Media

Language

Tips Untuk Kamu yang Tidak (Bisa) Pulang Ke Rumah Saat Liburan

Last updated on 24 Apr 2018

Should you go home for the holiday?.jpg

Oleh Nurchalimah

Liburan semester, natal ataupun tahun baru sebenarnya lebih indah jika dilalui bersama dengan keluarga, sahabat ataupun orang-orang terdekat. Tapi apa daya, jika situasinya kamu sedang menempuh pendidikan di luar negeri dan tidak bisa pulang saat liburan. Entah apapun alasan kamu tidak bisa pulang, faktanya kamu harus mengatasi masalah ini dan mencoba menikmati liburan yang sudah ada di depan mata.

Nah, untuk sedikit meringankan masalahmu berikut ini ada beberapa tips untuk menjalani liburan saat tidak bisa pulang ke rumah:

Bawa Tradisi Perayaanmu

Siapa bilang saat berada jauh dari rumah, kamu tidak bisa merasakan perayaan natal dan tahun baru ala keluargamu. Kamu bisa membawa dan mengenalkan tradisi perayaan di rumahmu kepada host family-mu ataupun teman-teman dekatmu di sana. Memasak menu spesial, menghias rumah hingga bersenang-senang bersama keluarga host dan teman-teman baru akan membuat liburan jauh dari rumah lebih menyenangkan.

Kamu Wajib Mencoba Perayaan Ala Lokal

Meskipun mungkin kamu rindu dengan kampung halaman, tapi kesempatan langka untuk bisa merayakan natal, tahun baru ataupun thanksgiving ala lokal tidak boleh kamu lewatkan. Apalagi jika masa studimu tinggal tersisa sedikit lagi, sebaiknya manfaatkan untuk berbaur bersama dengan tradisi lokal. Pengalaman ini tidak akan terlupakan dan bisa menjadi salah satu memory termanis dalam hidupmu lho.

Mengunjungi Tempat-Tempat Baru

Liburan adalah liburan. Buat dirimu senyaman mungkin dan lakukan apa yang kamu inginkan seperti traveling ke luar kota atau negara yang menjadi tempat studimu. Kamu bisa memilih mengunjungi tempat yang memiliki tradisi khas natal, tahun baru ataupun thanksgiving. Ini bisa memberimu semangat dan gairah baru.

Misalkan saja kamu kuliah di Inggris, cobalah untuk membeli tiket penerbangan murah seperti Ryanair untuk mengunjungi Jerman. Di Jerman kamu bisa mencoba mengunjungi Christmas Market untuk menikmati suasana natal terbaik sambil minum Gluhwein. Atau mungkin kamu juga bisa mengunjungi tempat yang tenang untuk menghabiskan liburan, kenapa tidak??

Adakan Acara Perayaan

Homesickness dan liburan akan menjadi paket yang cukup menyedihkan. Tapi jangan sedih, karena kamu masih bisa mengatasi semua ini. Caranya mudah, kamu bisa mengajak teman-teman yang sama-sama harus menghabiskan liburan tanpa pulang ke rumah. Undang mereka dan nikmati liburan atauperayaan natal dan tahun baru bersama mereka. Jangan lupa, minta teman-temanmu untuk membawa makanan favorit ataupun khas dari negaranya untuk dinikmati bersama nanti. Keseruan ini akan membantu menghilangkan homesickness dan kesendirian saat liburan.

Selain itu, kamu juga bisa lho menghubungi kedutaan untuk melihat apakah mereka mengadakan acara perayaan. Sepertinya ide bagus untuk berkumpul di acara perayaan kedutaan negaramu yang pasti penuh dengan berbagai tradisi, makanan dan juga segala hal yang berhubungan dengan negaramu.

Menghubungi Keluarga dan Teman di Indonesia

Meskipun tidak bisa pulang, bukan berarti kamu tidak bisa berkumpul dengan keluarga dan para sahabat kan? Kecanggihan teknologi saat ini membuat kamu bisa mengobrol dan melihat orang yang kamu hubungi. Manfaatkan Skype atau video call di aplikasi chatting untuk bisa melepas rindu dengan mereka. Tapi ingat untuk tidak terlalu sering melakukan video call atau homesickness mu akan semakin parah.

Kamu juga bisa mengirimkan kartu ucapan atau hadiah untuk keluarga dan teman di Indonesia lho. Ini akan memberikanmu kehangatan khususnya untuk kamu yang biasa bertukar kado saat perayaan di Indonesia.

Nah, bagaimana dengan tips-tips di atas? Liburan tanpa pulang ke rumah bukan hal yang terlalu buruk kan? Ayo jangan rusak moodmu dan nikmati saja liburan seru di tempat yang baru bersama orang, tradisi dan juga perayaan yang baru..