Media

Language

Yuk Cari Tahu Tentang StuNed!

Last updated on 12 Feb 2018

Artikel 6 Feb 2018.png Image source: www.nuffic.nl

Oleh Kristantinova

Belanda merupakan salah satu destinasi negara favorit bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi. Apakah kamu salah satu orang yang berminat untuk melanjutkan studi ke Belanda menggunakan jalur beasiswa? Apakah kamu telah mendaftarkan dirimu untuk program beasiswa StuNed? Jika belum, yuk cari tahu terlebih dahulu apa itu StuNed!

StuNed (Studeren in Nederland) merupakan program beasiswa bilateral antara pemerintah Belanda dan Indonesia yang diselenggarakan oleh Nuffic Neso Indonesia sejak tahun 2000. Adapula beberapa bidang-bidang prioritas pada program StuNed antara lain:

  1. Perdagangan Internasional, Keuangan, Ekonomi
  2. Transportasi, (Agro) logistik dan Infrastruktur
  3. Keamanan dan Penegakan Hukum
  4. Agro-Pangan dan Hortikultura

Baca juga: Daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Belanda


StuNed menawarkan tiga jenis program yang meliputi Master, Short Course, dan Tailor-Made Training khusus untuk warga negara Indonesia. Untuk program Master mahasiswa akan mengikuti masa pendidikan selama 12-24 bulan di institusi pendidikan tinggi di Belanda dan diakhiri dengan diperolehnya gelar Master dari Belanda yang diakreditasi oleh NVAO (Nederlands – Vlaamse Accreditatie Organisatie). Pada program Short Course, pelajar akan mengikuti kursus-kursus spesialis bertaraf internasional yang akan diikuti selama 2-12 minggu dan diakhiri dengan pemberian sertifikat atau diploma.

Kelebihan dari StuNed dibandingkan dengan program beasiswa lainnya ada pada kesempatan yang ditawarkan dan alokasi yang tersedia. Program beasiswa ini memberikan kesempatan bagi semua orang baik yang memiliki pengalaman kerja maupun yang baru fresh graduate dan berfokus pada calon pelamar yang berasal dari Indonesia saja. Jika dibandingkan dengan program beasiswa yang lain yang juga menerima calon pelamar dari berbagai negara, peluang untuk mendapatkan program beasiswa StuNed lebih mudah.


Klik di sini untuk detail lebih lanjut mengenai Kuliah S1 di Belanda.


Secara garis besar, syarat atau ketentuan yang harus dipenuhi oleh pelamar beasiswa StuNed adalah harus memiliki IPK minimal 3,00 dalam skala 4,00 dan kemampuan bahasa Inggris yang baik dengan bukti hasil tes TOEFL iBT di atas 80 atau IELTS di atas 6,0. Selain itu, keaktifan dalam berorganisasi maupun kegiatan sosial, dan pengalaman kerja atau magang juga akan menjadi nilai tambah yang bisa memperbesar peluangmu mendapatkan beasiswa ini. Hal lain yang menjadi salah satu persyaratan beasiswa ini adalah perlunya Letter of Admission (LoA) dari universitas di Belanda. Jadi, sebelum kamu mendaftar untuk beasiswa StuNed pastikan kamu telah mendaftar terlebih dahulu ke universitas yang dituju.


Universitas populer di Belanda: Erasmus University Rotterdam


Jika kamu berhasil mendapatkan beasiswa StuNed, kamu akan mendapatkan beberapa hal berikut:

  1. Uang kuliah (maksimum EUR 20.000 per tahun)
  2. Biaya hidup (uang bulanan)
  3. Biaya perjalanan internasional dan lokal
  4. Biaya lain yang diperlukan untuk mendukung kepentingan studi selama di sana.

Nah, jadi apalagi yang kamu tunggu? Segera daftarkan dirimu untuk program beasiswa StuNed dan raih kesempatan belajar ke Belanda tanpa perlu khawatir soal biaya kuliah!

Butuh inspirasi dalam meraih Beasiswa StuNed? Baca cerita Shantya Paramita Shafa hingga bisa kuliah di Belanda.