Media
Language

Rekomendasi Universitas Untuk Program Studi Ilmu Sosial di Eropa

Last updated on 23 Oct 2018

photo-1516655790651-a571e4eca9c2.jpeg

Oleh Kukuh Wangsa Giaji

Program studi ilmu sosial di Indonesia kerap dipandang sebelah mata dibandingkan jurusan sains hingga peminatnya lebih memilih melanjutkan studi di luar negeri karena mutu yang baik dan berstandar internasional.

Tersedianya ragam subjek yang dipelajari juga menjadi alasan para pengejar beasiswa dan LoA (Letter of Acceptance) ini.

Eropa adalah salah satu destinasi studi pilihan bagi peminat ilmu sosial karena negara-negara di benua ini sangat maju dibidang media, komunikasi, sosiologi, psiokologi, budaya dan juga lintas jurusan dengan ilmu eksak.

Puluhan ribu jurnal ilmiah yang berkaitan dengan ilmu sosial pun mudah ditemukan di situs-situs terkenal, seperti academia.edu dan juga jurnal sage.


Info lengkap mengenai Beasiswa LPDP, klik di sini.


Berikut ini ehef.id sajikan daftar universitas terbaik di beberapa Negara Eropa yang unggul dengan program studi ilmu sosialnya berdasarkan QS World University Rankings.

1. London School of Economics and Political Science (LSE)

Universitas yang berdiri pada tahun 1985 ini merupakan pusat riset bagi ilmu sosial dan ekonomi di Inggris. Pada tahun 2016, QS World University Rankings memublikasikan LSE masuk dalam daftar 10 kampus terbaik berdasarkan kategori program studi kebijakan publik, pengembangan politik, komunikasi dan kajian media, antropologi, akutansi dan keuangan, geografi, sejarah, filsafat, hukum, ekonomi dan bisnis, dan manajemen – bahkan LSE mendapatkan posisi 50 teratas untuk program psikologi dan statistik.

Tidak hanya itu saja, universitas ini juga membuka program double degree dimana mahasiswa akan menyelesaikan studi di kampus yang bekerja sama dengan LSE. Misalnya, program MSc Global Media and Communications, kamu akan studi selama satu tahun di LSE dan satu tahun di Pusat Kajian Film dan Media di University of Cape Town. Kamu bisa memperoleh pengalaman bekerja disektor industri film dan NGO sekaligus.

2. Bocconi University

Universitas yang berpusat di Milan, Italia ini memiliki reputasi baik dikancah internasional dalam kegiatan riset bisnis, ekonomi dan hukum. Sejak awal berdiri, Bocconi University menganut paham liberalisme, pluralisme, serta kemajuan sosial dan ekonomi. Universitas ini juga memberikan kesempatan dan bantuan finansial besar bagi mahasiswa kurang beruntung.

Sebagai pusat jaringan bisnis dan ekonomi di Eropa dan global, Bocconi University telah memperlebar kurikulum pendidikannya dengan bertukar fakultas dan bekerjasama dalam proyek-proyek besar di universitas dan sekolah bisnis Eropa dan Amerika yang menganut paham sama. Universitas ini juga dinilai memiliki hubungan erat dengan perusahaan besar dan lembaga internasional, termasuk para manajer dan pejabat mereka.

Bocconi University bisa menjadi pilihan kamu yang ingin berkontribusi pada inovasi dan pengembangan bisnis dan masyarakat Eropa.


Untuk daftar lengkap universitas di Eropa, klik di sini.


3. University of Amsterdam

Terletak di jantung kota Amsterdam, universitas ini merupakan salah satu dari universitas terkenal di Eropa. Dalam beberapa dekade terakhir, para peneliti yang berasal dari University of Amsterdam telah menerima penghargaan bergengsi internasional, antara lain The European Research Council (ERC), NWO Spinoza Prize, dan KNAW Academy Professor Prize.

Universitas ini juga memiliki standar mutu tinggi dan area prioritas atau The Research Priority Area (RPA) untuk melakukan kegiatan riset. Misalnya, RPA program komunikasi adalah penelitian terhadap efek media dan komunikasi. Disini peneliti akan diminta untuk menguji isi konten, penggunaan dan efek dari media dan komunikasi terhadap masyarakat.

Beberapa program yang termasuk kategori RPA, antara lain Cultural Heritage and Identitiy, Cultural Transformation and Globalization, dan Urban Studies.

4. Freie Universität Berlin

Salah satu dari empat universitas terbesar yang terletak di kota Berlin ini sangat berfokus pada ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Pada tahun 2007, Freie Universität Berlin menerima penghargaan sebagai ‘Elite University’ oleh German Science Foundation dan Times Higher Education Supplement.

Selain itu juga menerima dua penghargaan akademis bergengsi dari Gottfried Wilhelm Leibniz Prize dan Max Planck Research Prize. Berdasarkan QS World University Rankings, Freie Universität Berlin menempati peringkat 20 untuk program studi politik.

Jaringan internasional universitas ini sangat baik dengan terdiri dari tujuh kantor pusat yang berlokasi di kota Beijing, New York, São Paulo, Brussels, Moskow, New Dehli dan Kairo. Freie Universität Berlin juga memiliki enam kemitraan strategis dengan beberapa universitas terkenal di dunia serta lebih dari 100 kemitraan internasional lainnya.


Baca juga: Tips Agar Diterima di Universitas Impianmu di Eropa


5. Lund University

Salah satu universitas terbaik yang terletak di Swedia ini memiliki beragam program studi terbaik di fakultas ilmu sosialnya, antara lain Global Studies, International and Development Management, Media and Communication Studies, Psychology, Sociology dan Social Studies of Gender. Mayoritas lama studi pendidikan magister di Lund adalah 4 semester atau dua tahun yang tentu menjadi nilai lebih bagi kamu yang ingin lebih lama menetap di luar negeri.

Lund University memiliki kerjasama dengan 520 universitas di lebih dari 70 negara dan tersedia program pertukaran pelajar dan magang lintas negara. Beberapa 100 universitas terbaik di dunia yang bermitra dengan Lund, yaitu University of California, Melbourne University, University of British Colombia, Peking University, National University of Singapore, Hong Kong University, University of Edinburg, New York University, dan banyak lagi.


Untuk informasi lengkap mengenai Kuliah di Eropa, klik di sini.