat dilakukan dalam Bahasa Inggris, Jerman atau Perancis. Pada umumnya bahasa pengantas di perguruan tinggi negara adalah bahasa Turki. Ketika ujian masuk universitas, tidak diharuskan memahami bahasa Turki. Bila peserta ujian yang lulus hanya memahami sedikit bahasa Turki, akan disarankan untuk mengikuti satu tahun pelajaran dasar bahasa Turki untuk menjadi lebih fasih.

Program tingkat Pasca Sarjana terdiri atas program master dan doctoral, dikoordinir oleh institusi di perguruan tinggi. Program Spesialis Kedokteran dilaksanakan dalam fakultas kedokteran dan praktek di laksanakan di rumah sakit milik Badan Institut Kesehatan daj Jaminan Sosial (SGK)

Sekolah Tinggi Kejuruan (Meslek Yuksek Okulları): Menawarkan dua tahun program matrikulasi setelah lulus dari sekolah menengah umum, program ini hampir sama dengan community colleges di Amerika. Perbedaannya adalah pelajar tidak dengan mudah di transfer ke program pendidikan 4 tahun seperti di Amerika karena tidak banyak program pendidikan 4 tahun. Lulusan pendidikan 2 tahun harus mengambil Ujian Transfer Vertikal (Dikey Gecis Sinavi) dan memiliki IPK yang tinggi untuk dapat mendaftar di pendidikan 4 tahun. Lulusan program pendidikan 2 tahun mendapatkan gelar Associate’s atau Gelar Pra Sarjana (On Lisans Diplomasi).

Perguruan Tinggi Swasta atau Yayasan Perguruan Tinggi (Ozel / Vakif Universiteleri): Di Turki, yayasan swasta mendapatkan hak untuk mendirikan dan mengembangkan perguruan tinggi pada tahun 1984. Mereka terselenggara dengan tujuan utama menciptakan pusat pendidikan tinggi dan riset unggulan. Universitas swasta berinisiatif untuk menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan dan riset global.

Bahasa pengantar sebagian besar perguruan tinggi swasta adalah bahasa Inggris. Hampir semuanya memiliki program bahasa Inggris satu tahun bagi pendaftar yang tidak fasih berbahasa Inggris.

Perguruan tinggi swasta memungut biaya berkisar antara USD 6,000-20,000. Mereka juga menawarkan bantuan keuangan yang memadai; lebih dari 40% pelajar mendapatkan bantuan keuangan.