Media

Language

Yuk Kunjungi Destinasi Keren Di Italia Ini Untuk Mengisi Liburan Akhir Pekanmu!

Last updated on 20 Apr 2018

Trento.jpg Trento, Italia

Sumber:commons.wikimedia.org

Oleh Nurchalimah

Akhir pekan adalah waktu terbaik untuk melepas penat, kamu setuju kan? Nah, dari sekian banyak negara di Eropa, Italia menjadi salah satu negara yang memiliki berbagai destinasi keren. Jika kebetulan kamu sedang kuliah di Italia ataupun negara Eropa lainnya, tidak ada salahnya untuk mencoba menghabiskan liburan akhir pekan di Italia lho. Yuk simak beberapa rekomendasi keren untuk liburanmu di Italia berikut ini:

1. Trento

Trento adalah sebuah kota kecil di bagian utara Italia, jadi kamu akan sulit untuk menemukan kehidupan malam di kota ini. Tapi jika kamu mengunjungi Trento saat Natal, di mana ada Christmas Market yang terkenal itu maka kamu akan merasakan suasana natal yang kental. Mulai dari toko-toko kecil yang menjual berbagai pernak-pernik natal handmade hingga hidangan khas Natal bisa kamu temukan di Christmas Market Trento. Meskipun sebenarnya waktu terbaik untuk mengunjungi Trento adalah saat Natal, tapi bukan berarti kamu tidak bisa mengunjungi Trento di hari biasa. Di luar hari Natal, kamu bisa melakukan hiking dan skiing di Dolomites.

Jika kamu memulai perjalanan dari Milan atau Florence, pastikan untuk mengunjungi Verona yang terkenal dengan Roman Amphitheather dan setting untuk Romeo-Julietnya Shakespeare ya..


Universitas Populer di Italia: Politecnico di Milano


2. Sisilia

Sicily.jpg Photo by Fré Sonneveld on Unsplash

Menghabiskan akhir pekan di Sisilia adalah pilihan terbaik untuk melihat sisi lain dari Italia. Kamu bisa menikmati perpaduan budaya Arab, Yunani dan Romawi di kota ini. Selain dimanjakan dengan keindahan arsitekturnya, kamu juga pasti akan jatuh cinta dengan pantai-pantai di Sisilia. Bahkan kamu juga bisa memacu adrenalin dengan touring ke bagian paling bawah dari Gunung Etna yang merupakan salah satu gunung berapi yang paling aktif di Eropa lho.

Tapi perlu kamu ingat bahwa dialek Sisilia mungkin akan berbeda dengan bahasa Italia yang kamu pelajari secara umum. Jadi sebelum mengunjungi Sisilia pastikan kamu aware pada hal ini ya..

3. Ostuni, Puglia

Ostuni.jpg Photo by Daniel Corneschi on Unsplash

Ingin merasakan liburan di Yunani tapi terlalu jauh? Kamu bisa mencoba menghabiskan liburan akhir pekanmu dengan mengunjungi Ostuni, Puglia. Secara visual Ostuni terlihat lebih Yunani dibandingkan Italia (tanpa keramaian turis). Waktu terbaik untuk mengunjungi Ostuni adalah saat musim semi atau musim gugur.

Menaiki bukit untuk memandang beberapa perkebunan zaitun tertua di Italia yang berakhir di garis pantai yang indah adalah salah satu to do list di Ostuni. Kota ini juga cocok untuk kamu yang ingin merasakan pesona Italia selatan. Namun perlu diingat, bahwa Ostuni bukanlah kota turis sehingga tidak terlalu banyak tempat yang menarik untuk turis. Tapi percayalah kota ini bisa memberikanmu ketenangan setelah hari-hari padat di kampus.


Universitas Populer di Italia: Università degli Studi di BOLOGNA


4. Cinque Terre

Vernazza.jpg Photo by Daniil Vnoutchkov on Unsplash

Cinque Terre adalah salah satu obyek wisata yang terletak di Provinsi La Spezia, Liguaria dan menjadi salah satu warisan dunia yang ditetapkan oleh UNESCO. Lima desa yang tercakup dalam Cinque Terre adalah Riomaggiore, Manarola, Corniglia, Vernazza dan Monterosso. Sebelumnya tempat ini tidak terkenal, namun setelah seorang backpacker menemukannya dan mendokumentasikan dalamm buku perjalanannya maka kini Cinque Terre menjadi salah satu tujuan turis yang populer.

Kenapa kamu harus mengunjungi Cinque Terra?

  • Desa nelayan kuno dengan jalanan setapak, rumah-rumah warna-warni dan juga perahu kayu yang mengapung di lautan berwarna biru kehijauan menjadi pemandangan yang menakjubkan.
  • Ada 5 desa yang bisa dieksplorasi dan semuanya memiliki keunikan masing-masing.
  • Meski ramai turis, tapi kamu bisa menjauh dari kebisingan kota sesaat.
  • Keseruan hiking dari satu desa ke desa lain. Level hiking di Cinque Terra bervariasi mulai dari 30 menit sampai berjam-jam.
  • Anggur lokal yang wajib dicoba yaitu anggur putih dan Scicchetra dengan harga terjangkau pastinya.

Sebenarnya masih banyak destinasi di Italia yang bisa kamu eksplor selama liburan akhir pekan seperti mencicipi lezatnya pizza di Napoli, hiking di luar Florence, mengunjungi Tuscany (surga kuliner, anggur, festival meriah, bangunan bersejarah, agriturisme, pantai dan pulau yang indah) atau kamu juga bisa menikmati keindahan kota tepi pantai Viarreggio. Ada begitu banyak pilihan bukan? Silakan memilih dan semoga liburan akhir pekanmu menyenangkan.

Untuk info lebih lanjut tentang Kuliah di Italia, klik di sini.