Language

Kuliah di Eropa Tengah, Polandia dan Berbagai Opsi Beasiswa

Polandia menawarkan sistem pendidikan yang terintegrasi dengan Uni Eropa, memungkinkan ijazah dari universitas di Polandia diterima di seluruh negara Uni Eropa, dengan biaya kuliah yang bervariasi antara €1600 - €2200 per semester tergantung program dan jenis universitas. Selain itu, terdapat banyak pilihan beasiswa bagi mahasiswa internasional, termasuk Beasiswa Stefan Banach yang diselenggarakan oleh pemerintah Polandia untuk negara-negara mitra, menawarkan cakupan biaya kuliah dan tunjangan bulanan.


Last updated on 21 Apr 2024
Kuliah di Eropa Tengah, Polandia dan Berbagai Opsi Beasiswa

Screen Shot 2024-04-02 at 12.51.39.png

Sumber gambar: unsplash.com/@linaos

Oleh: A.R. Lintang

Sumber: Cara Kuliah di Polandia - Kedutaan Besar Polandia | Study in Poland | EHEF Indonesia 2023

Kalau berbicara tentang kuliah di Eropa Tengah, Jerman bukan satu-satunya yang terbaik, tapi juga ada Polandia yang terletak di jantung benua Eropa. Posisi Polandia yang berada di tengah-tengah Eropa sangat menarik bagi orang asing yang berkunjung ke negara itu. Untuk menuju negara tetangganya seperti Belanda dan Jerman atau ke arah utara seperti Latvia dan Lituania maupun ke arah tengah seperti Ceko dan Slowakia jaraknya cukup dekat dan aksesnya mudah. Polandia yang bendera kebangsaannya berbalikan dengan Indonesia ini ternyata memiliki sistem pendidikan yang mirip dengan Indonesia. Universitas-universitas di Polandia sudah masuk ke dalam QS Universities Rankings. Selain itu banyak pilihan beasiswa bagi pelajar/mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya di sana.

Sistem Pendidikan di Polandia

Sistem pendidikan Polandia menggunakan Bologna Process untuk memastikan adanya perbandingan dalam standar dan kualitas kualifikasi pendidikan tinggi di Eropa. Dengan terintegrasinya sistem pendidikan & kualitas pendidikan di Polandia dengan Uni Eropa, sertifikat dan ijazah dari universitas di Polandia bisa diterima di seluruh negara Uni Eropa.

Program S1 (Bachelor)

  • Masa studi: 4 tahun
  • Kriteria pendaftar: Matura Certificate (setara dengan ijazah SMA dan harus dilegalisasi ke
  • Kemenkumham)
  • Pendaftar mengikuti ujian masuk perguruan tinggi di Polandia

Program S2 (Master)

Masa studi: 1,5 - 2 tahun Mahasiswa dapat menempuh continue program dengan skema long cycle, yaitu mengikuti program Master dari jenjang S1 langsung S2 ataupun mengambil program S2 saja bagi yang sudah lulus program S1.

Program S3 (PhD)

Masa studi: 3 - 4 tahun

Kampus-kampus di Polandia sangat fokus terhadap bidang kajian, misal: medical university, economic university, technical university dst.

Range tuition fee per semester €1600 - €2200, tergantung dengan program studi dan juga apakah kampus private ataupun public.

Banyak universitas di Polandia menawarkan program studi yang diajarkan sepenuhnya dalam bahasa Inggris, sehingga dapat diikuti oleh mahasiswa asing. Namun sangat disarankan mahasiswa asing yang berkuliah di sana mengerti bahasa dan budaya di Polandia. Pemerintah Polandia menyediakan Preparatory Course di kampus-kampus yang berlangsung 1-2 bulan sebagai kelas persiapan atau orientasi untuk mahasiswa asing untuk belajar dan mengenal bahasa, budaya, transportasi umum, cara berinteraksi/sosialisasi dengan warga lokal, serta tempat2 penting yang dapat dikunjungi dalam keadaan darurat (Rumah Sakit, kantor polisi dll.).

