Media
Language

6 Hal Yang Hanya Bisa Kamu Temukan di Turki

Last updated on 23 Oct 2018

photo-1507691640734-887fa7be3377.jpeg Photo by Samuel Wong via Unsplash

Oleh Kukuh Wangsa Giaji

Tahukah kamu jika Turki memiliki 13 tempat bersejarah yang masuk dalam daftar World Heritage UNESCO, dan Istanbul merupakan kota yang terdiri dari dua benua, yaitu Asia dan Eropa?

Bahkan, bunga tulip yang menjadi simbol Negara Belanda sebenarnya pertama kali diimpor dari Turki pada abad ke enam belas.

Nilai historis dan lokasi unik inilah yang menjadikan Turki tidak hanya sebagai destinasi pariwisata tetapi tujuan studi juga.

Berikut kami sajikan apa saja hal yang hanya bisa kamu temukan selama studi di Turki!


Untuk daftar universitas di Turki, klik di sini.


1. Masjid Biru Sultan Ahmed, Istanbul

Masjid ini terletak di wilayah tertua ibu kota, Turki, Istanbul. Nama masjid ini sendiri diambil dari nama pendirinya, yaitu Sultan Ahmed I yang diperkirakan dibangun diantara tahun 1609 dan 1616, dengan waktu 7 tahun pembuatan.

Masjid Biru Sultan Ahmad sendiri memiliki reputasi sebagai landmark bersejarah yang paling sering dikunjungi di Istanbul. Salah satu ikonik bangunan ini adalah ubin biru yang menghiasi dinding-dinding interiornya makanya dinamakan ‘Masjid Biru’.

Lokasinya sendiri juga dekat dengan situs kuno Hippodrome.

2. Ephesus

Pernah nonton film Gladiator?

Nah!

Ephesus merupakan salah satu tempat historis yang awalnya adalah kota Yunani Kuno. Ephesus sendiri ditaksir memiliki sejarah panjang dan telah ada sejak Zaman Neolitik bahkan diyakini sebagai tempat dimana Injil Yohanes ditulis. Ephesus terkenal dengan dua sisa bangunan bersejarah, yaitu Celsus Library dan Grand Theatre.

Tidak hanya itu saja, di situs ini juga terdapat Temple of Hadrian, Bath of Varius, State Agora, Temple of Domitian, Memmius Monument, Hercules Gate, Temple of Artemis, dan monumen lainnya. Kamu juga bisa ke bukit di Gunung Koressos yang memiliki bangunan House of Virgin Mary, yang dipercaya sebagai tempat Bunda Maria tinggal.

3. Troy

Kamu tahu mengenai kisah Odysseus atau Kuda Troya (Perang Troya)?

Di Turki, kamu bisa mengunjungi kota kuno Troy yang memiliki reruntuhan dan replika Trojan House. Situs ini sendiri masuk dalam daftar peninggalan sejarah dunia (World Heritage Site) dari UNESCO.

Bila memiliki minat pada sastra, situs-situs kuno, dan arkelogi, kamu bisa seakan-akan membangkitkan adegan di kisah-kisah klasik tersebut.

Keren banget kan!


Baca Juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk Kuliah di negara Turki


4. Cappadocia

Kapan lagi kami bisa naik balon udara sambil menikmati pemandangan memukau kawasan Kota Goreme?

Atau setidaknya mengambil gambar-gambar indah jika kamu menyukai fotografi.

Cappadocia sendiri masuk dalam daftar World Heritage UNESCO. Ada yang menarik dari situs ini, yaitu bentuk permukaan atap-atap rumah yang menyerupai jamur, atau kerucut yang disebut dengan fairy chimney.

5. Pamukkale

Salah satu Spa Mineral terpopuler di kalangan turis ini memiliki 17 mata air panas dan travertine (mineral kabornat).

Kamu bisa berendam di kolam pemandian air panas di Antique Pool yang diyakini Cleopatra pernah menghabiskan waktunya disini juga. Jika ingin melihat bangunan historis kamu bisa mengunjungi Kota Tua yang dinamakan Hierapolis yang memiliki kuil salah satu dewa Yunani bernama sama, Hiera.

6. Whirling Dervishes (Tarian Sufi)

Selain mengunjungi situs-situs bersejarah, kamu juga bisa menyaksikan satu tarian unik dan religi terkenal di Turki, dari segi kostum dan juga gerakan tarian yang memutar ke arah kiri.

Tarian ini dilakukan oleh kelompok Muslim Sufi yang dilakukan sebagai wujud kehormatan terhadap penyair sufi besar, Rumi, dan juga kepercayaan mereka bahwa pertunjukan tarian tersebut akan membantu mereka untuk mencapai kedekatan atau kesatuan dengan Tuhan.

Itulah hal yang bisa kamu temukan selama menempuh studi di Turki.

Bila kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan di negara ini, beberapa universitas unggulan Turki mayoritas berada di wilayah Ankara atau Instanbul.

Di Ankara, terdapat Bilkent University, Middle East Technical University, dan Hacettepe University. Sementara di Istanbul, ada Sabanci University, Istanbul University, Koç University, Bogazici Üniversitesi, dan Istanbul Technical University.

Lihat informasi biaya kuliah di Turki disini!


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Turki, klik di sini.