Media

Language

Yuk Cari Tahu Persyaratan Studimu ke Belanda

Last updated on 20 Apr 2018

syarat ke belanda.jpg Photo by Corina Ardeleanu on Unsplash

Oleh Kristantinova

Belanda merupakan salah satu negara destinasi favorit bagi pelajar Indonesia untuk melanjutkan studi mereka. Apakah kamu salah satu pelajar yang sudah merencanakan untuk berkuliah di Belanda? Jika ya, maka kamu pasti sekarang sedang sibuk mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan untuk studimu ke Belanda. Artikel ini akan membantumu untuk memastikan bahwa semua yang kamu persiapkan telah lengkap sehingga rencana studimu ke Belanda bisa berjalan dengan lancar.

Jadi, apa saja yang harus dipersiapkan untuk kuliah di Belanda? Secara umum, berikut adalah beberapa persyaratan yang perlu kamu perhatikan:

  • Umumnya pendaftaran dilakukan secara online
  • Syarat nilai TOEFL atau IELTS
  • Identitas diri berupa Paspor
  • Ijazah dan Transkrip Akademik dalam Bahasa Inggris
  • Motivation Letter
  • Surat Rekomendasi

Baca juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk kuliah di Belanda


Perlu diketahui bahwa secara umum syarat nilai TOEFL dan IELTS yang diperlukan untuk studi S1 ke luar negeri adalah 550 (paper based) atau 213 (computer based) atau 79/80 (internet based) untuk TOEFL sedangkan untuk IELTS skor minimal yang harus kamu peroleh adalah 6. Untuk studi S2 skor minimal yang dibutuhkan adalah 90 (iBT) atau 6.5 (IELTS). Nah, ini adalah skor minimal kebanyakan program studi, tetapi ada juga program-program studi tertentu yang membutuhkan nilai lebih tinggi dari standar umum tersebut, misalnya untuk program studi hukum atau sastra.


Universitas Populer di Belanda: Radboud University


Selain itu, perlu diingat bahwa setiap universitas dan setiap bidang studi dapat memiliki persyaratan yang lebih spesifik lagi. Contohnya Radboud University Nijmegen memiliki persyaratan khusus bagi mahasiswa yang ingin mengambil bidang studi Artificial Intelligence, dimana calon mahasiswa harus mengikuti tes matematika karena tingkat penguasaaan matematika pada bidang studi tersebut memiliki tingkat yang lebih tinggi dibandingkan dengan bidang studi lainnya.

Jika kamu salah satu yang ingin mendaftar di Radboud University Nijmegen bidang studi Artifical Intelligence, maka kamu harus mempersiapkan diri untuk tes matematika tersebut. Persyaratan yang berbeda diberikan oleh Radboud University Nijmegen untuk bidang studi Psikologi dimana nilai motivation letter dari calon mahasiswa sangat menentukan lulus tidaknya calon mahasiswa tersebut dalam proses seleksi.


Universitas Populer di Belanda: University of Amsterdam


Hal lain yang perlu kamu ketahui adalah pada saat kamu mengumpulkan kelengkapan dokumen studimu, institusi pendidikan di Belanda akan mengevaluasi ijazahmu, apakah memenuhi syarat untuk mengikuti program studi yang kamu pilih atau tidak.

Para pakar dari institusi pendidikan akan membandingkan ijazahmu dengan sistem pendidikan Belanda. Jika kamu dirasa belum memenuhi syarat untuk masuk dalam program studi yang kamu pilih, jangan bersedih ya, karena institusi pendidikan tinggi Belanda dapat memberikan kamu surat penerimaan bersyarat.

Apa itu surat penerimaan bersyarat? Itu adalah bentuk izin yang diatur oleh Undang-undang imigrasi Belanda yang memperbolehkan kamu untuk datang dan belajar di Belanda selama paling lama satu tahun untuk mempersiapkan diri dengan mengikuti kursus. Jika kamu lulus ujian persiapan yang ditetapkan oleh institusi pendidikan yang bersangkutan, maka surat penerimaan bersyaratmu akan diubah menjadi surat penerimaan tetap.

Jadi, bagi kamu yang ingin kuliah ke Belanda, ayo cek kelengkapan studimu dan persiapkan dirimu sedini mungkin agar rencana studimu di Belanda dapat berjalan dengan lancar.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kuliah di Belanda, klik di sini.

Baca juga: Cerita Christine Lora Egaratri kuliah di Belanda untuk kontribusi sosial