Language

Menikmati Studi di Negara Para Seniman: Italia

Last updated on 18 Nov 2019
Menikmati Studi di Negara Para Seniman: Italia

Artikel 13 Italy.jpg Sumber: pixabay.com

Oleh Dwi Septianingsih


Pingin melanjutkan studi di Eropa? Jangan lewatkan EHEF Indonesia 2019, pameran pendidikan tinggi Eropa terbesar di Indonesia yang paling dinanti-nanti!

Surabaya 31 Oktober 2019

Jakarta 2 - 3 November 2019

Bandung 5 November 2019

Registrasikan dirimu di sini! Acara ini GRATIS!


Bagi teman-teman yang tertarik belajar di negara asal Menara Miring Pisa ini, dijamin tidak akan rugi. Sebab, ada banyak hal yang akan teman-teman dapatkan disini.

Daya tarik Italia memang luar biasa, mulai dari pemandangan alamnya, kebudayaan yang dimiliki, sejarah, hingga beragam jenis makanan yang lezatnya terkenal di seantero dunia.

Belum selesai sampai disini, teman-teman perlu tahu juga bahwa Italia sangat bangga dengan banyaknya situs-situs bersejarah dunia yang dimilikinya.

Dan, tahukah teman-teman bahwa Italia memiliki universitas tertua di daratan Eropa?

University of Bologna

Didirikan pada tahun 1088 di Bologna, Italia bagian Utara. Saat ini, memiliki 33 fakultas, beberapa diantaranya adalah:

  • Agricultural and Food Science
  • Computer Science and Engineering
  • Chemistry
  • Economics
  • History and Cultures
  • Psychology
  • Veterinary Medical Sciences

University of Bologna menawarkan berbagai jenis program kuliah dari bachelor, master, dan doctoral.

Untuk info lengkap mengenai University of Bologna, klik di sini.

Berdasarkan kebijakan di Italia sehubungan dengan akses belajar di universitas, mahasiswa diharuskan memiliki pengetahuan yang cukup tentang bahasa Italia sebagai bahasa umum perkuliahan.

Tapi jangan khawatir!

Program studi dengan bahasa pengantar bahasa Inggris juga tersedia kok di berbagai universitas di Italia.

Namun jika kalian berencana untuk bekerja paruh waktu selama kuliah atau bahkan berkarir di sana, kemampuan berbahasa Italia sangat dibutuhkan.

Eit, jangan buru-buru menyerah, ya!

Bahasa Italia bisa dipelajari di Indonesia terlebih dulu kok sebagai persiapan kuliah. Teman-teman bisa mengikuti kelas Bahasa Italia yang diadakan oleh Pusat Kebudayaan Italia atau Istituto Italiano di Cultura (IIC) di Menteng, Jakarta. Teman-teman juga bisa mencari tahu terlebih dulu dengan menghubungi IIC melalui email iicjakarta@esteri.it.

Lalu, bagaimana dengan yang di luar Jakarta?

Tenang, ada online courses yang bisa teman-teman ikuti.

Nah, sekarang saatnya mencari tahu soal beasiswa kuliah di Italia

Pemerintah lokal/regional Italia menawarkan bantuan keuangan siswa internasional dalam bentuk makanan gratis atau kupon diskon, beasiswa sebagian dan penuh, tunjangan bulanan, dan akomodasi gratis. Namun, beasiswa ini hanya diberikan pada mahasiswa tahun pertama untuk program perkuliahan dengan gelar apapun, tergantung pada kondisi ekonomi mahasiswa yang bersangkutan. Jika berminat, teman-teman bisa mengirimkan dokumen yang diperlukan ke kantor Uni-Italia di Jakarta.

Beasiswa lain yang bisa teman-teman dapatkan adalah beasiswa penuh dari program “Invest Your Talent in Italy”, dimana beasiswa tersebut khusus ditujukan untuk program studi master dan doktoral. Program beasiswa ini diprakarsai oleh The Ministry of Foreign Affairs and International Cooperation - Directorate General for the Promotion of the Country System yang bekerja sama dengan Uni-Italia, ICE Agency, dengan dukungan Unioncamere dan Confindustria. Perlu teman-teman ketahui juga bahwa yang membedakan beasiswa ini dengan program lainnya adalah adanya tawaran pendidikan dan pelatihan akademik terpadu yang tinggi di perusahaan.

Negara yang berhak mengikuti program ini adalah Azerbaijan, Kolombia, Mesir, Ethiopia, Ghana, India, Indonesia, Iran, Kazakhstan, Meksiko, Turki, Tunisia dan Vietnam. Untuk bisa mengikuti programnya, calon mahasiswa harus mempunyai gelar sarjana S1 yang berdurasi tiga atau empat tahun dan telah mengajukan permohonan ke salah satu program studi “Invest Your Talent in Italy”. Terakhir, akan ada persyaratan masuk khusus, dan ini tergantung pada jalur yang dipilih oleh teman-teman.

Saat ini, di depan teman-teman sudah ada dua jenis beasiswa yang siap untuk teman-teman dapatkan, nih. Semoga teman-teman bisa berjodoh dengan salah satunya, ya. Jangan pernah patah semangat dan terus berjuang!