Study in Latvia

Study in Latvia

Last edited on 29 Jan 2023
Language





Selamat datang di Latvia!

Memiliki hutan yang indah, sungai dan danau, kota – kota yang dinamis dan kebudayaan multi etnis yang mempesona, Latvia merupakan daya tarik bagi semua orang. Kota ini juga mendapat predikat “Kota Penyimpan Rahasia Terbaik di Eropa”. Terletak di pertemuan antara Eropa Utara dan Timur, bahasa dan kebudayaan Latvia mendapat pengaruh dari negara – negara tetangga seperti Lithuania dan Estonia, namun Latvia masih mempertahankan identitas dan tradisinya.

Latvia sebagai anggota UNI EROPA sejak 2004 dan anggota Zona Euro sejak 2014 merupakan tempat belajar yang mengagumkan dengan biaya hidup yang lebih terjangkau bila dibandingkan dengan negara – negara Eropa lainnya. Bila kalian sedang mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan di Latvia baik Sarjana, Pasca Sarjana atau gelar PHD, berbagai lembaga pendidikan di Latvia menyediakan beragam pilihan berbagai jenis bidang studi. Jangan takut dengan kendala berbahasa. Di sini kalian juga bisa belajar dalam Bahasa Inggris dan berbagai Bahasa asing lainnya.

Latvia memiliki sistim pendidikan tinggi akademik dan profesional. Hampir semua institusi pendidikan tinggi menawarkan pendidikan tinggi berkualifikasi.

Program pendidikan tinggi akademik bertujuan untuk mempersiapkan para lulusan untuk melakukan penelitian mandiri dan juga memperlengkapi dengan pengetahuan teoritikal untuk tujuan profesional. Program – program pendidikan akademik diterapkan sesuai dengan standar pendidikan akademis nasional. Program – program yang ada pada umumnya meliputi tesis pada setiap akhir jenjang untuk kelulusan program sarjana maupun program pasca sarjana.

Program pendidikan tinggi profesional bertujuan untuk memberikan pengetahuan di bidang tertentu, mempersiapkan para lulusan untuk mendesain atau memperbaiki sistem, produk, dan teknologi selain itu juga memperlengkapi alumni untuk berkreasi, meneliti dan mengajarkan berbagai hal di bidang tertentu. Secara keseluruhan, waktu yang diperlukan untuk pendidikan profesional maupun kejuruan tidak lebih dari empat tahun setelah SMU dan tidak lebih dari dua tahun setelah kuliah.

Durasi untuk program sarjana bisa selama 3 atau 4 tahun. Lama waktu belajar sarjana dan paska sarjana tidak lebih dari 5 tahun. Program PHD berlangsung selama 3 – 4 tahun penuh.