Media

Language

Raih Impianmu Untuk Kuliah di Perancis Melalui Beasiswa Keren Ini

Last updated on 03 Oct 2017

Artikel 1-2.jpg Sumber: pixabay.com

Oleh Nurchalimah

Perancis adalah salah satu negara di Eropa yang terkenal dengan kata romantis dan indah. Terlepas dari itu, Perancis juga menjadi negara tujuan favorit siswa Eropa dan non-Eropa untuk menempuh pendidikan termasuk siswa dari Indonesia juga. Hal ini karena kualitas pendidikan di Perancis yang sangat baik dengan biaya terjangkau. Bayangkan saja, pemerintah Perancis memberikan subsidi pendidikan hingga 90% lho. Jadi wajar jika pendidikan di sana berkualitas dan tetap terjangkau.

Meskipun cukup difavoritkan, tapi faktanya ada beberapa siswa dari Indonesia yang agak ragu untuk melanjutkan studi di Perancis. Mayoritas alasannya adalah bahasa Perancis yang cukup sulit untuk dikuasai. Sebelum kamu menjadi salah satu yang takut dengan bahasa Perancis, kamu harus tahu bahwa bahasa Perancis akan menjadi aset yang super berharga di masa depan. Hingga saat ini bahasa Perancis sudah menjadi bahasa resmi 29 negara dan juga PBB lho. Jadi dengan menguasai bahasa Perancis, setidaknya kesempatanmu dalam berkarir akan cerah dan mulus.

Nah, untuk kamu yang berminat melanjutkan kuliah di Perancis tentu penguasaan bahasa Perancis menjadi sebuah keharusan. Karena itu kamu bisa melakukan sedikit riset sebelum menentukan tempat kursus bahasa Perancis mana yang menjadi pilihanmu. Jika kamu tinggal di kota besar seperti Surabaya, Jakarta, Bandung, Medan, Balikpapan dan Denpasar ada beberapa tempat kursus bahasa Perancis yang bisa dijadikan rekomendasi seperti Institut Francais d’Indonesie (IFI) dan Alliance Francaise (AF).

Lalu bagaimana dengan kamu yang tinggal di kota kecil atau di daerah? Tenang, tanpa harus putus asa kamu bisa mencoba mengumpulkan daftar tempat kursus bahasa Perancis dan memilih yang terbaik dari semua yang ada di daftar.

Sebagai informasi, bagi kamu yang memiliki keinginan untuk melanjutkan studi di Perancis, berikut ini ada dua beasiswa yang tersedia untuk siswa asal Indonesia:

1. Eiffel Scholarship

Program beasiswa Eiffel ini tersedia khusus untuk siswa-siswa dari negara berkembang, termasuk Indonesia yang akan melanjutkan studi Magister dan Doktoral di Perancis. Sama dengan program beasiswa BGF, beasiswa Eiffel ini termasuk beasiswa penuh di mana biaya hidup kamu selama masa studi (durasi 1-2 tahun) akan ditanggung. Masing-masing program Magister dan Doktoral akan memperoleh biaya hidup dengan nominal berbeda. Penerima beasiswa Eiffel untuk program Magister akan memperoleh 1.181 euro, sedangkan program Doktoral akan memperoleh 1.400 euro. Kabar baiknya, selain biaya hidup selama di sana, beasiswa Eiffel juga menyediakan tiket perjalanan (pulang-pergi) dan asuransi kesehatan juga. Lengkap dan menarik sekali kan?

Nah, untuk kamu yang berminat dengan beasiswa ini, catat tanggal pendaftarannya yaitu tanggal 26 November hingga 1 Desember.

Lalu apa saja sih kriteria untuk bisa apply beasiswa ini?

  • Kamu harus berusia maksimal 30 tahun untuk program Magister dan 35 tahun untuk program Doktoral.
  • Bidang prioritas untuk beasiswa Eiffel adalah Ilmu Pengetahuan, Ilmu Politik, Pertanian, Teknik dan Ilmu Sosial.

2. BGF (Bourse du Gouvernement Français)

Total ada 300 beasiswa penuh per tahun yang ditawarkan oleh BGF untuk siswa dari Indonesia. Sayangnya beasiswa ini hanya untuk kamu yang akan melanjutkan studi Magister dan Doktoral saja. Secara keseluruhan, beasiswa ini mencakup biaya hidup selama studi, tiket perjalanan internasional, biaya kuliah, visa dan juga asuransi.

Sebelum kamu mulai apply beasiswa ini, yuk simak dulu beberapa kriteria untuk BGF ini:

  • Program studi yang diprioritaskan adalah Ilmu Pengetahuan, Teknik, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
  • Kamu harus sudah mendapatkan surat penerimaan dari universitas tujuan sebelum mengajukan beasiswa ini.
  • Tingkat kemampuan bahasa Perancis DELF B2 diperlukan untuk kamu yang ingin melanjutkan studi di Perancis. Khusus untuk program studi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, kamu hanya perlu berada di tingkat DELF B1. Kemudian untuk program Doktoral dan Magister, bahasa pengantar di kelas menggunakan bahasa Inggris.

Ayo siapkan semua persyaratan yang dibutuhkan dan apply beasiswa impian kamu!

Sampai jumpa di Perancis!

Institut Francais d’Indonesie (IFI): https://www.ifi-id.com

Alliance Francaise (AF): http://www.afbali.org