Scholarship Offered

Click to explore

Language

PROGRAM BEASISWA DARI PEMERINTAH INDONESIA

Indonesia  saat ini memegang status negara berkembang. Saat ini bisa dibilang kita  berada di persimpangan jalan, apakah kita maju ke negara maju, atau  akankah kita terjebak di area transisi sebagai negara berkembang? Dengan  banyak sumber daya alam dan jumlah penduduk yang banyak, biasanya kita  dapat dengan mudah bergerak maju ke tahap berikutnya. Namun, karena  tantangan geografis dan hasil pembangunan yang terkonsentrasi, hanya  beberapa daerah yang memiliki pendidikan memadai, sementara sebagian  besar daerah pedesaanlah yang perlu dikembangkan menuju perkembangan  cepat melalui berbagai cara.

Sumber daya manusia adalah salah satu  faktor terpenting untuk membantu kemajuan suatu negara, sehingga  menciptakan kemakmuran suatu bangsa. Indonesia memang memiliki jumlah  penduduk yang sangat banyak, namun tanpa membangun kapasitas dan  kualitas sumber daya manusianya, kepadatan penduduknya hanya akan  menjadi tanggung jawab, bukanlah sebuah aset.

Kabar baiknya adalah  pemerintah Indonesia mulai mempercepat sejumlah pendekatan yang  sistematis, terpadu dan berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas sumber  daya manusia di Indonesia. LPDP adalah salah satu penyedia beasiswa  terbesar di dunia saat ini. Dengan memberikan beasiswa, pemerintah  berharap dapat mempercepat pengembangan sumber daya manusia di  Indonesia, untuk menghasilkan pemimpin masa depan yang berkualitas yang  diharapkan akan menjadi aset negara.


1. Lembaga Pengelola Dana Pendidikan

LPDP  ditujukan untuk para generasi muda Indonesia yang bermotivasi tinggi  dan unggul. Beasiswa ini mempertimbangkan wilayah asal, minat program  dan gender selama proses seleksi. Beasiswa LPDP secara khusus  ditujukan bagi warga negara Indonesia dan yang memperoleh prestasi  akademik di pendidikan mereka sebelumnya. Selain itu, penerima beasiswa  juga diharapkan dapat memperoleh keterampilan kepemimpinan yang menonjol  dan berkomitmen atas kontribusinya untuk Indonesia.

LPDP  bertujuan untuk mendorong pembangunan dan menciptakan pemimpin masa  depan Indonesia di berbagai sektor melalui pendidikan kelas dunia.  Sektor prioritasnya adalah teknik, sains, pertanian, hukum, ekonomi,  keuangan, kedokteran, agama dan ilmu sosial.

Program beasiswa LPDP  telah menjadi program beasiswa paling populer di kalangan mahasiswa  Indonesia. LPDP mendanai penuh termasuk biaya pendaftaran, biaya kuliah,  biaya literatur, biaya tesis, biaya kelulusan, tunjangan hidup, uang  saku, uang perjalanan pulang-pergi, dan asuransi. Ada biaya tambahan  yang anda butuhkan? Tidak lagi! Semuanya sudah ditanggung. Setiap  tahunnya, LPDP telah menerbangkan lebih dari ribuan penerima beasiswa  untuk belajar di universitas kelas dunia. Proses aplikasi dan seleksi  tentu saja sangat kompetitif. Kandidat perlu melalui wawancara tatap  muka, menulis esai dan diskusi kelompok. Tapi bagaimanapun juga, tidak  ada yang mustahil bila Anda sudah siap!

Jenis-jenis besiswa

a. Beasiswa Magister dan Doktor

Program  beasiswa ini ditawarkan bagi kandidat yang ingin belajar di salah satu  universitas di Indonesia ataupun di luar negeri. Beasiswa ini difokuskan  pada sepuluh (10) bidang prioritas ilmiah, antara lain: Teknik, Ilmu  Pengetahuan, Pertanian, Kedokteran, Akuntansi / Keuangan, Hukum, Agama,  Ekonomi, Sosial, dan Budaya & Bahasa.

b. Beasiswa Tesis dan Disertasi

Program  beasiswa ini menawarkan bantuan keuangan bagi mahasiswa Magister atau  Doktoral yang memiliki keterbatasan dana untuk menyelesaikan skripsi /  disertasi mereka di universitas saat ini, di Indonesia maupun di luar  negeri. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan jumlah lulusan  Magister atau Doktoral yang berkualitas dan yang nantinya dapat  berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di  Indonesia.

c. Beasiswa Afirmasi

Karena  distribusi sumber daya manusia berpendidikan tinggi tidak merata di  Indonesia, LPDP mengeluarkan upaya khusus untuk meningkatkan kualitas  sumber daya manusia di wilayah perbatasan dan / atau daerah tertinggal.  Oleh karena itu, LPDP menawarkan program Beasiswa Afirmasi khusus untuk  kelompok masyarakat yang memerlukan perhatian khusus.

Tenggat waktu

Aplikasi untuk universitas dalam negeri (Indonesia) 3 April 2017, universitas luar negeri 7 Juli 2017

Pengumuman hasil seleksi 9 Juni 2017 (universitas dalam negeri), 12 Oktober 2017 (universitas luar negeri)


2. Beasiswa Unggulan

Beasiswa  Unggulan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kompetensi sumber  daya manusia Indonesia untuk mempercepat pembangunan Indonesia secara  menyeluruh. Beasiswa ini diprakarsai dan dikelola oleh Biro Perencanaan  dan Kerjasama Internasional (BKLN) dan Kementerian Pendidikan dan  Kebudayaan. Program beasiswa ini memungkinkan individu yang unggul dan  bersaing untuk melanjutkan pendidikan mereka di tingkat yang lebih  tinggi di Indonesia maupun di luar negeri. Selain itu, mahasiswa asing  juga dapat memanfaatkan program ini untuk mendukung mereka belajar di  Indonesia.

