LPDP

Language

Beasiswa LPDP


Photo Source: educationone-indo.com


Lembaga Pengelola Dana Pendidikan, atau biasa disingkat LPDP, adalah sebuah lembaga yang beroperasi dibawah Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Kementerian Agama yang komitmen untuk mempersiapkan pemimpin dan professional masa depan serta mendorong inovasi demi terwujudnya Indonesia yang sejahtera, demokratis, serta berkeadilan.

Beberapa tujuan dari lembaga ini antara lain; mencetak pemimpin masa depan yang tersebar di berbagai bidang dengan menjamin keberlangsungan program pendidikan bagi generasi mendatang sebagai pertanggungjawaban antargenerasi dan juga untuk mengantisipasi keperluan rehabilitasi pendidikan yang rusak akibat bencana.

Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, yang ketika tercapai dapat menunjang percepatan pembangunan Indonesia, LPDP memfokuskan pengembangan kualitas sumber daya manusia di beberapa bidang yang menjadi prioritas yaitu,

  • Teknik
  • Sains
  • Pertanian
  • Hukum
  • Ekonomi
  • Keuangan
  • Kedokteran
  • Agama
  • Sosial-budaya

Atas dasar komitmen, tujuan, dan fokus tersebut, LPDP menyelenggarakan program beasiswa magister/doktoral untuk putra-putri terbaik Indonesia, pendanaan riset komersial/implementatif untuk mendorong inovasi, serta rehabilitasi fasilitas pendidikan yang rusak karena bencana alam.

LPDP menawarkan beberapa program beasiswa untuk putra putri Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan di dalam maupun di luar negeri. Program-program beasiswa yang ditawarkan tersebut antara lain; Beasiswa Magister Doktor; Beasiswa Afirmasi; Beasiswa Dokter Spesialis; Beasiswa Lanjutan; dan Beasiswa Tesis Disertasi.

Untuk mendaftar, kalian dapat melakukannya secara online dengan cara mengisi formulir pendaftaran, dan kemudian mengunggah semua dokumen kelengkapannya (sesuai persyaratan) pada laman resmi LPDP di www.beasiswa.lpdp.kemenkeu.go.id.

Jika kalian mempunyai pertanyaan mengenai program-program beasiswa ini kalian juga bisa menghubungi call center LPDP di 1500652 (24 jam).

Sumber: https://www.lpdp.kemenkeu.go.id


Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Magister Doktor

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Magister Doktor merupakan salah satu program beasiswa yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Program beasiswa ini memberikan pembiayaan studi untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin melanjutkan pendidikan pada program Magister atau program Doktoral di Perguruan Tinggi di dalam maupun di luar negeri. Penerima beasiswa diperbolehkan melanjutkan studi pada bidang ilmu yang sama ataupun berbeda dengan bidang ilmu pada jenjang pendidikan sebelumnya.


Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Afirmasi

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Afirmasi merupakan program beasiswa yang diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas SDM di daerah perbatasan dan/atau tertinggal. Peningkatan kualitas SDM di daerah tersebut diperlukan untuk memeratakan sebaran SDM berpendidikan tinggi sehingga masalah pembangunan yang belum merata di setiap wilayah bisa teratasi.


Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Dokter Spesialis

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Dokter Speasialis adalah program  beasiswa yang ditujukan untuk Warga Negara Indonesia (WNI) yang ingin  melanjutkan pendidikan pada program spesialis kedokteran di perguruan  tinggi di Indonesia maupun luar negeri, yang termasuk dalam daftar  tujuan perguruan tinggi LPDP.


Beasiswa Lanjutan

Beasiswa Lanjutan yang dilenggarakan oleh LPDP ini adalah beasiswa yang ditujukan untuk Penerima Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) dan Beasiswa Presiden Republik Indonesia (BPRI) yang sudah lulus dari program Magister dan ingin melanjutkan ke program Doktoral di Perguruan Tinggi Negeri atau Luar Negeri yang sesuai dengan kualifikasi LPDP.


Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Tesis Disertasi

Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Program Tesis/Disertasi adalah sebuah program beasiswa yang diselenggarakan dengan tujuan untuk mempercepat tersedianya lulusan Magister atau Doktoral (Sumber Daya Manusia) yang berkualitas, produktif, serta berdaya saing.

Agar tercapainya tujuan tersebut, program beasiswa ini ditujukan bagi mahasiswa Magister dan Doktoral yang sedang belajar di dalam ataupun di luar negeri dan mengalami keterbatasan pendanaan dalam melakukan penelitian pada tesis (research based) atau disertasinya.