Media
Language

5 Universitas Ini Jadi Pilihan Keluarga Kerajaan Inggris, Kamu Berminat?

Last updated on 08 Jun 2018

uk royals.jpg Photo by Carfax2 on Wikimedia Commons (licensed under the Creative Commons Attribution-Share Alike 3.0 Unported)

Oleh Nurchalimah

Apa kamu tahu di universitas mana saja keluarga kerajaan Inggris menempuh pendidikan? Simak daftarnya di bawah ini ya. Siapa tahu kamu berminat untuk menempuh pendidikan di universitas yang sama.


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Inggris, klik di sini.


1. University of St Andrews

Universitas pertama yang akan kita bahas adalah University of St Andrew. Universitas yang ada di Fife, Skotlandia ini menjadi pilihan bagi The Duke of Cambridge dan The Duchess of Cambridge untuk menyelesaikan pendidikannya. Pangeran William awalnya mengejar gelar dalam sejarah seni sebelum akhirnya merubah subjek utamanya ke Geografi di tahun kedua. Pada akhirnya Pangeran William lulus dengan gelar Master of Arts. Sedangkan The Duchess of Cambridge mempelajari sejarah seni di University of St Andrews.

Sebagai informasi, University of St Andrews menduduki peringkat ke 143 sebagai universitas terbaik di dunia 2018 versi THE dan fakultas Arts & Humanities nya menduduki peringkat ke-44 di dunia. 48% dari total siswa di University of St Andrews merupakan mahasiswa internasional. Selain itu tingkat DO (Drop Out) di universitas ini menduduki persentase paling rendah dalam skala nasional.

2. University of Cambridge

Prince of Wales atau Ayah dari Pangeran Williams menerima gelar Master dari University of Cambridge di tahun 1975. University of Cambridge sendiri merupakan salah satu universitas terbaik di Inggris dan di dunia. Secara keseluruhan universitas ini menduduki peringkat ke-2 sebagai universitas terbaik di dunia versi THE.

Secara umum semua fakultas di universitas ini masuk ke dalam 5 besar terbaik di dunia. Sekitar 35% dari total mahasiswa di University of Cambridge merupakan mahasiswa internasional yang berasal dari 120 negara di dunia. Sebagai informasi tambahan universitas ini juga membawahi lebih dari 100 perpustakaan lho.


Baca juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk kuliah di Inggris.


3. Goldsmiths University of London

Putri dari Duke of York dan Duchess of York yaitu Putri Beatrice menjadi mahasiswi di Goldsmith, University of London. Sang putri mempelajari sejarah di universitas dan berhasil meraih gelar meskipun sejak kecil sang putri di diagnosis mengalami dyslexia.

Goldsmith, University of London dikenal memiliki reputasi yang baik sebagai institusi akademik dan riset. Universitas ini termasuk salah satu universitas terbaik di Inggris dan memiliki kontribusi yang cukup besar di bidang penelitian. Sekitar 20% dari total mahasiswa di universitas ini merupakan mahasiswa internasional. Universitas yang kuat di bidang seni dan ilmu sosial ini total memiliki 20 departemen akademik yang menawarkan gelar postgraduate dan undergraduate.

4. Newcastle University

Adik dari Putri Beatrice yaitu Putri Eugenie merupakan mahasiswi di Newcastle University. Sang putri mempelajari beberapa subject seperti sejarah seni, literatur inggris dan politik. Tahun 2012 lalu, Putri Eugenie berhasil lulus dan meraih gelar di bidang literatur Inggris dan sejarah seni.

Newcastle University merupakan salah satu universitas terbaik di Inggris dan menduduki peringkat ke 175 sebagai universitas terbaik di dunia versi THE. Universitas ini dikenal dengan riset berkelas dunia untuk bidang kedokteran, science and engineering, ilmu sosial dan kemanusiaan. Newcastle University juga memiliki kampus cabang di Singapura dan Malaysia sehingga memudahkan mahasiswa inernasional untuk menempuh pendidikan di sini.


Untuk daftar lengkap universitas di Inggris, klik di sini.


5. University of Exeter

Ada dua keluarga kerajaan yang memilih menempuh pendidikan di University of Exeter yaitu Peter Phillips dan Zara Tindall. Keduanya adalah kakak beradik yang merupakan putra dan putri dari Princess Royal dengan suami pertamanya yaitu Captain Mark Phillips. Secara tidak langsung Peter Phillips merupakan cucu laki-laki tertua dari sang Ratu. Peter Phillips berhasil meraih gelar di bidang Ilmu Olahraga sedangkan Zara Tindall meraih gelar Physiotheraphy.

University of Exeter sendiri merupakan salah satu universitas terbaik di Inggris. Universitas yang terletak di Exeter ini menduduki peringkat ke 130 sebagai universitas terbaik di dunia versi THE. Secara umum, universitas ini memiliki kombinasi yang mendekati sempurna dalam hal pengajaran dan riset. Bahkan kualitas pengajaran di universitas ini mendapat penghargaan lho.

Tidak hanya itu, 98% riset yang dilakukan di University of Exeter dikategorikan sebagai kualitas internasional. Beberapa fakultas di University of Exeter berhasil masuk jajaran top 100 yaitu fakultas hukum, arts & humanities, life sciences dan social sciences.

Untuk info lebih lanjut mengenai kuliah di Inggris, klik di sini.