Language

Studi di Negara Paling Bahagia di Dunia: Info Lengkap Tentang Studi di Finlandia

Last updated on 18 Apr 2024
Studi di Negara Paling Bahagia di Dunia: Info Lengkap Tentang Studi di Finlandia

flag-of-finland-201175_960_720.jpeg

Sumber: Cara Kuliah di Finlandia - Kedutaan Besar Finlandia | Study in Finland | EHEF Indonesia 2023

Memilih negara destinasi untuk melanjutkan studi bisa menjadi sesuatu yang membingungkan, apalagi jika dihadapkan dengan berbagai pilihan negara yang menawarkan kualitas studi yang bagus bagus seperti negara negara di Eropa. Bagi kalian yang ingin melanjutkan studi di Eropa tapi masih bingung negara mana yang tepat untuk kalian, negara dengan predikat negara paling bahagia selama 6 tahun ini mungkin bisa menjadi opsi kalian. Harley, selaku representatif dari studyinfinland.fi pada acara EHEF Indonesia 2023, memberikan gambaran bagaimana sistem pendidikan tinggi yang ada, biaya kuliah dan hidup selama studi di Finlandia, serta alasan alasan kenapa kalian harus mempertimbangkan kuliah di Finlandia.

Sistem Pendidikan Tinggi di Finlandia

Terdapat dua sistem pendidikan tinggi di Finlandia yang memiliki profilnya masing masing, yaitu:

University of Applied Sciences (UAS)

UAS merupakan sistem pendidikan yang berorientasi profesional. Di University of Applied Sciences murid dilatih untuk menjadi profesional yang dapat memenuhi kebutuhan pasar tenaga kerja dan melakukan penelitian dan pengembangan. Di Finlandia terdapat 22 universitas yang tersedia dan saat ini ada 10.000 murid internasional yang mengambil program di University of Applied Sciences.

Ada hal yang perlu dicatat untuk kalian yang tertarik mengambil program S1 di University of Applied Sciences. Jika kalian mengambil S1 di UAS dan tertarik untuk mengambil S2, salah satu yang menjadi persyaratan adalah kalian harus memiliki 2 tahun pengalaman kerja setelah lulus S1.

Academic University

Academic University menawarkan program Bachelor, Master, dan PhD. Jika kalian mengambil program S1 di Academic University dan ingin melanjutkan S2 kalian bisa langsung mendaftar tanpa memerlukan pengalaman kerja terlebih dahulu.

Untuk info lebih detil mengenai program studi Sarjana dan Master kalian bisa cek di studyinfo.fi dan studyinfinland.fi

Biaya Kuliah di Finlandia

Secara garis besar, murid internasional yang mengambil studi berbasis bahasa Inggris di Finlandia akan dikenakan tuition fee. Sedangkan jika kalian mengambil PhD baik dalam bahasa Inggris atau program studi dalam bahasa Finlandia atau Swedia, maka seluruh biaya kuliah kalian gratis.

Biaya kuliah di Finlandia sendiri bervariasi dari angka EUR 5.000 - 15.000 per tahun. Jika biasanya biaya kuliah tersebut dihitung berdasarkan jumlah kredit yang diambil, di Finlandia biaya kuliah tersebut dihitung berdasarkan waktu yang kalian habiskan. Jadi tidak ada batasan seberapa banyak kredit yang bisa kalian ambil dalam 1 semester meskipun normalnya rata-rata murid mengambil 30 kredit per semesternya.

Kehidupan Pelajar di Finlandia

Berdasarkan cerita Aino, selama ia berkuliah di Vaasa University, ia banyak mengikuti kegiatan dan acara yang diadakan oleh Student Association. Menurut ceritanya, setiap minggu pasti ada kegiatan yang diadakan, mulai dari pesta, aktivitas olahraga, trial yoga, hingga bermain ski.

Selain itu, ada banyak tempat yang memberikan banyak diskon untuk pelajar juga, salah satunya diskon untuk makan siang di kafetaria.

Bekerja di Finlandia

Selama menjadi pelajar di Finlandia, kesempatan untuk menambah uang jajan dengan mengambil kerja paruh waktu sangat terbuka di sana. Di Finlandia, pelajar bisa mengambil kerja paruh waktu maksimal 30 jam per minggu. Mengambil kerja paruh waktu juga bisa menjadi kesempatan bagus untuk memperluas jaringan pertemanan dan menambah pengalaman kerja.

