Language

Ketahui Info Lengkap Kuliah di Belgia: Salah Satu Negara dengan Lokasi Paling Strategis di Eropa

  • Belgium is an interesting option for study abroad due to its strategic location in Europe, high-quality education system, and open-minded and multicultural society.
  • The higher education system in Belgium is divided into two: The Flemish Higher Education in Flanders and Brussels and French Speaking Higher Education in Wallonia-Brussels Federation.
  • The cost of tuition in Belgium varies from 1,000 to 8,000 EUR per year, depending on the program of study. The cost of living is around 18 million Rupiah per month.
  • There are a number of scholarships available for international students to study in Belgium.
  • Some of the reasons why you should consider studying in Belgium include its central location in Europe, its proximity to major cities like London, Paris, and Amsterdam, its open-minded and multicultural society, and its vibrant student life.

Last updated on 03 May 2024
Ketahui Info Lengkap Kuliah di Belgia: Salah Satu Negara dengan Lokasi Paling Strategis di Eropa

atomium-4035100_960_720.jpeg Sumber: Pixabay

Oleh: Kristantinova

Sumber: Cara Kuliah di Belgia - Wallonie Bruxelles Campus | Study in Belgium | EHEF Indonesia 2023

Pembicara: Renilda, sebagai perwakilan The Flemish Higher Education in Flanders and Brussels, dan Olivier, sebagai perwakilan French Speaking Higher Education in Wallonia-Brussels Federation

Buat kalian yang sedang berpikir untuk melanjutkan studi di Eropa, Belgia yang merupakan salah satu dari enam negara pendiri Uni Eropa dan juga merupakan rumah bagi Komisi Eropa, Dewan Uni Eropa, dan NATO, bisa menjadi pilihan menarik. Pada kesempatan kali ini, dua perwakilan dari pendidikan tinggi di Belgia, Renilda dan Olivier menjelaskan banyak hal tentang sistem pendidikan dan info lengkap lainnya seputar studi di Belgia.

Sistem Pendidikan Tinggi di Belgia

Belgia merupakan negara kerajaan yang memiliki tiga negara bagian: Daerah Flandria (Flanders) yang terletak di sebelah Utara dan mayoritas berbahasa Belanda, Daerah Walonia (Wallonia) yang berada di sebelah Selatan dan mayoritas berbicara dalam bahasa Prancis, dan Daerah Ibukota Brussel yang multibahasa (Belanda, Prancis, dan Jerman). Oleh karena terbagi menjadi 3 bagian, maka sistem pendidikan tinggi di Belgia pun dibagi menjadi 2:

The Flemish Higher Education in Flanders and Brussels

Meskipun bahasa utama yang digunakan di daerah Utara Belgia ini adalah bahasa Belanda namun universitas yang ada di Flanders banyak menawarkan program studi dalam bahasa Inggris. Di Flanders institusi pendidikan tinggi terbagi menjadi 3, Universities, University of Applied Sciences (UAS), dan School of Arts.

Universities yang ada di Flanders berjumlah 5 dengan total murid 160.000 dan 13% diantaranya murid internasional. Sedangkan untuk UAS kurang lebih ada 150.000 murid. Program studi yang ditawarkan dalam bahasa Inggris juga terbilang banyak, yaitu:

  • 64 BA Degree
  • 5 Advanced BA Degree
  • 272 MA
  • 48 Advanced MA Degree
  • 61 Postgraduate Degree
  • 100+ PhD programme

Sekedar info, bagi kalian yang belum tahu, Advanced BA dan Advanced MA Degree merupakan program studi yang bisa kalian ambil jika kalian sudah mempunyai gelar BA atau MA sebelumnya di jurusan tersebut sehingga kalian bisa mendapat gelar BA atau MA kedua melalui Advanced BA atau Advanced MA ini.

Selain itu hal lain yang perlu kalian ketahui juga adalah jika biasanya di negara lain seperti di Indonesia murid bisa mengambil program Master dan PhD dalam waktu yang bersamaan, tidak halnya dengan di Belgia. Di Belgia, untuk bisa mengambil program PhD kalian harus sudah memiliki gelar Master terlebih dahulu.

French Speaking Higher Education in Wallonia-Brussels Federation

Di negara bagian Selatan ini tidak kalah menarik juga. Di sini terdapat 5 universitas dengan total 115.000 murid dan 25% diantaranya merupakan murid internasional. Bahkan jika kalian mengambil program PhD, 50% diantaranya merupakan murid internasional. Selain universitas, di negara bagian Wallonia ini juga ada University College dan School of Arts. Meskipun kebanyakan program studi dominan berbasis bahasa Prancis tetapi ada juga jurusan yang menawarkan studi dalam bahasa Inggris, khususnya di jenjang Master.

