Language

5 Alasan Untuk Kuliah di Polandia!

Last updated on 29 Mar 2024
5 Alasan Untuk Kuliah di Polandia!

photo-1508930993032-fbbaf4f2821a.jpeg Photo by freestocks.org via Unsplash

Oleh Yuli S.

Untuk kalian yang ingin melanjutkan kuliah anda ke Eropa, Polandia merupakan salah satu pilihan negara yang patut kalian perhitungkan.

Polandia merupakan negara yang berkembang cepat di bidang ekonomi, dan mempunyai potensi untuk menjadi salah satu negara berpengaruh di dunia dalam kekuatan ekonomi.

Kehidupan demokratis di Polandia mendorong terciptanya iklim ekonomi yang tinggi dan kesejahteraan hidup warganya yang baik.

Lebih dari itu, masih banyak alasan lain Polandia adalah negara yang tepat untuk tempat studi kamu.


Untuk daftar lengkap beasiswa Kuliah di Polandia, klik di sini.


Inilah 5 alasan untuk kuliah di Polandia!

1. Pilihan universitas terbaik di dunia

Menurut Times Higher Education, ada sekitar 12 universitas di Polandia yang termasuk dalam jajaran peringkat universitas – universitas terbaik di dunia.

Beberapa universitas tersebut adalah University of Warsaw, AGH University of Science and Technology, Jagiellonian University, Warsaw University of Technology dan Adam Mickiewicz University.

Universitas terbesar di negara ini adalah University of Warsaw yang menawarkan beberapa program studi unggulan di bidang Arts & Humanities, Life Sciences, Physical Sciences dan Social Sciences.

2. Kualitas pendidikan yang baik

Polandia mempunyai kualitas pendidikan yang baik karena selalu ada badan yang memonitor dan mengevaluasi kualitas pendidikannya.

Badan yang bertanggung jawab untuk memonitor dan mengevaluasi kualitas pendidikan di negaranya adalah Polish Accreditation Committee, the General Council for Science and Higher Education dan the Conference of Rectors of the Academic Schools in Poland.

Ada sekitar 5000 jurusan program studi yang ditawarkan di universitas-universitas dan semuanya harus mendapat persetujuan dari Polish Accredication Committee.

Kalian tidak usah ragu karena dengan monitor dan evaluasi yang ketat, kalian akan mendapatkan kualitas pendidikan yang terjamin.


Untuk daftar lengkap universitas di Polandia, klik di sini.


3. Biaya kuliah dan biaya hidup yang terjangkau

Keuntungan lainnya yang bisa kalian dapatkan sebagai pelajar di Polandia adalah biaya kuliah dan biaya hidup yang masih terjangkau. Biaya hidup yang dikeluarkan tentunya bervariasi sesuai dengan gaya hidup kalian masing-masing.

Sedikit gambaran, biaya hidup mahasiswa di Polandia berkisar antara 350-750 Euro per bulan yang meliputi akomodasi, makanan, transportasi lokal, internet, dan jajan tambahan. Untuk mahasiswa yang belajar di Warsawa atau Krakow biaya hidupnya sedikit lebih tinggi berkisar antara 450-800 Euro per bulan.

Selain itu biaya uang kuliahnya pun tidak setinggi negara-negara Eropa lainnya. Uang kuliah untuk program Bachelor dan Masters mulai dari 2000 Euro per tahun. Tentunya faktor ini merupakan faktor penting yang harus diperhitungkan bila kalian memilih negara tujuan untuk melanjutkan kuliah. Tapi perlu diingat kalian juga harus bijak dalam mengatur pemakaian keuangan kalian.

4. Keragaman budaya

Sebagai pelajar, kalian tentu saja ingin juga menikmati kehidupan di negara tempat kalian belajar. Polandia kaya akan keragamaman budaya nya.

Kota- kota di Polandia sangatlah cantik, dengan banyaknya bangunan-bangunan historis, museum dan keindahan kota nya itu sendiri.

Kalian bisa mengunjungi Royal Castle dan Wilanow Palace di Warsawa dan juga Wawel Castle di Krakow. Selain itu banyak festival-festival musik, film dan budaya yang cukup terkenal seperti Jagiellonian Fair, Wesele Kurpiowskie, Crossroads Festival dan Warsaw International Film Festival yang bisa kalian nikmati sambil berkuliah di sini.

5.Kemudahan transfer kredit ke negara lain

Polandia merupakan anggota aktif Bologna Process. Hal ini memudahkan pelajar untuk mentransfer kredit kuliahnya ke sesama negara Uni Eropa lainnya dan diakui keabsahannya. Banyak pelajar yang datang ke Polandia maupun pelajar Polandia yang ingin belajar ke negara Uni Eropa lainnya menikmati kemudahan ini.

Sudah baca kan betapa asiknya kuliah di Polandia, yuk tunggu apalagi, persiapkan dirimu sedini mungkin untuk kuliah di Polandia!


Untuk informasi lebih lanjut mengenai kuliah di Polandia, klik di sini.