Beasiswa Pemerintah Polandia

1. Stefan Banach Scholarship

Beasiswa Stefan Banach sudah berlangsung dari tahun 2017 yang diselenggarakan oleh pemerintah Polandia untuk negara-negara mitra. Awalnya beasiswa ini bernama Beasiswa Ignacy Lukasiewicz sebelum berubah nama menjadi Stefan Banach di tahun 2021. Beasiswa ini dikelola oleh NAWA (NAWA Polish National Agency for Academic Exchange) di bawah pengawasan Ministry of Foreign Affairs, The Ministry of Education and Science. Detail beasiswa sebagai berikut:

  • Durasi beasiswa: 3 tahun
  • Program studi: Teknik (Engineering), Medical, IT, Forestry, Agriculture, Ilmu Hayati (Life
  • Science)
  • Cakupan beasiswa: Tuition fee, dan monthly allowance (estimasi Rp 4.500.000 - Rp 5.500.000)
  • Pendaftaran: Februari hingga Maret
  • Pengumuman seleksi: Januari minggu ke-2 hingga minggu ke-3

Mahasiswa Indonesia adalah pelamar beasiswa terbanyak dan makin meningkat tiap tahunnya. Selain itu mahasiswa Indonesia adalah penerima beasiswa terbanyak. Data 2017 menyebutkan bahwa 20 dari 30 beasiswa yang tersedia diberikan kepada mahasiswa Indonesia. Rata-rata mahasiswa Indonesia penerima beasiswa Stefan Banach berasal dari universitas-universitas berikut: IPB, ITS, UNDIP.

Negara mitra yang masuk ke dalam kerja sama beasiswa ini adalah sebagai berikut: Albania, Angola, Argentina, Armenia, Azerbaijan, Belarus, Bosnia dan Herzegovina, Brasil, Kolombia, Ethiopia, Georgia, India, india, Irak, Iran, Yordania, Kazakhstan, Kenya, Kosovo, Lebanon, Meksiko, Moldova, Montenegro, Nigeria, Makedonia Utara, Palestina, Peru, Filipina, Senegal, Serbia, Afrika Selatan, Tanzania, Tunisia, Ukraina, Uzbekistan, dan Vietnam.

2. UNESCO/Poland Co-Sponsored Fellowship Programme “Engineering”

  • Durasi beasiswa: 6 bulan
  • Beasiswa ini berupa program penelitian atau riset individu kerja sama dengan AGH University of Science and Technology di Krakow.
  • Cakupan beasiswa: Tuition fee dan monthly allowance (estimasi 400 USD) serta tiket kepulangan dan asuransi kesehatan

3. PhD (Polish National Programme)

  • Semua mahasiswa doktoral dari seluruh negara dapat mengikuti program beasiswa PhD ini
  • Beasiswa: Estimasi 600 – 930 USD
  • Proses penerimaan berdasarkan ujian masuk dan persyaratan tertentu yang disebutkan oleh universitas pada situsnya

4. Individual Scholarship/Tuition-free studies

Beasiswa yang diberikan oleh masing-masing universitas atau organisasi di suatu kota, misalnya; Study in Lublin, yang biasanya didasarkan pada hasil dan/atau aktivitas yang luar biasa. Detail informasi dapat menghubungi langsung institusi masing-masing.

Beasiswa Pemerintah Provinsi Daerah NTB

Selain beasiswa pemerintah Polandia, ternyata ada beasiswa terobosan pemerintah provinsi NTB di bawah kepemimpinan pasangan Zul-Rohmi, yaitu Gubernur Dr. H. Zulkieflimansyah, S.E., MSc dan Wakil Gubernur Dr. Ir. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. Beasiswa ini diberikan untuk putra-putri daerah NTB berprestasi sejak tahun 2019 untuk berkuliah di luar negeri, salah satunya Polandia.

Biaya Hidup di Polandia

Meskipun masuk dalam negara Uni Eropa, Polandia tidak menggunakan Euro sebagai mata uangnya, melainkan Zloty(PLR). Selain Warsawa, kota-kota seperti Krakow, Wroclaw, Lodz, dan Gdańsk memiliki biaya hidup yang relatif terjangkau. Menurut Lukas Tambunan, Staf Politik dan Ekonomi Kedutaan Besar Republik Polandia di Jakarta, biaya satu kali makan di kota seperti Gdańsk hampir sama dengan biaya di Jakarta. Lalu di Warsawa, dengan uang saku yang sama, uang saku yang dapat disisihkan lebih banyak jika dibandingkan dengan Berlin, Jerman.

