Media
Language

Tips Keuangan Saat Menempuh Studi Di Luar Negeri

Last updated on 23 Sep 2018

Artikel 8.jpg Sumber: maxpixel.freegreatpicture.com

Oleh Nurchalimah

Kuliah di luar negeri tidaklah semudah yang kita bayangkan. Ada banyak hal yang harus kalian lakukan dan putuskan sendiri termasuk masalah keuangan. Mengoptimalkan dana yang dimiliki adalah kewajiban setiap mahasiswa yang kuliah di luar negeri. Perbedaan bentuk mata uang, perbedaan nilai tukar dan juga perbedaan sistem perbankan (termasuk ATM dan kartu kredit) tentu membuat semuanya terasa baru dan membingungkan.

Berikut ini ada beberapa tips keuangan untuk kamu yang sedang kuliah di luar negeri:

Pantau Nilai Tukar

Salah satu tips keuangan yang harus kalian lakukan saat tinggal di luar negeri adalah memantau nilai tukar. Ini penting karena ada satu saat di mana kalian harus menukar uang. Tentunya kalian juga tidak ingin membuang kesempatan untuk mendapat nilai tukar terbaik kan? Kebanyakan orang akan menukar uang di saat mereka membutuhkan. Tapi sebaiknya kalian menukar saat nilai tukar sedang berada di kondisi terbaiknya. Cara terbaik untuk memantau nilai tukar adalah melalui internet.

Pahami Biaya-Biaya ATM dan LainnyaDi setiap negara selalu ada kebijakan berbeda yang diterapkan. Ingatlah bahwa biaya yang dibebankan tidak hanya biaya ATM saja. Lebih dari itu masih ada biaya konversi mata uang dan beberapa biaya lainnya. Jadi, meski ATM adalah cara terbaik untuk memperoleh uang cash, tapi lebih baik pahami dulu tentang biaya-biayanya sebelum menggunakan ATM.

Buat Akun Bank Dengan Jaringan ATM GlobalPenting bagi kalian yang kuliah di luar negeri untuk memiliki akun di bank dengan jaringan ATM global. Hal ini membuat kalian bisa menggunakan kartu debit di bank-bank asing lain yang termasuk dalam jaringan ATM global. Dengan kata lain kalian tidak akan dibebani biaya akses ATM.

Hindari Bolak-Balik Tarik Tunai

Jangan membiasakan diri untuk sedikit-sedikit tarik tunai ya. Salah satu tips penting untuk bisa menghemat uang adalah dengan membatasi tarik tunai. Kalian mungkin tidak nyaman harus menyimpan uang cash terlalu banyak. Tapi setidaknya kalian bisa menyimpannya di tempat yang aman seperti locker yang ada kunci dan sebagainya.

Jalan lain untuk menghindari simpanan cash terlalu banyak, kalian bisa memanfaatkan cek perjalanan (traveler’s check). Dengan ini kalian tetap bisa menggunakan uang cash tanpa harus membawa uang cash yang sesungguhnya.

Kartu Kredit? Kenapa Tidak

Kartu kredit mungkin seperti bilah mata pisau yang sama tajam di kedua sisinya. Tapi jika kalian bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak maka benda tipis ini bisa menjadi penolong dalam menghemat dan mengelola keuangan saat kuliah di luar negeri. Tapi ingat ya, kartu kredit kalian haruslah kartu yang tidak ada biaya transaksi saat digunakan di luar negeri.

Kemudian kalian juga bisa memanfaatkan kartu kredit untuk tarik tunai. Tapi pastikan dulu biaya tarik tunai dari kartu kredit harus lebih kecil dibandingkan dengan biaya konversi saat kalian menukar mata uang secara manual. Langkah ketiga untuk memaksimalkan kartu kredit adalah dengan membayar tagihan tepat waktu setiap bulannya untuk menghindari bunga.

Buat Rencana Anggaran

Cara terbaik untuk bisa mengoptimalkan dana yang kita miliki adalah dengan membuat rencana dan menjalankannya tanpa pelanggaran. Pastikan kamu sudah mengkalkulasikan berbagai kebutuhan primer dan sekunder selama kuliah di luar negeri. Kalian bisa membuat rencana anggaran per semester ataupun per tahun. Penting juga bagi kalian untuk memiliki akses online ke akun bank untuk mengecek saldo, melakukan pembayaran ataupun transfer secara berkala.

Semoga bermanfaat!