Media
Language

Menetap di Finlandia

Last updated on 17 Aug 2018

Artikel 10.jpg Sumber: flickr.com

Oleh Daniel Hendrawirawan

Untuk kamu yang berminat untuk tinggal di negara Finlandia, ada baiknya kamu mempersiapkan diri dengan beberapa hal seperti berikut ini: belajar bahasanya, menemukan sekolah atau pekerjaan yang sesuai dan bergabung dengan komunitas setempat.

Setelah mendapatkan ijin tinggal, kamu akan diberikan informasi tertulis mengenai: kehidupan bermasyarakat dan bekerja di Finlandia, hak dan kewajibanmu serta pelayanan yang dapat membantu proses integrasimu ke dalam masyarakat Finlandia.

Ada beberapa tahapan yang perlu dilalui oleh kamu dan barangkali anggota keluarga yang ikut bersamamu ke Finlandia agar bisa menjalani kehidupan di negeri itu seperti berikut.


Baca juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk Kuliah di Finlandia


Initial Assessment

Pada proses initial assessment, kamu akan ditanyakan beberapa informasi mengenai kemampuan bahasa, latar pendidikan dan riwayat pekerjaan. Hal ini bisa dilakukan di Kantor Pengembangan Ketenagakerjaan dan Ekonomi atau Kantor Sosial dan bahkan di lokasi lain yang telah mereka tentukan misalnya di sebuah institut pendidikan.

Initial Assessment ini ditujukan bagi mereka yang terdaftar sebagai pencari kerja di Kantor Pengembangan Ketenagakerjaan dan Ekonomi, menerima bantuan pendapatan atau yang mengajukan sendiri Initial Assessment tersebut.


Universitas Populer di Finlandia: Finland University


Integration Plan

Ini merupakan tahapan berikutnya setelah Initial Assessment. Proses ini ditujukan bagi kamu yang pencari kerja yang sedang menganggur, menerima bantuan pendapatan atau berusia di bawah 18 tahun dan tidak memiliki wali di Finlandia.

Integration Plan ini bisa membantu kamu secara terinci dalam proses berbaur dengan kehidupan di Finlandia. Salah satu alat bantunya bisa berupa pelajaran bahasa Finlandia atau hal lain yang dirasa perlu saat kamu bahas hal ini dengan konsultan kerja atau petugas sosial setempat.

Integration Plan ini harus dibuat tidak lebih dari 3 tahun sejak kamu mendapatkan ijin tinggalmu di Finlandia. Durasi program ini bisa sampai dengan maksimal 5 tahun agar kamu diharapkan sudah bisa menyesuaikan diri dengan kehidupan disana.

Setelah ini berlaku, kamu bisa mendapatkan subsidi lapangan kerja atau bantuan pendapatan. Dalam memenuhi program integration plan yang telah kamu siapkan, bantuan yang kamu terima bisa saja berasal dari pemberi kerjamu, misalnya bantuan pembayaran biaya belajar bahasa Finlandia atau mencarikan tempat tinggal yang layak dan baik untukmu disana.


Universitas Populer di Finlandia: University of Helsinki


Integration Training

Setelah integration plan kamu selesai, kamu bisa mendapatkan integration training yang dirancang oleh kotamadya, Kantor Pengembangan Ketenagakerjaan dan Ekonomi dan banyak institusi pendidikan. Materi yang diberikan berkisar hal mengenai pelajaran Finlandia atau Swedia juga pengenalan ke budaya, masyarakat dan kehidupan bekerja di Finlandia.

Di Finlandia, mereka memberikan kebebasan beragama apa saja bagi semua warga disana. Bahkan bagi orang yang memilih untuk tidak memeluk suatu agama pun, tidak dilarang di Finlandia.

Untuk info lebih lanjut mengenai kuliah di Finlandia, klik di sini.