Rata-rata Pengeluaran Per Bulan di Polandia

Screen Shot 2024-04-02 at 12.21.24.png Sumber: NAWA

Di tiap kampus disediakan student dormitory dengan biaya yang terjangkau. Opsi lain untuk tempat tinggal adalah dengan flat sharing atau apartemen, dengan fasilitas yang lebih baik tetapi juga dengan biaya yang lebih tinggi.

Selain itu, untuk pemegang kartu mahasiswa bisa mendapat potongan harga saat berbelanja di Biedronka (minimarket di Polandia), ataupun saat menggunakan transportasi umum seperti subway, trem dll.

Kehidupan di Kota-kota Polandia

1. Krakow

Kota Krakow salah satu kota paling bersejarah dan kaya budaya di Polandia yang dikenal sebagai The Old Capital of Poland adalah kota terbesar kedua setelah Warsawa. Kota pelajar dengan Jagiellonian University sebagai salah satu universitas tertua di dunia.

2. Gdańsk

Kota Gdańsk adalah sebuah kota pelabuhan yang terletak di pantai Baltik Polandia. Meskipun terletak di pesisir pantai, kota Gdańsk sangat hijau dan asri, dengan penataan kota yang baik. Gdańsk terkenal dengan sebutan “The Capital City of The World of Amber”. Banyak toko dan galeri yang menjual perhiasan amber, karya seni, dan suvenir di seluruh kota yang sering disebut sebagai “Baltic Gold”.

3. Zielona Góra

Zielona Góra, sering disebut sebagai “Green Mountain”, adalah kota menawan yang terletak di Polandia barat. Meskipun populasi penduduknya kecil, tapi kota ini sangat ramah terhadap para pelajar. Zielona Góra terkenal dengan kebun anggur dan produksi anggurnya. Iklim dan kondisi tanah kota yang mendukung budidaya tanaman anggur dan tempat diadakannya festival tahunan anggur terbesar di Polandia.

4. Tychy

Kota yang menyajikan perpaduan unik antara budaya dan keindahan alam, serta perpaduan bangunan klasik dan modern. Tata kota yang tetap lestari dan selalu menjaga lahan terbuka hijau untuk tidak diubah menjadi tempat tinggal penduduk.

Kerja Sama Kedutaan Polandia dengan Universitas di Indonesia Kedutaan Polandia bekerja sama dengan beberapa universitas di Indonesia mengadakan kursus bahasa Polandia bagi mahasiswa maupun masyarakat umum secara gratis sejak dari tahun 2016. Karena permintaan yang tinggi dari mahasiswa Indonesia yang mempersiapkan diri kuliah ke Polandia, Indonesia menjadi penerima kursus bahasa Polandia terbanyak. Pengajar adalah native speaker dari pemerintah Polandia. Berikut universitas-universitas penyelenggara kursus bahasa Polandia di Indonesia:

  • Universitas Indonesia: Diadakan khusus mahasiswa UI sebagai salah satu mata kuliah yang bisa diambil.
  • Universitas Atma Jaya Jakarta: Diselenggarakan di bawah kantor urusan internasional dan dapat diikuti oleh masyarakat umum, termasuk staf akademik Atma Jaya.
  • Universitas Airlangga: Sudah dibuka sejak tahun 2022.
  • Akan dibuka kelas baru di Mataram, Lombok, NTB.

Kesempatan berkuliah di Polandia terbuka lebar dengan banyaknya pilihan program studi, universitas- universitas berkualitas terbaik, pilihan kota-kota tempat tinggal yang rendah biaya hidupnya, ditambah opsi-opsi beasiswa yang kompetitif. Beasiswa Stefan Banach juga menjadi pilihan yang bisa dipertimbangkan untuk mahasiswa Indonesia yang berminat melanjutkan studinya ke Polandia. Pengumuman dan info detail tentang pembukaan pendaftaran beasiswa Stefan Banach dapat dilihat di media sosial @plddiindonesia. Informasi tentang pilihan studi di Polandia dapat mengunjungi situs study.gov.pl. Informasi lain tentang beasiswa, visa pelajar dan biaya kuliah di Eropa untuk mahasiswa Indonesia kunjungi situs ehef.id atau media sosial @ehef.id.