Language

7 Destinasi Unik Ini Akan Membuatmu Ingin ke Dublin

Last updated on 15 Nov 2019
7 Destinasi Unik Ini Akan Membuatmu Ingin ke Dublin

IMG_9705.PNG

Oleh Erzawansyah
Secara geografis, Republik Irlandia tak dapat dikategorikan sebagai negara besar di Benua Eropa.

Namun begitu, keindahan alam, keramahan penduduk, riwayat peradaban dan kekayaan intelektual di negara tersebut telah membuktikan, bahwa negara ini merupakan salah satu negara yang patut diperhitungkan.

Apalagi ketika kamu berkunjung ke Ibukota Republik Irlandia, yaitu Dublin.

Kota Terbesar di Republik Irlandia memiliki segudang ‘keajaiban’ yang tak boleh kamu lewatkan. Bahkan, National Geographic sampai-sampai menyebutkan bahwa Dublin merupakan satu dari 20 kota terbaik di dunia yang patut kamu kunjungi.

Memangnya apa saja yang bisa dilakukan di sana?

Tentu banyak pengalaman yang bakal kamu dapat ketika sedang berada di sana. Apalagi, bila kamu benar-benar bisa mewujudkan impianmu untuk kuliah di salah satu kota paling kreatif di Eropa tersebut.

Nah, berikut pengalaman-pengalaman mengesankan yang tak boleh kamu lewatkan saat kamu berada di Dublin.

1. Mengunjungi Perpustakaan ‘Ajaib’ di Trinity College

Kalau kamu seorang penggemar Harry Potter, tentu kamu tahu bagaimana kesan ‘magic’ yang terdapat di Hogwarts, sekolah ilmu sihir yang fenomenal tersebut.

Kesan itu pula lah yang bakal kamu rasakan ketika berkunjung ke Perpustakaan di Trinity College. Bangunan yang mulai didirikan tahun 1592 ini memiliki kesan kuno dan mistis yang akan membuat kamu seolah-olah berada di sekolah penyihir.

Tidak hanya unggul dari segi arsitekturnya, koleksi buku lawas di perpustakaan ini jumlahnya mencapai 200.000 judul. Bila kamu kuliah di Republik Irlandia, maka perpustakaan yang tentunya berlokasi di Kota Dublin ini merupakan tempat yang wajib kamu kunjungi.

Untuk info lebih lengkap mengenai kuliah di Trinity College Dublin, klik di sini!

2. Menjelajahi Great South Wall di Teluk Dublin

Salah satu pengalaman yang juga tidak boleh dilewatkan ketika kamu sedang berada di Dublin adalah menjelajahi Great South Wall di Teluk Dublin.

Dinding yang dulu berfungsi sebagai benteng pertahanan ini, dibangun pada 1716. Great South Wall terhampar sepanjang 4 kilometer, menghubungkan pelabuhan Dublin dan juga Polbeeg Lighthouse, salah satu menara mercusuar tertua dengan arsitektur kuno yang mengesankan.

Tidak hanya itu, hanya dengan berjalan kaki di sepanjang jalan tersebut, kamu juga bakal disuguhi pemandangan indah dari birunya laut, yang mana menurut The New York Times, merupakan salah satu pemandangan paling indah di dunia.


Official Website: Education in Ireland


3. Berkunjung ke Bangunan Tujuh Lantai Berbentuk Gelas Guiness

Satu lagi objek wisata di Dublin yang tentunya bakal membuat kamu terkesan, yaitu Guinness Storehouse, sebuah gudang penyimpanan minuman asal Dublin yang namanya sudah mendunia itu.

Sejak dibuka ke publik pada tahun 2000, banyak turis berdatangan. Tercatat, Guiness Storehouse telah menerima lebih dari empat juta pengunjung dan menjadi destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di Irlandia.

Bangunan gudang terdiri dari tujuh lantai dan dibentuk menyerupai segelas Guiness lengkap dengan atrium kaca yang memperindah arsitektur bangunan. Kesan yang muncul dari arsitektur gudang inilah yang kemudian menjadi daya tarik bagi para wisatawan.

4. Kegembiraan Bersama Para Penduduk di The Hairy Lemon Pub

Bila ingin merasakan sensasi yang berbeda lainnya, datanglah ke The Hairy Lemon Pub, sebuah bar tua yang sejak dulu dikenal dengan nuansa kegembiraannya.

Di sana, kamu bakal dikejutkan dengan kehebohan dan permainan musik tradisional Irlandia. Kamu bisa saja duduk sejenak, sebagaimana berada di bar atau kafe lainnya. Akan tetapi, hukum itu tidak berlaku di sana. Sebab, iringan musik tradisional akan membuatmu terbawa suasana dan ikut menari bersama pengunjung lainnya.

