Media
Language

Apa Saja yang Harus Dipersiapkan Sebelum Acara Scholarships Day?

Last updated on 04 May 2018

Scholarships day 2x3.jpeg

Oleh Kristantinova

Apakah kalian sudah mengetahui acara ASEAN-EU Cooperation and Scholarships Day? Acara yang diselenggarakan pada Sabtu, 26 Mei 2018 pukul 09.30-16.30 di ASEAN Secretariat ini dapat menjadi tempat untuk kamu mencari beasiswa ke Eropa loh. Nah, buat kamu yang sudah mendaftarkan diri untuk ikut acara Scholarship Day yang diadakan oleh ASEAN-EU, ada baiknya kamu melakukan persiapan supaya pada hari-H kamu sudah tahu apa saja yang akan kamu lakukan disana dan waktumu tidak terbuang sia-sia. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa kamu persiapkan sebelum datang ke acara Scholarships Day.


Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Beasiswa Erasmus+, klik di sini.


1. Pastikan negara, program studi, dan universitas yang kamu tuju

Sebaiknya kamu sudah memikirkan matang-matang negara mana yang ingin kamu tuju untuk studimu dan program studi apa yang ingin kamu ambil. Ada baiknya kamu membuat daftar negara mana, universitas apa, dan program studi apa saja yang masuk dalam daftar tujuanmu. Hal ini penting agar ketika kamu ikut acara Scholarships Day, tujuanmu sudah lebih terfokus dan kamu bisa mencari informasi beasiswa yang paling sesuai dengan minat dan tujuanmu.


Untuk daftar lengkap universitas di Eropa, klik di sini.


2. Buatlah daftar pertanyaanmu

Jika kamu sudah tahu tujuan studimu, selanjutnya adalah membuat daftar pertanyaan. Daftar pertanyaan penting karena kesempatan untuk ikut acara seperti ini sangat jarang dan diharapkan semua pertanyaan yang ingin kamu tanyakan bisa terjawab sepenuhnya di acara tersebut. Oleh karena itu, untuk menghindari kemungkinan lupa atau ada pertanyaan yang terlewat, sebaiknya kamu mencatat pertanyaan-pertanyaan yang ingin kamu tanyakan. Salah satu pertanyaan yang bisa kamu tanyakan adalah bagaimana strategi untuk bisa diterima di universitas yang ingin kamu tuju. Mungkin kamu harus aktif dalam organisasi tertentu atau kamu harus membuat motivation letter yang memenuhi ketentuan tertentu atau memiliki standar nilai tertentu yang harus kamu capai.

Nah, apakah sekarang kamu sudah bisa memperkirakan apa saja yang harus kamu persiapkan sebelum tanggal 26 Mei? Yuk segera matangkan pilihanmu dan persiapkan daftar pertanyaanmu. Ingat, akan jauh lebih baik jika kamu datang kesana tepat waktu loh, supaya kamu bisa punya banyak waktu untuk bertanya dan memperluas informasimu.

Sampai jumpa tanggal 26 Mei!


Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Beasiswa LPDP, klik di sini.

---.