Media
Language

Mau Studi Satu Negara dengan Filsuf-Filsuf Hebat Dunia? Kuliah ke Yunani Jawabannya!

Last updated on 25 Apr 2019

WhatsApp Image 2019-03-20 at 21.44.63.jpeg

Oleh: Kristantinova

Ingin melanjutkan studi ke negara yang kaya akan nilai sejarah dan budaya, memiliki kualitas pendidikan yang tidak diragukan, serta keindahan alam dan kota yang tidak akan kamu temukan di negara lain?

Yunani adalah negara dengan paket lengkap tersebut.

Yunani telah menjadi pusat edukasi dan kebudayaan dunia Barat sejak 2.500 tahun yang lalu.

Dari negara inilah lahir sejarah peradaban dunia Barat dan pemikiran-pemikiran modern yang sering kita gunakan saat ini.

Kalian pasti sudah tidak asing dong dengan nama-nama seperti Socrates, Aristoteles, dan Plato? Bayangkan kamu bisa belajar langsung di tempat yang sama dengan filsuf-filsuf besar seperti mereka.

Yunani merupakan destinasi yang tepat buat kamu yang ingin mendalami ilmu sejarah, filsafat, matematika, sains, dan arsitektur.

Yunani juga akan menjadi negara yang sangat menarik untuk dieksplor, tidak hanya dari segi pendidikannya tetapi juga dari segi lingkungan masyarakat dan situs-situs bersejarahnya.

Masih mau tahu lebih lanjut kenapa kamu harus banget nih melanjutkan studi di Yunani? Yuk simak daftar alasannya berikut ini.


Untuk info lengkap kuliah di Yunani, klik disini


1. Pendidikan dan Universitas yang Berkualitas

Yunani memiliki kurang lebih 24 universitas dan 16 perguruan tinggi teknik yang semuanya merupakan universitas negeri.

Meskipun universitas di Yunani tidak terlalu banyak, tapi beberapa diantaranya masuk ke dalam Top 1000 universitas di dunia menurut QS World University Rankings 2017 loh

Selain itu, secara keseluruhan sistem pendidikan tinggi di Yunani juga diakui oleh dunia dan menempati peringkat 41 dunia dalam QS Higher Education System Strength Rankings (first edition).

Nah buat kamu yang penasaran sistem pendidikan di Yunani seperti apa, sebagian besar program pendidikan sarjana di Yunani berdurasi 4 tahun dengan 240 ECTS. Namun, program-program di bidang teknik, kedokteran gigi, farmasi, agronomi, kehutanan, dan beberapa program di bidang seni membutuhkan waktu 5 tahun dengan 300 ECTS. Sedangkan khusus untuk program kedokteran, durasi belajar yang dibutuhkan adalah 6 tahun.


Untuk daftar universitas di Yunani, klik disini


2. Biaya Pendidikan dan Biaya Hidup yang Ramah di Kantong

Buat pelajar internasional yang berasal dari luar negara Uni Eropa, biaya pendidikan di Yunani berkisar antara EUR 1,500 hingga 9,000 per tahun dan biaya ini sudah termasuk biaya buku untuk program studi pilihanmu. Selain itu, universitas seperti The University of Thessaloniki memberikan fasilitas gym gratis dan makan dua kali sehari untuk semua mahasiswanya.

Tidak hanya dari segi kuliah, biaya hidup di Yunani juga terbilang murah. Yunani bahkan merupakan salah satu negara di Eropa dengan biaya hidup paling murah loh untuk pendatang asing, baik wisatawan ataupun pelajar internasional.

Jika dirata-rata, kamu hanya akan menghabiskan biaya sekitar EUR 450 hingga EUR 700 per bulan untuk biaya tinggal, transportasi, makan, dan lainnya. Biaya ini tentu jauh lebih murah dibandingkan dengan negara-negara besar Eropa lain yang rata-rata pengeluaran untuk hidupnya berkisar di angka EUR 800 hingga EUR 1000.

3. Banyaknya Bidang Studi Unggul

Yunani tidak hanya kaya akan peninggalan budaya dan sejarah tetapi mereka juga masih menjaga dan mengembangkan tradisi dan sejarah tersebut melalui pendidikan.

Apa kamu tertarik mendalami ilmu filsafat? Tidak ada negara lain yang paling tepat untuk belajar filsafat selain di Yunani, rumah para filsuf hebat seperti Socrates, Plato, dan Aristoteles.

Ingin belajar arsitektur? Kamu bisa mendapatkan banyak inspirasi dari the Acropolis, Parthenon, Olympia, atau Achilleion Palace.

Dimana lagi tempat yang tepat untuk belajar sejarah dan politik selain belajar di negara tempat lahirnya demokrasi?

Apabila kamu tertarik dengan sains dan matematika, Yunani juga merupakan tempat asalnya berbagai simbol dan rumus fisika dan matematika, sebut saja rumus dasar matematika Pythagoras.

4. Kesempatan Mengeksplor Sejarah Peradaban Bangsa barat

Buat kamu yang senang dengan sejarah, berkunjung dan tinggal di Yunani akan sangat menyenangkan.

Banyak sekali situs-situs sejarah yang bisa kamu datangi dan kamu pelajari di Yunani. Di Athena kamu bisa mengunjungi Temple of Olympian Zeus, The Parthenon, The Acropolis, dan Mount Olympus. Pergi ke Tesalonika, kamu bisa melihat Heptapyrgion Castle, the Ottoman White Tower, dan masih banyak lagi.

5. Kondisi Cuaca yang Bersahabat

Karena lokasi geografisnya, Yunani cenderung memiliki cuaca yang hangat. Selama musim panas, Yunani jarang sekali turun hujan, dan pada saat musim dingin, salju jarang sekali turun dan temperatur udara disana biasanya selalu diatas 0 derajat.

Kondisi cuaca ini tentu akan mendukung proses belajarmu dan aktivitas sosialmu di luar kampus. Kamu bisa pergi melihat banyak hal tanpa perlu khawatir soal cuaca.

Jadi, gimana teman-teman? Seru kan studi ke Yunani?