Media
Language

UCAS: Gateway Untuk Mendaftar Kuliah di Inggris

Last updated on 20 Apr 2018

ucas.jpg

Image Source: Shutterstock via thestage.co.uk

Oleh Kristantinova

Jika kamu berencana untuk melanjutkan studi ke Inggris, maka kamu perlu mempelajari terlebih dahulu prosedur untuk mendaftar ke universitas yang kamu inginkan dan hal-hal apa saja yang perlu kamu persiapkan. Jika kamu telah mencari-cari informasi seputar prosedur pendaftaran, maka kamu pasti tidak asing dengan UCAS. UCAS merupakan lembaga yang menyediakan informasi seputar dunia perkuliahan di Inggris dan memproses aplikasi pendaftaranmu ke universitas di Inggris.


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Inggris, klik di sini.


Ada empat step yang harus kamu lalui pada proses pendaftaran kuliahmu. Tahap yang pertama adalah mencari jurusan yang kamu inginkan. Di Inggris terdapat lebih dari 50.000 program studi di lebih dari 395 universitas dan perguruan tinggi yang bisa kamu pilih dan kamu bisa melihat daftarnya di sini.

Tahap kedua yang harus kamu lakukan adalah mendaftar. Mulailah proses pendaftaranmu secara online melalui ucas.com/apply. Kamu bisa mendaftar ke 5 program studi, baik 5 program studi pada 5 universitas yang berbeda-beda ataupun 5 program studi di satu universitas. Sebagai bagian dari pendaftaranmu, kamu harus membuat personal statement. Di tulisan ini kamu mendapatkan kesempatan untuk meyakinkan universitas/perguruan tinggi yang kamu minati mengapa kamu ingin memperdalam program studi yang kamu pilih dan bagaimana kamu bisa menjadi mahasiswa yang teladan.


Baca juga: Kota-kota terpopuler lainnya untuk kuliah di Inggris.


Hal-hal yang harus kamu perhatikan selanjutnya ketika kamu ingin mendaftar kuliah di Inggris adalah:

1. Biaya kuliahmu selama di Inggris

Biaya kuliah tentunya bervariasi tergantung di universitas mana kamu mendaftar dan jurusan apa yang kamu pilih.

2. Living cost selama kuliah

Sama dengan biaya kuliah, biaya hidupmu selama di Inggris juga bervariasi tergantung dimana kamu tinggal. Tentunya tinggal di kota besar seperti London akan lebih membutuhkan biaya besar ketimbang di kota-kota kecil. Menurut UK Visas and Immigration (UKVI), estimasi biaya yang kamu perlukan untuk tinggal di Inggris adalah £1,015 per bulan.

3. Financial support apa yang tersedia untukmu

Kamu bisa mengurangi biaya kuliah dan hidupmu selama di Inggris jika kamu mendaftarkan dirimu untuk ambil beasiswa. Banyak universitas dan perguruan tinggi di Inggris yang menawarkan beasiswa untuk mahasiswa internasional. Kamu bisa cek informasinya di sini..

4. Persyaratan bahasa Inggris

Ketentuan persyaratan bahasa Inggris berbeda-beda di setiap universitas. Kamu harus cek ketentuan bahasa Inggris untuk jurusan yang kamu minati dan tes apa yang berlaku di universitas yang kamu tuju.

5. Referensi

Surat rekomendasi diperlukan ketika kamu ingin mendaftar kuliah di Inggris. Surat rekomendasi bisa kamu dapatkan dari sekolah tempatmu belajar saat ini. Surat rekomendasi ini penting untuk mendukung aplikasimu. Pastikan surat tersebut menonjolkan keunggulanmu di jurusan yang kamu minati.


Universitas Populer di Inggris: University of Oxford


Tahap ketiga setelah melakukan pendaftaran adalah melacak proses pendaftaranmu. Setelah kamu mendaftar, kamu bisa melihat progress pendaftaranmu melakukan sistem online UCAS. Kamu bisa melihat apakah universitas yang kamu tuju menerima pendaftaranmu atau tidak. Terkadang universitas akan memberikan undangan kamu, baik undangan untuk wawancara jika dirasa masih ada hal-hal yang harus ditanyakan kepadamu atau undangan untuk mengerjakan esai atau memberikan portfolio karya tertentu yang dapat mendukung aplikasi pendaftaranmu.


Simak pengalaman Aditya Mahardhika kuliah di Imperial College London, Inggris di artikel ini.


Setelah itu, universitas akan memberikan keputusannya apakah kamu diterima atau tidak. Jika kamu diterima, apakah kamu masuk dengan persyaratan tertentu atau tidak. Jika tidak ada persyaratan lagi, tandanya kamu telah memenuhi seluruh kriteria yang diminta oleh universitas tersebut. Jika masih ada persyaratan, berarti masih ada kriteria tertentu yang harus kamu penuhi, misalnya pihak universitas masih menunggu nilai tes masukmu. Pendaftar diharapkan untuk bisa memberikan persyaratan yang diminta sebelum 31 Agustus.

Nah, apakah sekarang kamu sudah lebih memiliki gambaran mengenai langkah-langkah apa saja yang harus kamu lalui untuk mendaftar kuliah di Inggris? Sebagian besar universitas dan program studi memiliki tenggat waktu pendaftaran pada tanggal 15 Januari setiap tahunnya dan pengumuman keputusannya akan disampaikan pada 3 Mei. Untuk kamu yang ingin mendaftar untuk kuliah di tahun depan, kamu masih punya waktu untuk mempersiapkan aplikasi pendaftaranmu. Jika masih ada hal-hal yang ingin kamu ketahui, kamu bisa cek info lengkapnya di situs resmi UCAS.

Untuk info lebih lanjut mengenai kuliah di Inggris, klik di sini.