Study in Norway

Study in Norway

Last edited on 19 Aug 2019
Language





Selamat datang di Norwegia!

Norwegia menawarkan pengalaman belajar yang unik dan Institusi pendidikan tinggi Norwegia menyambut aplikasi yang dikirim oleh pelajar yang memenuhi syarat dari seluruh dunia.

Norwegia terkenal dengan pegunungan, fjord (teluk yang dalam) di pesisir pantai, sejarah kelautan, kehidupan pesisir yang unik, matahari di tengah malam selama musim panas, dan pertunjukan Olimpiade Musim Dingin yang keren. Teluk terkenal di Norwegia, termasuk teluk Geiranger di wilayah Sunnmøre (Merupakan salah satu situs peninggalan dunia UNESCO), teluk Sogne (terpanjang) teluk Hardanger (kedua terluas dan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi). Alasan utama lain yang menarik para turis adalah femomena Lingkaran Arktik yang juga dikenal sebagai Aurea Borealis (atau cahaya dari utara). Negara ini juga merupakan pilihan paling diminati oleh pelajar internasional, menawarkan banyak perguruan tinggi berkualitas, termasuk empat terdaftar dalam Peringkat Universitas Dunia QS 2016/17.

Internasionalisasi merupakan prioritas di segala sektor sistem pendidikan Norwegia, Universitas terus menerus berupaya untuk memfasilitasi pelajar internasional. Sekitar 15.000 pelajar manca negara pada saat ini menimba ilmu di institusi pendidikan tinggi Norwegia. Pelajar Internasional dapat mendaftar ke beragam program tingkat sarjana dan pasca sarjana. Kamu dapat datang ke Norwegia melalui program pertukaran pelajar, perjanjian institusi pendidikan atau sebagai pendatang yang bebas, yang menentukan lama tinggal secara mandiri (jenis perkuliahan, lama belajar dan keuangan)

Berkat minyak lepas pantai dan kekayaan sumber bahan bakar,  Norwegia memiliki pendapatan perkapita tertinggi ke empat di dunia dan salah satu negara dengan standar hidup tertinggi. Negara ini juga menjadi anggota dari banyak organisasi internasional; termasuk: PBB, NATO, Dewan Eropa, Dewan negara – negara Nordik, WTO dan OECD. Juga menjadi bagian dari Wilayah Schegen dan memelihara hubungan baik dengan Amerika dan Uni Eropa, walau menolak untuk menjadi anggota penuh Uni Eropa,

Bila kamu tertarik tetapi kuatir dengan suhu udaranya yang sangat dingin, jangan takut! Arus teluk yang hangat menjadikan Norwegia tidak sedingin bayanganmu. Dengan wilayah pesisir pantai yang relatif hangat dan suhu udara rata – rata di musim dingin jarang mencapai -4 oC (24.8 oC) di ibu kota Oslo, kamu dapat berkeliling dengan nyaman (tentu dengan pakaian hangat).


Sistem Pendidikan Tinggi 

Dengan pendidikan berkualitas memiliki cakupan luas dan fleksibel,Institusi di Norwegia terbukti menjadi tujuan belajar yang ideal. Ada banyak kesempatan bagi pelajar untuk memnuhi cita – cita mereka, dari pendidikan kejuruan, pasca sarjana hingga tingkat doktoral. Kamu juga akan mendapatkan keuntungan dari suasana yang hangat di universitas dan perguruan tingginya, pengajar yang mudah dihubungi dan biaya yang tidak besar. Hampir seluruh institusi memiliki fasilitas computer yang lengkap dengan akses internet gratis.

Norwegia memiliki tujuh universitas terakreditasi, Sembilan institusi universitas spesialis terakreditasi, 22 perguruan tinggi terakreditasi, dua perguruan tinggi seni  nasional yang terakreditasi dan beberapa institusi pendidikan tinggi yang institusi atau programnya terakreditasi.

Sistem pendidikan tinggi Norwegia termasuk institusi dan/atau programnya terakreditasi. Kecuali beberapa perguruan tinggi swasta, semua institusi pendidikan tinggi dikelola oleh negara. Pada umumnya, biaya tidak dibutuhkan untuk belajar di pendidikan tinggi, tetapi untuk program pendidikan tertentu mungkin akan dikenakan biaya, seperti program pendidikan spesialis dan perkuliahan di lembaga –lembaga swasta.

Sebagai tambahan kegiatan belajar – mengajar, semua institusi pendidikan tinggi khususnya universitas, bertanggung jawab untuk mengadakan riset dasar seperti pelatihan riset, terutama di level pasca sarjana dan program doktoral.

Sejak tahun 2013, Norwegia telah menindaklanjuti tujuan Proses Bologna dalam system pendidikan tinggi Eropa. Hampir seluruh bagian pendidikan diimplementasikan dengan jaminan kualitas. Pusat dari jaminan tersebut adalah 3 + 2 + 3 tingkat sistem pendidikan Sarjana, Master, dan PhD dengan menggunakan susunan standar Eropa.

Dengan diperkenalkannya sistem tingkatan yang baru, siswa mendapat kemudahan untuk menyelesaikan semua atau sebagian pendidikan mereka di Norwegia, untuk mendapat pengakuan atas kemampuan mereka di negara lainya.

Penilaian dan sistem kredit

Tahun akademik biasanya di mulai di pertengahan Agustus hingga pertengahan Juni. Mata kuliah diukur dalam “studiepoeng” berdasarkan  standar ECTS(Sistem Transfer Kredit Eropa). Beban kuliah setahun akademik penuh adalah 60 “studiepoeng”/kredit ECTS.

Penilaian untuk ujian program sarjana dan pasca sarjana diberikan berdasarkan skala penilaian dari A (tertinggi) hingga F (terendah), dengan E sebagai nilai kelulusan minimal. Nilai Lulus atau tidak di berikan di ujian.

(sumber: https://www.studyinnorway.no/study-in-norway/Education-system)