Jenis- jenis beasiswa

a. Beasiswa Masyarakat Berprestasi

Beasiswa  Masyarakat Berprestasi menargetkan kandidat yang unggul untuk  melanjutkan pendidikan di program sarjana atau pelatihan (non-degree). Beasiswa tersebut mendanai biaya kuliah, tunjangan hidup, dan biaya lainnya terkait studi.

b. Beasiswa Pegawai Kemendikbud

Seiring  dengan perkembangan teknologi, budaya, sosial dan ekonomi yang dinamis  di era global, program beasiswa ini menjawab kebutuhan akan peningkatan  kemampuan tenaga kerja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Lembaga  Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP). Program ini membuka kesempatan untuk  melanjutkan pendidikan karyawan di universitas-universitas di Indonesia  atau di luar negeri, program tingkat sarjana atau kursus singkat dan  pelatihan.

c. Beasiswa Mahasiswa Asing

Program  beasiswa ini memungkinkan siswa asing yang bermotivasi tinggi untuk  duduk di program Magister atau Doktoral di Universitas Indonesia.  Beasiswa tersebut fokus pada bidang Bahasa Indonesia (bahasa dan  pendidikan), seni dan budaya. Program ini juga ditujukan untuk alumni  Darmasiswa dan negara mitra dalam kerjasama pendidikan.

Kriteria Pendaftar

  • Pemenang Olimpiade Internasional
  • Pemenang  kompetisi daerah, nasional, maupun internasional di bidang: Science  (ilmu pengetahuan), teknologi, seni dan budaya, dan olahraga
  • Pendidik (guru,dosen) di berbagai bidang
  • Karyawan yang unggul (negeri/swasta) dan direkomendasikan perusahaan/tempat kerja
  • Kandidat berprestasi yang direkomendasikan institusi tertentu

Tenggat waktu pendaftaran 2017

http://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/program-beasiswa-unggulan-tahun-2017

Periode pendaftaran antara Februari – April (angkatan I) dan Juni – Juli (angkatan II)

Pengumuman hasil seleksi 12 Mei (angkatan I) dan 1 September (angkatan II)


3. Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia (BUDI) Kemenristek DIKTI – LPDP

BUDI  adalah program beasiswa yang dikelola oleh Kementerian Riset, Teknologi  dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek DIKTI) bersama dengan LPDP  Indonesia. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualifikasi dan  kompetensi dosen di Indonesia.

Jenis-jenis beasiswa

a. Program Magister dan Doktoral (dalam negeri)

BUDI  mendukung dosen yang ingin mengikuti program studi gelar Master atau  Doktor di salah satu universitas yang terdaftar di Indonesia. Pelamar  bisa saja mendaftar secara online melalui website sebelum melanjutkan  proses seleksi yang dilakukan oleh Kemenristek DIKTI bersamaan dengan  LPDP. Sama dengan tahun-tahun sebelumnya, para kandidat bisa mengajukan  beasiswa BUDI dan mendaftar ke universitas tujuan pada saat bersamaan.

Informasi lengkap di Buku Panduan Beasiswa

Kriteria Pendaftar

  • Dosen/tenaga  pengajar di institusi pendidikan tinggi negeri atau swasta di bawah  Kementerian Riset dan Teknologi dan perguruan tinggi yang telah  mendapatkan NIDN atau NIDK (status pekerjaan tetap)
  • Memenuhi kriteria yang dipersyaratkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 48, 2009
  • Beasiswa tidak diberikan kepada pelamar yang ingin mendapatkan gelar kedua dalam tingkat studi yang sama
  • Beasiswa hanya diberikan untuk tahun ajaran yang dimulai bulan September.
  • Penerima beasiswa di dalam negeri berusia diantara 45 - 50 tahun untuk gelar Master dan Doktoral

Tenggat waktu pendaftaran

Periode pendaftaran antara 3 Mei– 31 Juli

Pengumuman hasil seleksi 25 Juli – 5 Agustus

b. Besiswa Doktoral (luar negeri)

Khusus  untuk gelar Doktoral, BUDI hadir untuk mendukung dosen yang ingin  melanjutkan pendidikan di luar negeri. Seperti halnya program BUDI dalam  negeri, kandidat harus menunjukan NIDN atau NIDK. Tidak memungkinkan  untuk menggabungkan beasiswa ini dengan sponsor lain. Komponen keuangan  dan jumlah manfaat bagi penerima beasiswa disesuaikan dengan LPDP  tergantung negara tujuan.

Informasi lengkap di Buku Panduan Beasiswa

Kriteria Pendaftar

  • Dosen/tenaga  pengajar di institusi pendidikan tinggi negeri atau swasta di bawah  Kementerian Riset dan Teknologi dan Perguruan Tinggi yang telah  mendapatkan NIDN atau NIDK (status pekerjaan tetap)
  • Memperoleh gelar Magister atau setara dengan tingkat yang diakui oleh Kemenristek DIKTI
  • Saat ini tidak sedang menjalankan studi di salah satu universitas untuk gelar Doktoral
  • Beasiswa tidak diberikan kepada pelamar yang ingin mendapatkan gelar kedua dalam tingkat studi yang sama
  • Menerima Letter of Acceptance tanpa syarat dari universitas tujuan
  • Tidak lebih dari 47 tahun (terhitung Desember 2017)

Tengat waktu pendaftaran

Periode pendaftaran antara 2 Mei – 4 Juni, pengumuman hasil seleksi di bulan Juli.