Media

Language

Mau Kuliah Gratis? LPDP Solusinya!

Last updated on 02 Oct 2017

Artikel 16.png Sumber: lapakpekerjaan.com

Oleh Nurchalimah

Bagi kalian yang berencana untuk menempuh pendidikan di jenjang S2 maupun S3 maka inilah kesempatan kalian untuk mendapatkan kuliah gratis. Setiap tahunnya pemerintah Indonesia mengeluarkan beasiswa yang diberi nama LPDP. Jika kamu mendapatkan beasiswa ini dijamin bisa kuliah gratis selama S2 maupun S3 hingga tamat lho. Penasaran? Yuk simak informasi lengkapnya berikut ini:

Apa itu LPDP?

LPDP sendiri merupakan kepanjangan dari  Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Beasiswa LPDP tidak disediakan untuk kamu yang ingin menempuh pendidikan strata 1. Beaiswa ini tak hanya meliputi dalam negeri saja namun juga S2 untuk kamu yang hendak kuliah ke luar negeri.

Badan Layanan Umum (BLU) yang bernaung di Kementerian Pendidikan bertugas untuk mengelola dana pengembangan pendidikan ini sejak 2012. Dana pendidikan ini sudah digalang jauh-jauh hari sebelum BLU didirikan yakni dari tahun 2010 atas inisiatif Menteri Keuangan kala itu yakni Sri Mulyani Indrawati.

Kelebihan Beasiswa LPDP

Antusiasme pendaftar beasiswa ini bukan main-main bahkan meningkat setiap tahunnya. Bukan tanpa alasan jika peminatnya amatlah banyak sebab beasiswa LPDP memiliki beragam kelebihan yang jarang disediakan beasiswa lainnya. Kelebihan tersebut diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Menanggung biaya kuliah plus biaya hidup kamu baik penerima beasiswa dalam negeri maupun luar negeri

b. Terbuka untuk umum dan dapat mendaftar dari manapun asal statusnya WNI

c. Menyediakan training kepemimpinan dan pembekalan sebelum melaksanakan studi

d.Tidak ada batasan quota penerima beasiswa

e. Tidak terikat ikatan dinas

Jenis Beasiswa LPDP

Beasiswa LPDP sendiri memiliki tiga kategori yakni sebagai berikut ini:

  1. Beasiswa magister dan doctor untuk dalam dan luar negeri
  2. Beasiswa tesis dan disertasi yang juga untuk dalam dan luar negeri
  3. Beasiswa Afirmasi bagi kamu yang berasal dari daerah tertinggal dan perbatasan atau golongan masyarakat yang mengharumkan nama Indonesia melalui olimpiade sains dan teknologi maupun olahraga di tingkat nasional atau internasional.

Bidang Ilmu Prioritas LPDP

Beberapa bidang ilmu yang diprioritaskan untuk beasiswa LPDP yakni meliputi bidang teknik, sains, pertanian, kedokteran dan kesehatan. Ada pula bidang akuntansi dan keuangan, agama, hukum, pendidikan, sosial, ekonomi, budaya, seni dan bahasa. Hampir semua bidang diprioritaskan dalam beasiswa ini jadi jangan takut untuk mendaftar ya!

Persyaratan Beasiswa LPDP

Bagi kamu yang berminat mendaftarkan beasiswa ini perlu menyimak betul persyaratan beasiswa LPDP. Terdapat dua jenis persyaratan beasiswa LPDP yakni syarat umum dan syarat khusus sebagai berikut ini:

  1. Persyaratan Umum

    a. WNI dan dinyatakan lulus strata 1 oleh badan akreditasi nasional perguruan tinggi dalam maupun luar negeri

    b. Berbadan sehat jasmani dan rohani serta memiliki jiwa kepemimpinan

    c. Bebas dari Narkotika serta bersedia menandatangani surat pernyataan untuk tidak melanggar hokum, bersedia kembali ke Indonesia setelah selesai studi serta sanggup memenuhi ketentuan beasiswa yang ditetapkan LPDP

    d. Memiliki IPK sekurang-kurangnya 3.25 dengan skala nilai 4

    e. Memiliki surat rekomendasi dari akademisi dan tokoh masyarakat yang mengenal kamu secara mendalam

    f. Tidak sedang menerima beasiswa dari instansi atau organisasi lain

    g. Memiliki rencana studi dan mengupload essay sesuai dengan tema yang ditentukan LPDP

  2. Persyaratan Khusus

    a. Batas umur maksimum untuk program magister 35 tahun sedangkan program doktor 40 tahun

    b. Memiliki skor TOEFL ITP minimal 500 dan LoA (Letter of Acceptance). Bagi yang tidak memiliki LoA skor TOEFL ITP yang dimiliki minimal 550.

Tahapan Seleksi Beasiswa LPDP

Tahapan seleksi beasiswa ini meliputi tahap administrasi yakni memenuhi syarat dokumen dan kebenaran atas dokumen tersebut mampu dipertanggungjawabkan. Tahap selanjutnya ialah wawancara oleh para ahli sehingga mampu menggali jati diri anda lebih dalam.

Apa kalian tertarik dengan beasiswa yang satu ini? Untuk informasi lebih lanjut klik link berikut ini www.lpdp.kemenkeu.go.id.