Study in Greece

Study in Greece

Last edited on 08 May 2021
Language





Selamat datang di Yunani!

Negara di Mediterania ini dikenal secara luas sebagai mata air intelektual yang mempengaruhi dunia Barat Modern dengan linguistic, filosopi, kebudayaan, legal, sosial dan pemahaman etika dan sistem. Konsep individualism, kebebasan, demokresi dan pemerintahan semua berakar dari filsuf Yunani Kuno, yang hasil pemikirannya masih di baca dan diperdebatkan hingga hari ini. Ingin mengikuti jejak langkah Socrates, Plato, Aristoteles, Epicurus, dan masih banyak pemikir dan innovator lainnya – sambil menikmati hidangan Yunani, dengan cuaca yang cerah dan kota yang hidup?

Entah kamu ingin belajar di Yunani dalam program pertukaran pelajar, sarjana atau pasca sarjana, kamu akan menikmati peninggalan sejarah dan kebudayaan Yunani. Yunani, anggota Uni Eropa sejak 1981, diakui sebagai cikal bakal peradaban Barat dan juga tempat lahirnya demokrasi, Olimpiade, literature Barat dan penulisan sejarah, ilmu politik, ilmu pengetahuan dan prinsip – prinsip matematika.

Letak geo politik Yunani menjadikannya pusat sorotan di sisi tenggara Eropa. Sebagai titik simpul dan pintu masuk Uni Eropa, hal ini ditandai dengan pergerakan yang intens tidak hanya perusahaan Yunani, bahkan perusahaan multinasional dalam sektor – sektor penting seperti komersial, turisme dan pelayanan jasa. Proses rekruitmen perusahaan – perusahaan ini terjadi dalam skala besar yang disebabkan oleh lulusan lembaga pendidikan di negara ini yang disesuaikan dengan tingkat pendidikan tinggi yang mereka miliki. Pendidikan pada umumnya terhubung dengan tren pasar, sebanding dengan pengalaman bertahun – tahun lembaga – lembaga pendidikan di sini dan hubungan mereka dengan universitas – universitas unggulan Eropa dan Amerika Serikat. Dengan menuntut ilmu di Yunani, kamu akan memperoleh dasr – dasar ilmu untuk menjadi seorang profesional yang sukses dan juga memenuhi persyaratan untuk belajar di tingkat yang lebih tinggi.


Sistem Pendidikan Tinggi

Kamu memiliki beberapa pilihan belajar di Yunani. Kamu dapat memilih mengikuti perkuliahan berbahasa Inggris, atau bila kamu berbahasa Yunani, perkuliahan dalam bahasa Yunani. Bila kamu tidak tertarik untuk mendapatkan gelar tetapi ingin melakukan masa pelatihan di Yunani, ada beberapa pilihan yang layak dipertimbangkan. Kamu mungkin perlu melihat peta Yunani untuk mencermati Athena dan Thesalonika, dua kota tempat sebagian besar lembaga pendidikan tinggi di negara ini berada.

 Hanya ada lebih dari dua puluh universitas di Yunani, tersebar di penjuru negara ini dan berada di sektor publik. Meskipun perkuliahan sebagian besat dalam bahasa Yunani, program studi spesialisasi juga ada dalam bahasa lain (terutama Inggris), baik ditingkat sarjana maupun pasca sarjana. Universitas – universitas ini tergabung dalam 15 Institut Pendidikan Teknik (TEIs), yang menawarkan program pendidikan tinggi dengan berfokus pada kemampuan profesional dan praktikal, di mata kuliah seperti teknologi terapan, kesehatan, agrikultur, manajemen, kesenian dan desain. Secara keseluruhan, sistem pendidikan tinggi Yunani sangat dihormati, berada di peringkat ke 41 dunia dalam edisi pertama QS Higher Education System Strength Rankings.