Language

Ayo Kuliah di Belanda dengan Orange Tulip Scholarship

Last updated on 14 Oct 2019
Ayo Kuliah di Belanda dengan Orange Tulip Scholarship

WhatsApp Image 2019-03-22 at 22.07.21.jpeg

Oleh: Mia Angeline

Pingin melanjutkan studi di Eropa? Jangan lewatkan EHEF Indonesia 2019, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti!

Surabaya 31 Oktober 2019

Jakarta 2 - 3 November 2019

Bandung 5 November 2019

Registrasikan dirimu di sini! Acara ini GRATIS!


Belanda, yang dikenal sebagai negeri Kincir Angin, memang sudah lama menarik minat pelajar dari Indonesia.

Letaknya yang strategis dan kondisi alam yang mirip dengan beberapa kota di Indonesia, membuat beberapa jurusan di negara ini digemari oleh pelajar tanah air.

Apalagi antara Indonesia dan Belanda sudah terjalin kerjasama bilateral yang sudah berlangsung bertahun-tahun.

Kalau kalian bermimpi ingin kuliah di Belanda di tahun ini, namun masih ragu karena memikirkan masalah biaya, berarti kalian sedang beruntung. Kenapa?

Karena saat ini Orange Tulip Scholarship (OTS) sedang membuka pendaftaran lho!

Apa itu Orange Tulip Scholarship (OTS)?

OTS ini adalah program beasiswa parsial yang ditawarkan dari universitas yang ada di Belanda. Program ini tidak ditawarkan untuk seluruh negara, hanya untuk negara yang berpartisipasi dan diatur oleh NESO (Netherlands Education Support Offices).

Selain tidak ditawarkan untuk seluruh negara, tidak semua program studi dan universitas dapat didanai juga oleh OTS.

Jadi kalian hanya bisa mengajukan OTS untuk universitas dan program studi yang ada di dalam skema tahunan mereka. Bisa lihat di sini untuk skema tahun 2019-2020 ya.

Kalau kalian lolos seleksi program beasiswa ini, maka secara umum kalian akan mendapatkan potongan biaya studi dengan besaran beragam dari 30% hingga 100%, atau hanya tanggungan biaya hidup selama kalian kuliah di Belanda.

Karena besarannya parsial, berarti kalian harus siap mencari sponsor lain untuk menanggung sisa biayanya.


Daftar lengkap beasiswa di Belanda, klik di sini.


Lalu Bagaimana Proses Pendaftaran untuk Program OTS?

Jika kalian tertarik mengikuti program OTS, maka ikuti langkah-langkah proses pendaftarannya di bawah ini – jangan khawatir prosesnya mudah kok.

  1. Cek dahulu apakah universitas dan program studi yang kalian inginkan terdaftar dalam skema program OTS di tahun ini.

  2. Mulai proses pendaftaran ke universitas yang kalian tuju. Persyaratan untuk mengikuti program OTS kalian harus melakukan pendaftaran dulu ke universitas di Belanda. Jadi harus pelajari persyaratan yang diminta masing-masing universitas ya.

  3. Tunggu konfirmasi dari universitas melalui email atau sistem online application. Konfirmasi dari universitas ini perlu dilampirkan ketika kalian mendaftar program OTS.

  4. Siapkan beberapa dokumen untuk pengajuan program OTS, antara lain:

a. Formulir Pengajuan OTS yang dapat di download di website Neso Indonesia.

b. Bukti pendaftaran ke universitas di Belanda yang terdaftar dalam skema OTS.

c. CV kalian.

  1. Kirimkan seluruh dokumen dalam bentuk Word atau PDF ke ots@nesoindonesia.or.id dengan subyek email: OTS 2019-2020 Application-[nama universitas]-[nama kalian].

  2. Pastikan kalau kalian telah mendapatkan email konfirmasi dari Nuffic Neso kalau mereka telah menerima berkas softcopy kalian.

Kapan Batas Waktunya?

Untuk tahun 2019 ini, pendaftaran Orange Tulip Scholarship akan ditutup pada tanggal 1 April 2019. Namun ada beberapa universitas di Belanda yang memiliki batas waktu yang berbeda-beda. Jadi kalian harus cek juga ke website universitas yang kalian tuju.

Program OTS juga tidak memiliki persyaratan wawancara atau tes tertulis lho, seluruh proses sesuai yang telah dijelaskan di atas saja. Cukup mudah kan?

Pengumuman penerima beasiswa sendiri biasanya akan dilaksanakan antara bulan Mei – Agustus 2019.

Kalau masih ada informasi yang ingin kalian tanyakan atau cari lebih dalam, kalian bisa akses ke website Neso Indonesia ya atau klik di sini.

Yuk buruan daftar, jadi kalian bisa mencentang resolusi “Mendapat Beasiswa ke Belanda” di tahun ini. Sampai jumpa di negeri Tulip ya!

Untuk info lengkap kuliah di Belanda, klik disini.