Selain itu, setelah kalian lulus dari universitas di Finlandia, kalian mendapatkan waktu selama 2 tahun untuk mencari pekerjaan di Finlandia atau untuk melanjutkan studi ke jenjang berikutnya. Berbagai lowongan pekerjaan dapat diakses dengan mudah lewat situs-situs lowongan kerja di Finlandia, salah satunya Jobsinfinland.fi.

Beasiswa yang Tersedia di Finlandia

Di Finlandia, beasiswa nasional yang diadakan oleh pemerintah memang tidak tersedia namun terdapat berbagai pilihan beasiswa baik untuk mahasiswa internasional tingkat sarjana dan magister. Jenis beasiswanya pun beragam. Ada yang bisa membiayai kuliah kalian secara parsial, ada yang juga bisa 100%.

Untuk informasi lengkap seputar beasiswa di Finlandia bisa dilihat di sini.

5 Alasan Kenapa Harus Memilih Finlandia

Berdasarkan penuturan Harley, ada setidaknya 5 alasan kenapa kalian harus mempertimbangkan untuk studi di Finlandia.

1. Sistem Edukasi dan Kualitas Pendidikan yang Maju

Negara yang letaknya di sebelah Utara Eropa dan bertetangga dengan Swedia dan Norwegia ini terkenal sebagai salah satu negara dengan sistem edukasi dan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Menurut data, terdapat kurang lebih 14.000 mahasiswa internasional yang belajar di Finlandia dan Finlandia juga memiliki 9 universitas yang masuk dalam jajaran universitas terbaik di dunia menurut QS world ranking. Secara garis besar, sistem edukasi di Finlandia tidak kalah dengan sistem edukasi negara berbasis bahasa Inggris lainnya di dunia seperti Inggris, Amerika, Kanada dan Australia.

2. Lingkungan yang Hijau dan Kaya akan Inovasi

Finlandia merupakan negara nordik di Eropa Utara yang memiliki populasi 5.5 juta penduduk yang secara letak geografis berdekatan dengan Swedia dan Norwegia. Finlandia terkenal sebagai negara di Eropa yang wilayahnya paling banyak dipenuhi hutan. Sekitar 75% wilayah di Finlandia merupakan hutan, yang berarti penduduk di daerah perkotaan pun tidak pernah jauh dari alam. Kemudian, meskipun Finlandia merupakan salah satu negara di Eropa dengan populasi penduduk paling sedikit, tetapi negara ini bisa menghasilkan banyak inovasi di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang teknologi.

3. Maju di Bidang Teknologi

Finlandia merupakan negara yang digerakkan oleh teknologi. Sebagaimana kita tahu, Finlandia memiliki sejarah menciptakan salah satu teknologi di bidang komunikasi yang terkenal di dunia lewat Nokia. Hingga saat ini, Finlandia juga masih terus menciptakan IT Solutions dan Smart Solutions untuk masalah kehidupan sehari-hari.

4. Lingkungan yang Aman

Dalam hal keamanan, Finlandia juga merupakan salah satu negara teraman di dunia menurut Global Peace Index. Hal ini tentu menjadi salah satu yang harus diperhatikan juga dalam memilih negara tujuan studi.

5. Bagian dari European Nation (EU)

Finlandia bergabung dalam EU pada tahun 1995. Bergabung dalam EU tentunya memberikan stabilitas politik yang penting bagi suatu negara dan hal ini juga bisa menjadi bahan pertimbangan dalam memilih negara tujuan studi.

Finlandia: Negara Paling Bahagia di Dunia untuk ke 6 Kalinya

Selain 5 poin diatas, Harley menyebutkan hal penting lainnya yang menjadi suatu kebanggaan bagi negara Finlandia dan menjadi salah satu alasan paling penting mengapa kalian harus melanjutkan studi di Finlandia yaitu, happiness. Finlandia telah ditetapkan sebagai negara paling bahagia di dunia untuk ke 6 kalinya. Menurut Harley, tingkat kebahagiaan di Finlandia dilihat dari sesuatu yang lebih dalam, misalnya dilihat dari kejelasan, ketenangan, kemampuan untuk bisa fokus terhadap suatu hal, kemampuan untuk bisa mencapai banyak hal dan mendapatkan kedamaian dalam pikiran.

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu kalian ketahui tentang studi di Finlandia. Jika kalian sedang mencari tempat kuliah di Eropa yang terjangkau, aman, dipenuhi dengan penduduk yang bahagia dan melek teknologi, serta memiliki sistem pendidikan yang berkualitas, Finlandia bisa menjadi jawabannya.