Di samping itu, makanan tradisional di tempat yang berdesain kontemporer ini, juga bakal memanjakan lidahmu.

Penasaran?

Maka dari itu, apabila kamu benar-benar akan kuliah di Irlandia, sempatkan waktumu untuk berkunjung ke pub yang sudah dibangun sejak abad ke 19 itu.


Untuk daftar universitas di Irlandia, klik di sini.


5. Mengenal City of a Thousand Welcomes di The Little Museum of Dublin

Museum juga merupakan satu dari sekian banyak pilihan wisata yang banyak digemari, di Dublin.

Ada banyak museum di kota dengan julukan City of a Thousand Welcomes itu. Salah satu yang paling terkenal adalah The Little Museum of Dublin.

Di museum tersebut, kamu akan dimanjakan dengan karya seni menarik yang merupakan koleksi orang-orang Dublin sendiri. Terdapat setidaknya 5.000 barang kesenian yang dipamerkan di museum tersebut. Keberadaan museum ini juga didedikasikan untuk para penggemar grup band U2.

Tidak hanya pameran artefak kebudayaannya, museum ini juga banyak diisi oleh program-program menarik, seperti kelas “I Loves Dublin” yang ditujukan bagi pelajar berusia 6 s/d 17 tahun, serta program bagi turis lain yang bertujuan memperkenalkan Dublin sebagai City of a Thousand Welcomes.

6. Sensasi Mengerikan di Hellfire Club, Bekas ‘Markas’ Para Pemuja Setan

Kesan yang didapat ketika mengunjungi tempat ini memang terasa mengerikan. Begitu pun kisah-kisah yang akan kamu dapat dari para penduduk setempat.

Namun, bila kamu benar-benar ingin merasakan sensasi yang berbeda dari sebelumnya, Hellfire Club wajib kamu kunjungi. Karena di puncak bukit, kamu akan menemukan sisa-sisa dari Klub Hellfire yang dipercaya sebagai setan dan penyembah iblis. Sebuah kelompok yang memiliki kebiasaan mengundang iblis untuk diajak makan malam bersama.

Eiits, tapi tunggu dulu, walaupun cerita-cerita itu cukup mengerikan untuk didengar, kenyataannya Hellfire Club dan jalan menuju ke sana, merupakan sebuah pemandangan alam yang indah. Rerumputan hijau, angin dan pepohonan yang menyertai perjalananmu, akan membuat kamu sejenak merasa sedang berada di tempat yang tepat untuk menenangkan pikiran.


Baca Juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk Kuliah di Irlandia


7. Kembali ke Masa Lalu di Kastil Dublin

Mengunjungi Irlandia, tidak lengkap rasanya bila tidak ikut merasakan bagaimana sensasi menjadi penghuni kastil.

Karena Irlandia, juga dikenal sebagai negara yang penuh dengan kastil. Kondisi abad pertengahan di sana, membuat hampir semua wilayah di Irlandia memiliki kastil kuno yang megah.

Begitu pula saat kamu berkunjung ke Dublin. Di ibukota Irlandia itu, terdapat sebuah kastil yang dulunya merupakan wilayah pemukiman kelompok viking. Dinding batu, tirai, hingga parit di bangunan yang berdiri di awal abad ke-13 itu masih tampak asli.

Mengunjungi kastil ini, akan membuat kamu merasakan sensasi kembali ke masa lalu. Dimana saat itu, kastil tersebut menjadi kantor administrasi bagi pemerintah Inggris. Penasaran?

Nah,itulah tujuh pengalaman yang wajib kamu rasakan ketika sedang berada di Dublin, Republik Irlandia.

Selain ketujuh hal di atas, tentu masih banyak lagi pengalaman mengesankan yang bisa bakal menambah pengalamanmu, ada Phoenix Park, taman berdinding terluas yang berusia lebih dari 350 tahun, Penjara Kilmainham Gaol yang kini telah menjadi museum, makan di restaurant The Chapter One yang merupaka Michelin star restaurant dengan harga terjangkau, berpesta di bar paling iconic di Irlandia yaitu The Temple Bar dan masih banyak lagi!

Dari berbagai destinasi wisata yang ada di Dublin itu, kira-kira mana yang membuatmu tertarik?

Tenang saja, karena bila kamu sungguh-sungguh dalam mengejar cita-cita melanjutkan studi di Dublin, seluruh pengalaman itu ada di depan matamu.


Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Irlandia, klik di sini.