Kalendar Akademik di Belgia

Buat kalian yang penasaran bagaimana sistem belajar di Belgia jika sudah kuliah nanti, kurang lebih sebagai berikut:

  • Semester 1: pertengahan September - Januari

  • Libur musim dingin: akhir Desember - awal Januari

  • Ujian semester 1: Januari - akhir Januari (setelah selesai ujian ada 1 minggu libur)

  • Semester 2: Februari - pertengahan Mei

  • Libur musim panas: akhir April - awal Mei

  • Ujian semester 2: akhir Mei - Juni

Jika kalian memiliki mata kuliah yang harus diulang, kalian memiliki kesempatan untuk mengulanginya di saat libur pergantian semester yaitu di bulan Juli hingga September.

Biaya Kuliah dan Persyaratan Kuliah di Belgia yang Harus Diperhatikan

Biaya kuliah di Belgia bervariasi dari 1.000 - 8.000 EUR, tergantung dari jurusan yang kalian ambil. Jika kalian mengambil jurusan seperti engineering, kisaran biaya kuliah adalah 6.000 - 7.000 EUR per tahun, sedangkan untuk jurusan bisnis bervariasi dari 3.000 - 5.000 EUR per tahun.

Untuk kriteria pendaftaran, pada umumnya kalian akan diminta untuk menyertakan ijazah kalian sebelumnya. Selain itu, kalian juga akan diminta untuk melampirkan hasil ujian bahasa Inggris seperti IELTS atau tes bahasa Inggris yang diakui secara internasional lainnya. Sebagai tambahan, jika kalian mengambil jurusan seperti engineering, kalian juga akan diminta untuk melampirkan hasil tes matematika atau sains kalian (SAT, ACT, atau GMAT).

Biaya Hidup di Belgia

Biaya hidup di Belgia juga bervariasi namun secara garis besar Renilda dan Olivier memberikan gambaran kisaran biaya hidup di Belgia adalah di angka 18 juta Rupiah per bulannya. Angka tersebut sudah mencakup biaya akomodasi, kelas dan buku, makan, kesehatan dan asuransi, transportasi publik, dan telepon.

Kemudian kalian juga bisa melakukan kerja part time dengan batas waktu kerja 20 jam per minggunya. Selain itu, setelah kalian menyelesaikan kuliah di Belgia kalian juga mendapatkan kesempatan untuk memperpanjang masa tinggal kalian di Belgia selama 12 bulan untuk mencari kerja di sana.

Beasiswa yang Tersedia untuk Berkuliah di Belgia

Beasiswa yang disediakan di Belgia juga bergantung pada negara bagiannya. Untuk The Flemish Higher Education in Flanders and Brussels beasiswa yang tersedia adalah:

1. Erasmus Mundus

2. The Mastermind Scholarship

Beasiswa ini berlaku untuk semua jurusan dan untuk semua murid dari negara manapun yang ingin mendaftar. Beasiswa ini mencakup pembiayaan uang kuliah secara penuh ditambah dengan tambahan dana 9.600 EUR bagi peraih beasiswa. Namun beasiswa ini tidak mencakup biaya pesawat dan biaya awal setelah tiba di Belgia untuk persiapan kuliah.

3. VLIR-UOS Scholarship

Beasiswa ini berlaku untuk 15 program studi secara spesifik dan hanya untuk negara negara tertentu saja. Kabar baiknya, Indonesia merupakan salah satu yang ada dalam daftar beasiswa ini. Beasiswa ini membiayai kuliah secara penuh dengan tambahan dana 1.150 EUR per bulannya. Selain itu biaya pesawat dan biaya awal setelah tiba dan tinggal di Belgia untuk memulai kuliah.

Sedangkan beasiswa yang tersedia pada French Speaking Higher Education in Wallonia-Brussels Federation adalah:

  • Erasmus Mundus
  • Excellence Program WBI: Beasiswa ini banyak tersedia untuk program studi postdoctoral dan Master

Kenapa Harus di Belgia?

Ada banyak alasan kenapa kalian harus mempertimbangkan kuliah di Belgia.

1. Negaranya kecil tetapi berlokasi di jantung Eropa.

Belgia menjadi rumah bagi organisasi organisasi penting dunia seperti Uni Eropa dan NATO. Ribuan perusahaan bertaraf internasional juga banyak berdiri di sana, yang artinya kesempatan untuk mendapatkan pengalaman dan koneksi yang berkualitas sangatlah tinggi.

2. Lokasinya strategis.

Kota kota besar dari negara tetangga seperti London, Paris, dan Amsterdam, hanya berjarak satu hingga dua jam dari Brussel.

3. Negara yang berpikiran terbuka, multikultural dan memiliki sistem pendidikan yang berkualitas.

4. Memiliki lingkungan masyarakat yang penuh semangat.

Ada banyak festival musik dan budaya yang bisa kalian datangi.

Itu tadi sekilas informasi tentang sistem kuliah dan hal lain terkait studi di Belgia. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa kunjungi situs studyinflanders.be dan studyinbelgium.be.